Mengenal Dua Jenis Toner dan Fungsinya

Fimela Reporter01 Mei 2022, 10:35 WIB
Diperbarui 02 Mei 2022, 11:21 WIB
toner

Fimela.com, Jakarta Untuk merawat kulit wajah, diperlukan berbagai jenis skin care untuk dapat membantu mengatasi masalah kulit dan menutrisi kulit. Hal yang paling penting untuk dilakukan untuk merawat kulit wajah adalah dengan mengenakan basic skincare. Basic skincare terdiri dari facial wash, toner, serum, moisturizer, dan juga sunscreen untuk memaksimalkan perlindungan pada kulit.

Baik untuk jenis kulit kering, berminyak, berjerawat, dan sensitif terdapat jenis skincare tersendiri yang kandungan di dalamnya telah disesuaikan dengan kulit masing masing. Hal tersebut berlaku bagi berbagai jenis skincare baik dari facial wash, toner, serum, moisturizer, dan sunscreen.

Untuk kulit kering diperlukan skincare dengan kandungan yang mampu melembabkan kulit dalam setiap skincare yang digunakan. Sedangkan untuk kulit berminyak diperlukan skincare yang mampu membantu mengontrol produksi minyak di permukaan kulit. Untuk itu sebelum menggunakan skincare seperti toner, perlu untuk mengetahui jenis toner dan juga fungsinya agar dapat berfungsi maksimal untuk menutrisi kulit.

 

 

Hydrating toner

hydrating toner
Ilustrasi memakai hydrating toner/copyright shutterstock

Hydrating toner merupakan toner yang berfungsi untuk membantu melembabkan kulit sehingga cocok digunakan untuk segala jenis kulit t. Kandungan yang biasanya terdapat di hydrating toner adalah hyaluronic acid, aloevera, dan collagen. Kandungan-kandungan tersebut mampu memaksimalkan kelembaban pada permukaan kulit. 

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif kamu dapat memilih hydrating toner yang tidak mengandung alkohol sehingga tidak menimbulkan iritasi dan dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulitmu. Jika kulitmu juga kusam, kamu dapat memilih hydrating toner dengan kandungan niacinamide. Untuk cara penggunaannya, toner ini biasanya disarankan untuk mengoleskan langsung pada wajah dengan tangan bersih tanpa menggunakan kapas.

Exfoliating toner

Toner
Ilustrasi memakai exfoliating toner/copyright shutterstock

Pada dasarnya exfoliating toner berfungsi untuk membantu membersihkan kulit dan mengeksfoliasi dengan lebih lembut sehingga kulit dapat lebih merata dan tidak bertekstur dan juga mengurangi jerawat. Jenis toner ini biasanya mengandung AHA seperti Glycolic Acid, Lactic Acid, Mandelic Acid, Citric Acid, Tartaric Acid, Malic Acid kemudian BHA seperti Salicylic Acid hingga enzim buah dan fermentasi dan PHA seperti Gluconolactone, Lactobionic, Maltobionic.

Toner ini biasanya disarankan bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, berjerawat, bruntusan, dan kulit kusam. Jika kamu memiliki jenis kulit kering dan sensitif kamu dapat memilih exfoliating toner dengan kandungan AHA, BHA, dan PHA yang lebih rendah sehingga tidak menimbulkan iritasi bagi kulitmu.

Pastikan kamu memilih toner sesuai dengan kondisi dan jenis kulitmu sehingga dapat berfungsi maksimal untuk membantu meredakan masalah kulitmu dan tidak menimbulkan iritasi pada permukaan kulit.

 

Ditulis oleh: Cantika Indah Santosa

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela