Sukses

Beauty

5 Penyebab Munculnya Selulit Akibat Kebiasaan Buruk Sehari-hari

Fimela.com, Jakarta Munculnya selulit pada tubuh umumnya akan membuat kepercayaan diri menurun. Bagaimana tidak, adanya lipatan dan timbunan lemak pada bagian tubuh tertentu dianggap mengganggu keindahan penampilan. 

Selulit sendiri merupakan timbunan lemak yang berada di bawah lapisan kulit. Timbunan ini terlihat seperti garis-garis pecah atau seperti kulit jeruk di bagian paha, perut, bokong, dan lengan. Selulit memutus ikatan antara elastin dan kolagen pada kulit, sehingga membuat kulit tampak rusak.

Selulit dapat muncul pada tubuh karena kebiasaan sehari-hari yang tidak kita sadari. Lalu, apa saja penyebab munculnya selulit? 

Kamu perlu mengetahuinya agar dapat meminimalisir kebiasaan buruk yang dapat memicu timbulnya selulit. Untuk itu, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab selulit akibat kebiasaan buruk sehari-hari. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Kebiasaan Memakai Pakaian Ketat

Pakaian ketat memang membuat tubuh jadi kelihatan langsing dan berbentuk, namun terlalu sering menggunakannya ternyata dapat menyebabkan selulit. Pasalnya, pakaian ketat yang kamu kenakan membuat sirkulasi udara dan darah tidak berjalan dengan teratur sehingga menyebabkan munculnya selulit pada bagian tubuh tertentu. 

2. Kebiasaan Mengonsumsi Makanan dan Minuman Manis

Siapa yang tidak suka makanan dan minuman manis, selain menyegarkan, keduanya membuat mood jadi baik lagi, bukan? Namun, terlalu sering mengonsumsi yang manis-manis ternyata dapat memicu timbulnya selulit. Hal ini dikarenakan tubuh menerima kelebihan kalori dari gula yang akan diubah menjadi lemak oleh hati dan tersimpan di bawah jaringan kulit.

Maka dari itu, semakin banyak kamu mengonsumsi makanan dan minuman manis, maka semakin banyak pula lemak yang menumpuk. Lemak yang sudah menumpuk nantinya akan berakhir menjadi selulit. 

 

3. Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dan minum alkohol bukanlah kebiasaan yang baik untuk kesehatan tubuh. Dua aktivitas tadi juga dapat menyebabkan munculnya selulit. 

Hal ini dikarenakan kandungan pada rokok berpotensi melemahkan sel-sel pada kulit. Racun-racun nikotin dari rokok juga bisa menyumbat pembuluh kapiler dan merusak hubungan antar kelenjar di kulit, sehingga menimbulkan selulit pada permukaan kulit.

4. Kebiasaan Mengonsumsi Junk Food

Dalam keadaan tertentu, junk food bisa jadi pilihan makanan yang praktis, apalagi rasanya juga enak. Namun, jika kamu terlalu sering mengonsumsinya, maka masalah selulit akan menghampirimu. 

Bukan tanpa alasan, junk food memiliki kandungan lemak dan kalori yang tinggi. Kabar buruknya, kedua kandungan ini bisa memunculkan selulit pada kulit apabila dikonsumsi terlalu sering.

5. Malas Berolahraga

Selulit juga mudah muncul jika kamu hobi makan tetapi malas berolahraga. Jika kegiatan kamu sehari-hari minim pergerakan, maka tidak ada kalori yang dibakar sehingga lemak akan terus menumpuk dari makanan yang kamu konsumsi. Maka dari itu, disarankan agar kamu rutin berolahraga sehingga terhindar dari bahaya selulit maupun obesitas. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading