Sukses

Beauty

5 Penyebab Mengejutkan Mengapa Rambut Bisa Sangat Berminyak

Fimela.com, Jakarta Rambut berminyak bisa merusak mood dan mengganggu penampilan. Sayangnya problem rambut berminyak kerap dialami banyak orang.

Untuk mengetahui penyebab rambut berminyak, kita harus menggali ke akar masalahnya. Melansir dari rd.com, berikut 5 penyebab tak terduga mengapa rambut memproduksi minyak lebih banyak dari para hair stylist.

 

Tidak Membersihkan Sisir

Sisir menjadi tempat berkembang biak bagi semua jenis bakteri, terutama jika kita menggunakan produk hair styling secara teratur. Penumpukan debu dan sisa-sisa produk akan membuat satu instrumen yang akan berpindah ke kulit kepala bersih kita. 

"Jarang orang menyadari jika mereka menyisir rambut dengan sisir kotor. Yang penuh tumpukan minyak dan kotoran dan akan menyebabkan rambut yang baru dicuci pun tampak berminyak," ujar Steve Lococo, penata rambut dan pemilik B2V Salon.

 

 

Mengikat rambut di malam hari

Banyak yang ingin tampilan ikal natural saat bangun di pagi hari dengan mengikat rambut waktu tidur malam hari. Selain itu, mengikat rambut di malam hari juga bisa menghindari kekusutan.

"Saat kamu mengikat rambut di malam hari, semua minyak alami akan terkonsentrasi di kulit kepala. Karena mencegah minyak bekerja turun ke seluruh helai rambut yang menyebabkan rambut tampak berminyak di dekat area akar," ujar CJ Dougherty, perancang rambut Salon Gordon.

 

 

Kelembapan

Jika kamu tinggal di wilayah geografis dengan kelembapan tinggi, tidak banyak yang bisa dilakukan. Faktor lingkungan dapat menyebabkan penampilan fisik seperti kulit dan rambut terganggu, tetapi ada cara untuk memperbaiki tampilan rambut berminyak. 

"Seperti memurnikan pembersih kulit kepala untuk membantu melawan dan menyeimbangkan kadar sebum." ujar Amy Kimball, direktur artistik senior di Supercuts.

 

 

Menggunakan serum untuk membuat berkilau

Rambut berkilau memang dambaan banyak orang, tapi ada garis tipis antara glossy dan berminyak. Meski kamu menganggap penampilanmu stunning dengan rambut berkilau, bisa jadi orang yang melihatmu menganggap kamu belum mandi beberapa hari.

"Serum yang membuat rambut berkilau sangat populer saat ini, tetapi jika mengoleskannya di dekat kulit kepala yang sudah banyak minyaknya, rambut bisa terlihat sangat berminyak. Untuk mencegahnya, konsentrasikan serum ke tengah helai rambut dan turun ke ujung," ujar Kimball.

 

 

Menyentuh Rambut Terlalu Sering

Meski mungkin menyentuh rambut terasa menyenangkan, tapi hal itu dengan mudah mentrasnfer minyak dari tangan ke akar rambut. Menurut Kristina Maccaro, salah satu pemilik dan direktur kreatif Love Lane Salon, menyentuh rambut secara intens sama halnya seperti menyentuh wajah.

"Hal itu hanya memindahkan minyak dari ujung jari dan tangan ke helaian rambut. Cobalah untuk mengepang rambut atau menjepitnya ke belakang untuk menjauhkan dari wajah jika kamu cenderung sering membelai rambut sepanjang hari," ujarnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading