Cara Merawat Kulit Berminyak dan Berjerawat yang Benar

Fimela Reporter09 Apr 2022, 17:45 WIB
Diperbarui 09 Apr 2022, 19:22 WIB
kulit berjerawat

Fimela.com, Jakarta Kulit berminyak biasanya dibarengi oleh munculnya komedo dan jerawat di permukaan kulit yang membuat kulit memiliki tekstur dan tentunya menimbulkan rasa sakit pada kulit wajah. Hal ini disebabkan karena produksi minyak yang berlebih sehingga kotoran dan debu mudah menempel di kulit yang menyebabkan kulit tersumbat. Tak jarang juga dibarengi dengan infeksi dan adanya kuman sehingga membuat masalah kulit yaitu jerawat.

Untuk itu, jika kamu memiliki kulit berminyak dan berjerawat, usahakan untuk merawat kulitmu dengan produk yang sesuai. Untuk pemula saat menggunakan skincare, terdapat beberapa skincare yang perlu kamu gunakan yang berupa basic skincare. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan dan produk-produk yang dapat kamu gunakan untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat supaya dapat membaik.

Research tentang perawatan kulit yang benar

Yang pertama dan utama sebelum kamu melakukan perawatan wajah adalah dengan melakukan research atau mencari tahu skincare apa saja yang kamu butuhkan. Kamu juga perlu mengetahui kandungan dalam skincare apa saja yang diperlukan bagi kulit wajahmu. Setelahnya, kamu dapat memulai dengan memakai basic skincare yang memiliki kandungan yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

Melakukan double cleansing

kulit berminyak
Ilustrasi kulit berminyak/copyright shutterstock

Jika kamu penggemar makeup, maka kamu tidak asing dengan makeup remover. Untuk kulit berminyak disarankan memakai oil cleansing setelah mengenakan make up berat dan micellar water untuk sehari-hari. Double cleansing dilakukan untuk mengangkat kotoran dan makeup secara lebih maksimal karena salah satu penyebab kulit berjerawat adalah karena kulit yang kotor.

Memilih face wash yang tidak membuat kulit kering

Banyak orang berpikir bahwa karena kulitnya berminyak dan berjerawat, maka perlu memakai face wash yang mengangkat seluruh minyak di wajah sampai kesat. Namun hal ini sebenarnya tidak tepat. Kulit tetap membutuhkan minyak alami sehingga fash wash yang dibutuhkan adalah face wash yang membantu mengangkat sisa sisa kotoran di kulit wajah. Usahakan menggunakan face wash yang memiliki kandungan moisturizing bagi kulit sehingga mengangkat kotoran secara gentle atau lembut.

Memilih toner yang tepat

Untuk membuat kulit terhidrasi kamu dapat menggunakan hydrating toner dengan claim yang melembabkan. Karena kulitmu berminyak dan berjerawat, kamu dapat menggunakan toner yang memiliki kandungan AHA dan BHA untuk membersihkan kulit secara lebih maksimal terlebih pada komedo yang menyumbat pori-pori dan mampu meredakan jerawat.

Menggunakan Moisturizer

Seringkali orang-orang dengan kulit berminyak dan berjerawat menganggap bahwa mereka tidak memerlukan moisturizer karena kulitnya sudah memproduksi minyak yang banyak. Hal ini tentunya tidak tepat karena untuk membuat produksi minyak di kulit lebih stabil, kamu perlu memakai moisturizer untuk menutrisi kulit dari luar sehingga produksi minyak dalam kulit akan berkurang. Pilihlah moisturizer dengan water based sehingga mudah menyerap di kulit dan tidak membuat kulit semakin berminyak. Selain itu, moisturizer juga dapat membantu meredakan kemerahan pada kulit dan jerawat serta mengunci skincare yang digunakan.

Menggunakan spot treatment

Jerawat yang menimbulkan rasa sakit pada permukaan kulit tentunya sangat mengganggu. Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan spot treatment untuk diaplikasikan langsung pada permukaan jerawat guna membantu mengempeskan jerawat yang meradang.

Menggunakan sunscreen

Semua kulit akan membutuhkan sunscreen untuk membantu melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB serta mengunci skincare yang kamu gunakan.

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Ditulis oleh: Cantika Indah Santosa

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela