Sukses

Beauty

5 Penyebab Kulit Kepala Gatal Setelah Keramas

Fimela.com, Jakarta Pernahkan Sahabat Fimela merasakan bagian kulit kepala gatal setelah keramas? Kondisi ini bisa disebabkan karena beberapa faktor yang sering tidak disadari. Kulit kepala gatal setelah keramas bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan menyebabkan rambut jadi bau apek dan terlihat kusut.

Keramas adalah salah satu perawatan mencuci rambut, yang bisa membuat rambut menjadi bersih, dan mampu mengatasi beberapa masalah rambut. Tetapi keramas saja tidak cukup untuk menghilangkan masalah rambut. Karena ada sebagian orang yang merasa kulit kepala menjadi gatal setelah keramas.

Secara umum, penyebab kulit kepala gatal setelah keramas adalah karena tidak cocok dengan kandungan sampo yang digunakan. Untuk mencegah hal ini terjadi, Sahabat Fimela bisa menggunakan sampo yang terbuat dari bahan alami, atau menggunakan bahan aktif pada sampo yang aman untuk kulit kepala. Berikut penyebab kulit kepala gatal setelah keramas, dan cara mengatasinya:

Penyebab Kulit Kepala Gatal

1. Tidak Bersih Saat Membilas Sampo

Penyebab kulit kepala gatal setelah keramas yang pertama adalah karena tidak bersih saat membilas sampo. Sehingga deterjen dari sampo masih tersisa dan menempel pada kulit kepala. Kemudian akan menyebabkan kerak yang membuat kulit kepala gatal setelah keramas.

2. Ketombe

Ketombe adalah masalah rambut yang sering dialami banyak orang. Ketombe menyebabkan kulit kepala menjadi gatal, walaupun sudah keramas sampai bersih. Ketombe membuat kulit kepala menjadi kering dan mengelupas. Kemudian memunculkan serpihan berwarna putih atau abu-abu yang menempel di kulit kepala, hingga terjatuh di bahu.

3. Alergi Produk

Kulit kepala gatal setelah keramas bisa disebabkan karena seseorang mengalami alergi terhadap produk tertentu. Karena tidak semua kandungan pada produk perawatan rambut cocok untuk jenis kulit kepala. Bagi kulit kepala yang sangat sensitif, akan cepat bereaksi terhadap bahan kimia yang terkandung di dalam produk perawatan rambut. Hal ini yang akan membuat kulit kepala menjadi gatal. Untuk itu, waspadai kandungan yang terdapat di dalam produk perawatan rambut agar tidak memicu reaksi alergi.

Penyebab Kulit Kepala Gatal

4. Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit kronis yang bisa dialami pada kulit kepala. Salah satu gejala dari psoriasis adalah gatal pada bagian kulit kepala. Penyakit ini menyebabkan kulit kepala menjadi kemerahan dan bersisik. Biasanya akan terasa sangat gatal setelah keremas, karena terkena air dan produk sampo. Segera konsultasikan kepada dokter untuk menyembuhkan psoriasis.

5. Kutu

Penyebab kulit kepala gatal setelah keramas yang terakhir adalah kutu. Kutu dapat berkembangbiak sangat pesat di kulit kepala. Jika tidak diatasi, kutu bisa menyebabkan kulit kepala sangat gatal, rambut terlihat kusam dan beraroma apek. Gunakan sampo khusus penghilang kutu untuk mengatasi penyebab yang satu ini.

Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal

Tak perlu khawatir jika merasakan kulit kepala gatal setelah keramas. Kondisi ini dapat diatasi dengan cara mudah. Tentu saja Sahabat Fimela harus mencuci rambut dan membilasnya hingga bersih, sehingga tidak ada busa atau deterjen yang menempel pada kulit kepala. Usahakan untuk rutin keramas seminggu 3 kali.

Untuk mengatasi kulit kepala yang gatal dan meradang, kamu bisa menggunakan cara alami dengan tea tree oil. Walaupun biasanya tea tree oil digunakan untuk menghilangkan jerawat, tetapi minyak alami ini juga bisa mengatasi gatal pada kulit kepala. Caranya cukup sampurkan 3 tetes tea tee oil pada air, kemudian balurkan di seluruh kulit kepala pada malam hari. Bilas sampai bersih pada esok harinya.

Jika kulit kepala sangat sensitif, sebaiknya hindari menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia. Kamu juga harus rutin menyisir rambut untuk menghilangkan kotoran yang menempel di rambut. Kalau kulit kepala terus menerus gatal dan tidak segera sembuh, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading