Sukses

Beauty

3 Langkah Mengatasi Kulit Kusam dan Bruntusan

Fimela.com, Jakarta Dilansir dari Healthline, kulit merupakan organ terbesar dari tubuh Anda. Jadi, masuk akal jika ada saatnya kulit anda tampak kurang sehat mungkin terdapat beberapa penyebab seperti dehidrasi, penumpukan sel kulit mati, kurangnya pelembab, kekeringan, dan penuaan. 

Jika kulit Anda terlihat kusam dan bruntusan, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana Anda dapat menciptakan kulit yang sehat dan cerah.

Berikut 3 Langkah Mengatasi Kulit Kusam dan Beruntusan:

1. Lakukan Double Cleansing

Dilansir dari Healthline, double cleansing sesederhana kedengarannya. Yaitu mencuci wajah Anda secara menyeluruh dengan dua pembersih. Satu-satunya tangkapan adalah bahwa pembersih harus dua jenis yang berbeda untuk memiliki efek yang diinginkan. Yang pertama biasanya pembersih berbahan dasar minyak. Ini diikuti oleh yang berbasis air. 

Double cleansing sangatlah penting karena pembersih berbasis minyak dirancang untuk menghilangkan kotoran berbasis minyak, termasuk riasan, sunscreen, sebum, dan polusi. Dengan menyingkirkan barang-barang ini terlebih dahulu, pembersih berbasis air kedua benar-benar dapat bekerja dengan baik ke dalam kulit, menghilangkan kotoran dan keringat. 

Double cleansing tidak hanya dimaksudkan untuk memberikan pembersihan yang lebih menyeluruh, tetapi juga dapat merevitalisasi kulit kusam dan memungkinkan produk perawatan kulit lainnya meresap lebih efektif.

2. Gunakan Sunscreen

Dilansir dari Medical News, Sunburn adalah istilah untuk kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar UV yang berlebihan dari matahari atau sumber lain, seperti sunlamp atau tanning bed. Sunburn dapat bervariasi dari ringan hingga parah.

Maka dari itu menggunakan sunscreen setiap hari sangatlah penting bagi kulit yang terkena sinar matahari.

"Ini akan membantu mencegah kerusakan akibat sinar UV, termasuk dispigmentasi kulit, bintik-bintik coklat penuaan, dan tekstur kasar dan kusam," kata Shainhouse dikutip dari Healthline.

3. Gunakan Masker Eksfoliasi dari Bahan Alami

Menurut Healthline, dengan menggunakan masker eksfoliasi dari bahan alami dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang lama untuk mengungkapkan kulit baru yang sehat dibawahnya. Meskipun sel-sel kulit mati harus mengelupas ketika sel-sel baru dibuat, kadang-kadang mereka berkeliaran. Ini dapat membuat kulit tampak tidak rata, bernoda, atau kusam. 

Melakukan eksfoliasi pada wajah penting untuk mengangkat debu dan kotoran pada kulit, hal ini juga dapat membantu mengatasi kulit kusam dan bruntusan. Eksfoliasi wajah bisa dilakukan dengan bahan natural berikut salah satu resep membuat masker eksfoliasi dilansir dari Healthline.

*Reporter: Jeihan Lutfiah Zahrani Yusuf

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading