5 Penyebab Pinggir Bibir Menghitam yang Jarang Disadari

Imelda Rahma21 Apr 2022, 19:49 WIB
Diperbarui 21 Apr 2022, 20:11 WIB
Bibir

Fimela.com, Jakarta Permukaan luar bibir yang menghitam pastinya akan mengganggu penampilan. Alhasil, kita pun jadi kurang percaya diri. 

Masalah penyebab bibir hitam umumnya dipengaruhi aktivitas sehari-hari, seperti paparan sinar UV, kosmetik, konsumsi kafein, dehidrasi, hingga konsumsi obat-obatan tertentu. Untungnya, masalah bibir gelap bukan masalah serius dan bisa diatasi dengan cara sederhana.

Agar bisa terhindar dari gelapnya bibir terutama di bagian pinggir, perhatikan dan mulai hindari berbagai penyebab bibir hitam di pinggir atau memulai perubahan gaya hidup. Lalu, apa saja penyebabnya?

Berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab pinggir bibir meneghitam yang jarang disadari. Dilansir dariLiputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Paparan Sinar Matahari

Paparan Sinar Matahari
Ilustrasi Paparan Sinar matahari Credit: unsplash.com/sara

Bibir yang terkena paparan sinar matahari terlalu lama dapat membuat permukaan luarnya jadi menghitam. Hal ini karena kulit yang terlalu lama dan sering terpapar sinar matahari dapat memicu tubuh untuk membuat melanin untuk menyerap sinar ultraviolet.

Hal ini merupakan penyebab dari beberapa kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. Sinar matahari adalah penyebab kulit menjadi lebih kecokelatan. Untuk menjaga kesehatan bibir, disarankan agar kamu menggunakan lipbalm yang memiliki perlindungan sinar UV-nya.

2. Efek Penggunaan Produk Kosmetik

Efek Penggunaan Produk Kosmetik
Ilustrasi Penggunaan Produk Kosmetik Credit: unsplash.com/freestocks

Produk kosmetik yang tujuannya digunakan untuk mempercantik tampilan wajah ternyata punya efek buruk juga yang dapat menyebabkan pinggir bibir menghitam. Salah satunya produk kosmetik yang sering dipakai dan menyebabkan bibir menghitam ialah lipstick.

Kandungan tertentu yang terdapat pada lipstick terkadang justru membuat bibir menjadi hitam jika terlalu sering digunakan. Begitu juga dengan masa kadaluwarsa lipstick. Selalu cek lipstick apakah masih layak untuk dipakai atau tidak, ya!

3. Merokok

Merokok
Ilustrasi Merokok Credit: unsplash.com/Lilartsy

Nikotin dan benzpyrene dalam asap tembakau dapat mendorong produksi melanin di kulit. Hal ini dapat menjadi penyebab bibir hitam di pinggir. Penggelapan bibir dapat terjadi secara bertahap seiring waktu. Jangan ragu untuk mulai berhenti merokok agar penyebab bibir hitam di pinggir tak terjadi.

Nikotin menyebabkan pembuluh darah menyusut dan menyempit, mengurangi aliran darah, dan membuat kulit kekurangan oksigen serta nutrisi yang dibutuhkannya agar tetap sehat dan kenyal. Reaksi ini menyebabkan melanin di bibir dan gusi menjadi gelap, menyebabkan pigmentasi tidak merata.

4. Efek Mengonsumsi Kafein

Efek Mengonsumsi Kafein
Ilustrasi Kopi Credit: unsplash.com/Nathan

Mengonsumsi kopi juga ternyata juga dapat membuat permukaan bibir menghitam, lho. Hal ini karena zat antidiuretik yang terdapat pada kafein akan membuat kamu sering buang air kecil sehingga bisa membuat tubuh kekurangan cairan. Akibatnya, bibir secara perlahan menjadi kering dan pecah-pecah sehingga membuat warnanya menjadi hitam.

5. Mengalami Dehidrasi

Mengalami Dehidrasi
Ilustrasi Dehidrasi Credit: unsplash.com/Engin

Dehidrasi atau kekurangan cairan adalah pemicu bibir kering, padahal bibir kering merupakan penyebab bibir hitam di pinggir. Dehidrasi pun bisa terjadi karena diare, muntah, berkeringat hebat, dan sakit. Untuk menghindari kondisi ini, dianjurkan untuk minum delapan hingga dua belas gelas air per hari.

Kebiasaan menjilat bibir juga akan membuat bibir kering dan pecah-pecah, ini penyebab bibir hitam di pinggir. Sebab, zat dalam air liur akan mengeringkan kulit dengan menjilatnya berlebihan. Selain itu, menjilat bibir juga dapat meningkatkan produksi ragi yang meningkatkan risiko bibir pecah-pecah.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela