7 Tips Sederhana untuk Merawat Kulit Wajah yang Kering

Fimela Reporter26 Mar 2022, 17:45 WIB
Diperbarui 26 Mar 2022, 21:43 WIB
kulit kering

Fimela.com, Jakarta Terdapat berbagai masalah kulit yang dihadapi oleh setiap manusia yang biasanya dibagi menjadi beberapa kondisi yaitu kondisi kulit yang berminyak, berjerawat, sensitif, dan kering. Kulit berminyak dapat terjadi karena produksi minyak di kulit yang berlebih, sedangkan kulit kering terjadi karena produksi minyak dalam kulit yang minim.

Kulit kering biasanya dibarengi dengan kulit yang kemerahan dan sensitif. Kemerahan tersebut biasanya akan berujung menjadi perih karena kulit yang terlalu kering sehingga kekurangan nutrisi untuk melembabkan kulit.

Untuk itu, kamu perlu merawat kulitmu dengan baik supaya mendapatkan nutrisi yang cukup dan sesuai. Guna memenuhi nutrisi dalam kulit, kamu perlu mengenakan rangkaian skincare yang tepat. Bagi pemula, ada baiknya kamu menggunakan basic skincare terlebih dahulu sebelum memakai berbagai rang kaian lainnya. Basic skincare yang dimaksud ialah sabun cuci muka, toner, serum, moisturizer, dan sunscreen. Berikut adalah hal-hal yang perlu kamu lakukan untuk merawat kulit keringmu.

Research tentang skincare yang tepat bagi kulitmu

Setelah mengetahui kondisi kulitmu, maka hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mencari tahu skincare apa saja dan kandungan apa saja yang dibutuhkan untuk memenuhi nutrisi kulit kering. Jangan sampai salah memilih kandungan yang tepat. Kamu juga perlu memperhatikan perpaduan kandungan skincare apa saja yang dapat digunakan secara bersamaan dan mana yang tidak. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya breakout atau kondisi kulit yang memburuk.

Double cleansing

Meskipun kamu memiliki kulit kering, kamu tetap perlu melakukan double cleansing setelah mengenakan makeup atau bepergian ke luar rumah. Untuk kulit kering disarankan memakai cleansing balm untuk membersihkan kulit secara lebih gentle bagi kulit yang kering. 

Memilih moisturizing face wash

skincare-kezo
ilustrasi sabun muka untuk kulit kering/TORWAISTUDIO/shutterstock

Jangan pernah memakai fash wash dengan hasil yang mengangkat minyak secara berlebihkan hingga menimbulkan kesan kesat di wajah, tetapi gunakan face wash yang memiliki kandungan moisturizer sehingga dapat mengangkat sisa kotoran di wajah secara lebih lembut. Saat mencuci muka, jangan menggosok wajah terlalu keras.

Memilih toner yang tepat

Toner yang paling dibutuhkan bagi kulit kering adalah hydrating toner. Pilih hydrating toner dengan kandungan yang calming bagi kulit wajah sehingga dapat menutrisi kulit serta mengurangi kemerahan akibat kulit kering. Jika kamu memiliki masalah lainnya seperti jerawat, kamu dapat menggunakan toner dengan kandungan AHA dan BHA namun dengan kandungan yang minimal sehingga tidak mengganggu produksi minyak dalam kulitmu.

Memakai face oil dan atau serum

Face oil jelas akan memberikan efek yang melembabkan bagi kulit dan membantu memberikan nutrisi dari luar kulit. Namun jika kamu kurang suka dengan face oil karena finishnya yang terlalu oily atau kamu melikiki kulit sensitif, kamu dapat menggunakan hydrating serum. Pilihlah serum yang bergfungsi untuk membantu mengatasi kulit kering dan kemerahan.

Memakai moisturizer

Moisturizer sangat dibutuhkan bagi segala jenis kulit untuk mengunci skincare dan menutrisi kulit supaya lebih lembab dan sehat sehingga hasil skincare dapat maksimal. Moisturizer jika dipadukan dengan serum yang tepat dapat membantu memperbaiki skin barier kulit sehingga menjadi lebih sehat. Kamu dapat memilih moisturizer dengan kandungan oil untuk dapat melembabkan kulit secara lebih maksimal. Namun jika kamu kurang suka dengan oil based, kamu dapat menggunakan moisturizer water based.

Memakai sunscreen

Setelah menggunakan berbagai rangkaian skincare di atas, jangan lupa untuk tetap menggunakan sunscreen saat keluar rumah untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB dan mengunci skincare.

Selamat mencoba.

Ditulis oleh: Cantika Indah Santosa

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela