Sukses

Beauty

7 Penyebab Kulit Melepuh Tiba-Tiba dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Setiap orang menginginkan kulit yang sehat, cerah dan tekstur yang kenyal. Namun ada beberapa masalah kulit, yang menyebabkan kepercayaan diri seseorang menurun. Salah satu masalah kulit yang dapat dialami seseorang adalah kulit melepuh tiba-tiba.

Penyebab kulit melepuh tiba-tiba ada beberapa faktor. Kondisi ini bisa sangat mengganggu penampilan, sangat sakit saat disentuh, dan membuat tidak nyaman. Karena lapisan kulit terisi cairan dan menimbulkan rasa panas.

Kulit melepuh tiba-tiba harus segera dikonsultasikan pada dokter. Karena masalah kulit yang satu ini, bisa menyebabkan komplikasi penyakit lainnya. Berikut penyebab kulit melepuh tiba-tiba:

Penyebab Kulit Melepuh Tiba-Tiba

1. Gigitan Serangga

Penyebab kulit melepuh tiba-tiba yang pertama adalah karena adanya gigitan serangga. Gigitan serangga akan memberikan racun pada kulit, sehingga menimbulkan reaksi alergi dan kulit melepuh. Racun karena gigitan serangga ini dapat diobati dengan krim khusus.

2. Impetigo

Impetigo adalah infeksi kulit lapisan luar yang disebabkan karena bakteri seperti Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes. Penyakit kulit ini bisa menular ke orang lain, jika melakukan kontak fisik dengan penderitanya. Infeksi kulit ini bisa terjadi pada wajah maupun lengan tangan.

3. Luka Bakar

Kulit melepuh tiba-tiba sering kali disebabkan karena luka bakar. Awalnya luka bakar akan terasa perih saja, kemudian luka bakar berubah menjadi warna putih. Kulit yang melepuh itu akan mulai mengeluarkan cairan dan sangat sensitif terkena sentuhan.

4. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak adalah penyakit kulit yang menyebabkan kulit melepuh tiba-tiba. Kondisi ini menyebabkan kulit menjadi ruam, yang diakibatkan karena kulit terpapar zat alergen. Dermatitis kontak dapat ditandai dengan kult gatal, bersisik dan muncul kemerahan.

Penyebab Kulit Melepuh Tiba-Tiba

5. Dermatitis Herpetiformis

Dermatitis herpetiformis menimbulkan benjolan berisi cairan di dalam kulit. Kondisi ini bisa mengakibatkan kulit melepuh tiba-tiba dan menimbulkan warna kemerahan. Kulit melepuh yang disebabkan karena dermatitis herpetiformis akan memudar dengan sendirinya, asalkan melakukan diet gula.

6. Cacar Air

Cacar air adalah penyakit kulit yang ditandai ruam dan melepuh. Cacar air juga ditandai dengan gejala demam tinggi, dan bisa menular ke orang lain dengan kontak fisik. Kulit yang sudah mengeras karena cacar air, akan melepuh dengan sendirinya dan biasanya menimbulkan bekas.

7. Eksim Kulit

Eksim kulit adalah alergi kulit yang bisa menyebabkan kulit melepuh tiba-tiba. Eksim kulit bisa disebabkan karena reaksi alergi. Kondisi ini tidak hanya menyerang kulit wajah saja. Tetapi bisa menyebabkan kulit di seluruh tubuh menjadi melepuh.

Cara Mengatasi Kulit Melepuh

Kulit yang memang bisa menyebabkan bekas yang sangat mengganggu penampilan. Tetapi kondisi ini bisa diatasi, dan bekas lepuhan dapat dihilangkan. Jika kamu terkena luka bakar, sebaiknya segera alirkan air pada luka bakar selama 20 menit. Cara ini bisa membantu menghentikan luka bakar di kulit.

Saat kulit melepuh tiba-tiba, sebaiknya jangan sentuh kulit yang melepuh. Karena kulit yang melepuh harus dijaga kebersihannya, agar tidak terinfeksi bakteri. Kulit yang melepuh tidak boleh dipencet karena bisa meninggalkan bekas di kulit.

Kulit yang melepuh dapat diatasi dengan menggunakan salep. Tentu saja salep yang digunakan harus sesuai dengan resep dokter, agar tidak menyebabkan masalah kulit yang lebih parah. Hindari penggunaan bahan kimia saat kulit melepuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading