Sukses

Beauty

7 Penyebab Hidung Kering dan Mengelupas Tanda Penuaan Dini

Fimela.com, Jakarta Ada beberapa tanda-tanda penuaan dini yang bisa dialami perempuan di usia 25 tahun keatas. Hidung kering dan mengelupas adalah contoh kulit mengalami tanda penuaan dini. Kondisi ini tentu saja membuat para perempuan menjadi tidak percaya diri.

Kondisi hidung kering dan mengelupas ditandai dengan munculnya ruam di sekitar hidung, kulit menjadi sangat kering, tekstur menjadi kasar, terasa gatal, dan sangat sensitif. Sehingga akan sangat susah untuk mengaplikasikan makeup pada kondisi di area yang kering dan mengelupas. Masalah kulit ini disebabkan karena produksi kolagen dan minyak alami pada kulit berkurang.

Sebaiknya pemilik kulit kering dan mengelupas menggunakan skincare yang memiliki kandungan anti aging dan hydrating agents. Karena skincare tersebut dapat mengembalikan kelembapan kulit dan mengatasi masalah kulit kering dan mengelupas. Berikut penyebab hidung kering dan mengelupas, yang merupakan tanda penuaan dini:

Penyebab Hidung Kering dan Mengelupas

1. Faktor Usia

Penyebab hidung kering dan mengelupas yang pertama adalah faktor usia. Karena semakin bertambahnya usia, produksi kolagen dan minyak alami di dalam kulit akan berkurang. Sehingga kelembapan kulit berkurang dan menyebabkan tekstur kulit menjadi kering dan mudah mengelupas.

2. Dehidrasi

Kulit dehidrasi atau kekurangan cairan dapat menyebabkan lapisan kulit atas atau bagian epidermis kulit tidak mendapatkan kelembapan. Kondisi ini bisa membuat kulit muka lebih mudah mengelupas. Untuk itu, konsumsilah air putih sebanyak 2 liter sehari, dan gunakan skincare yang bisa menghidrasi kulit.

3. Sering Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah perawatan wajah yang bisa membantu membersihkan pori-pori tersumbat, menghaluskan tekstur kulit, mencerahkan wajah, dan menghilangkan jerawat. Tetapi kalau kamu sering melakukan eksfoliasi wajah, maka akan membuat area hidung cepat kering dan risiko kulit mengelupas. Karena minyak alami yang ada di kulit terangkat oleh kandungan eksfoliator. Sebaiknya lakukan eksfoliasi maksimal seminggu 2kali saja.

4. Perubahan Hormon

Faktor perubahan hormon bisa mempengaruhi kondisi kulit. Perubahan hormon pada perempuan akan terjadi pada saat perempuan mengalami siklus haid, masa kehamilan, masa menyusui hingga menopause. Kondisi ini sangat wajar dialami perempuan, dan kulit akan kembali sehat setelah hormon normal.

Penyebab Hidung Kering dan Mengelupas

5. Sering Menggunakan Kosmetik

Terlalu sering menggunakan kosmetik bisa membuat hidung kering dan mengelupas. Karena di dalam kosmetik terdapat bahan kimia yang bisa menghilangkan kelembapan kulit. Apalagi jika menggunakan kosmetik yang mengandung alkohol dan paraben. Gunakan kosmetik yang memiliki formula khusus untuk kulit kering. Jangan lupa gunakan pelembap sebelum mengaplikasikan kosmetik.

6. Jarang Menggunakan Sunscreen

Paparan sinar matahari sangat berbahaya untuk kulit. Karena bisa merusak lapisan kulit dan menyebabkan kulit sekitar hidung mengelupas. Sehingga sunscreen perlu digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Untuk itu, gunakan sunscreen secara rutin setiap pagi dan siang hari. Sahabat Fimela juga bisa menggunakan topi untuk melindungi kulit wajah saat berada di tengah terik matahari.

7. Perubahan Cuaca

Penyebab hidung kering dan mengelupas yang terakhir, yaitu karena adanya perubahan cuaca ekstrem yang terjadi di lingkungan. Kondisi kulit bisa berpengaruh terhadap kelembapan udara, sehingga jika terjadi perubahan cuaca dan kelembapan udara menurun, maka kulit akan terasa kering dan keriput. Gunakan skincare secara rutin untuk mengatasi masalah kulit ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading