Ingin Wajah Selalu Terlihat Glowing? Ikuti 5 Cara Hidrasi Kulit Saat Puasa Berikut

Fimela Reporter12 Mei 2022, 09:30 WIB
Diperbarui 12 Mei 2022, 09:30 WIB
Perawatan Hidrasi Kulit Saat Puasa

Fimela.com, Jakarta Selama bulan suci Ramadan, kulit kita cenderung mengalami dehidrasi lebih cepat dari biasanya. Belum lagi, suhu di Indonesia yang panas rentan menyebabkan kekeringan dan kurangnya kelembapan pada kulit.

Saat berpuasa, kulit kamu mendapatkan lebih sedikit hidrasi karena cairan dalam tubuh dikirim ke organ vital lainnya. Jadi, kamu membutuhkan cara melembabkan kulit yang lebih intens selama berpuasa dibandingkan hari-hari biasanya. 

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kulit terhidrasi dengan mempraktikkan perawatan kulit yang tepat. Fimela telah menyusun lima tips merawat kulit selama berpuasa agar kulitmu tetap glowing dikutip dari Alarabiya News.

Tips Hidrasi Kulit Saat Puasa

Merawat Kulit Saat Puasa
ilustrasi skincare. /TORWAISTUDIO/shutterstock

1. Meminum banyak air mineral

Step pertama adalah dengan meminum banyak air mineral antara buka puasa dan sahur. Selama berpuasa, cobalah untuk menghindari soda dan kopi. Kafein dikenal dapat menyebabkan dehidrasi sehingga harus dihindari selama Ramadan. Kamu juga bisa meracik air detoks yang mampu menghidrasi kulit menggunakan campuran mentimun, mint, dan lemon. 

2. Rutin mengaplikasikan skincare

Melembabkan kulit selama Ramadan sangatlah penting. Untuk meghindari kulit kering, salah satu caranya adalah menggunakan skincare. Kamu bisa mencoba melakukan eksfoliasi dan mengaplikasikan pelembab secara teratur. 

Selain itu, rawatlah lingkaran hitam yang dapat dengan mudah muncul selama sebulan karena perubahan pola tidur. Pastikan juga kamu tidur dengan cukup, yakni sekitar delapan jam per hari. Jika timbul lingkaran hitam di sekitar mata, oleskan krim mata dan letakkan beberapa mentimun di mata untuk mengurangi lingkaran hitam.

3. Hindari menggunakan banyak make-up

Setelah kulit terhidrasi dengan skincare, jangan membebani kulit dengan penggunaan make up yang berat. Untuk menjaga kelembaban kulit, hindari memakai banyak make-up di siang hari, seperti alas bedak tebal dan concealer. Kombinasi sinar matahari yang kuat dengan riasan tebal dapat berbahaya bagi kulit dan berpotensi menyebabkan jerawat. 

Sebagai gantinya, gunakanlah tabir surya dengan proteksi yang kuat. Namun, jika diharuskan memakai riasan di siang hari, cobalah memilih produk yang sehat dan melembabkan, seperti krim BB dan lip balm ber-SPF.

Cara Hidrasi Kulit Saat Puasa

Mengonsumsi Sayur dan Buah untuk Jaga Kelembaban Kulit
Ilustrasi makanan sehat sebagai menu berbuka puasa. Credit: pexels.com/Haul

4. Gunakan hydrating spray

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyemprotkan hydrating spray ke seluruh wajah. Kamu bisa menggunakan face mist dengan kandungan aloe vera dan ketimun. Supaya lebih menyegarkan, simpanlah face mist di lemari es terlebih dahulu. 

5. Hindari makanan berminyak dan tinggi kolesterol

Setelah berbuka puasa, pastikan kamu mengonsumsi serat dan antioksidan dalam dosis harian, seperti kacang-kacangan dan beri. Kamu perlu menghindari makanan berminyak dan tinggi kolesterol karena bisa mengganggu nutrisi harianmu. Kamu bisa mengganti gorengan dengan buah tinggi serat sebagai camilan berbuka puasa. 

Itulah beberapa tips menghidrasi kulit di bulan Ramadan, tertarik mencoba?

Penulis: Ersya Fadhila Damayanti

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela