6 Fakta Sunscreen yang Wajib Diketahui Mulai dari Cara Penggunaanya

Anisha Saktian Putri13 Mei 2022, 20:00 WIB
Diperbarui 13 Mei 2022, 20:00 WIB
Fakta Sunscreen yang Wajib Diketahui

Fimela.com, Jakarta Perawatan wajah bukan hanya membersihkan wajah setelah beraktivitas, melainkan ada banyak rangkaian produk skincare yang perlu digunakan. Misalnya saja penggunaan serum, pelembap, dan yang paling penting menutupnya dengan mengenakan sunscreen.

Sunscreen sangat penting digunakan apalagi ketika sahabat Fimela mengharuskan untuk aktivitas di luar ruangan. Medical Innovation Expert BeautyHaul, dr. Claudia Christin mengungkap jika sunscreen merupakan fondasi dari penggunakan skincare. Mengapa begitu penting?

dr. Clauida menyapaikan jika sunscreen dapat menjadi pelindung atau mencegah masalah pada wajah akibat bahaya radiasi sinar matahari. Dampak buruk dari sinar matahari ialah mulai dari hiperpigmentasi, penuaan dini, sampai kanker kulit.

"Permasalahan seperti flek hitam, kusam, hingga garis halus sumber karena sinar UV matahari yang langsung terkena wajah kita. Kita juga bisa delay garis wajah dengan sunscreen, jadi percuma menggunakan skincare tanpa menggunakan sunscreen," ujar dr. Clauida dalam acara BeautyHaul secara online.

Tak hanya itu dr. Clauida juga memaparkan beberapa fakta mengenai sunscreen agar sahabat Fimela lebih yakin terkait penggunaan sunscreen. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Sunscreen untuk siapa saja

ilustrasi Kenali jenis perbedaan jenis sunscreen mineral dan sunscreen organik/Shopping King Louie/shutterstock
ilustrasi Kenali jenis perbedaan jenis sunscreen mineral dan sunscreen organik/Shopping King Louie/shutterstock

dr. Claudia menyampikan jika sunscreen bukan hanya digunakan untuk perempuan dewasa aja. Melainkan bisa digunakan untuk semua orang termasuk pria dan anak-anak.

Ia menyampaikan jika anak berusia di atas enam bulan sudah diperboleh menggunakan sunscreen apalagi jika anak sudah mulai terekspose sinar matahari. Sebab manfaatnya bukan hanya mengatasi masalah wajah, melainkan bagi kesehatan yaitu mencegah kanker kulit.

"Anak enam bulan ke atas disaranan untuk menggunakan sunscreen," paparnya.

2. Cara menggunakan

dr. Claudia menegaskan jika penggunaan sunscreen dua jari pada wajah dan leher bukan hanya strategi marekting saja. Melainkan memang dianjurkan digunakan 2ml per-cm yang diperkirakan dua ruas jari.

"Dua ruas jari itu bisa menutupi semua permukaan wajah, dibandingkan dengan hanya menggunakan satu ruas jari tidak bisa menutupi semua wajah jadi kurang maksimal. Dua ruas jari pun harus tebal," ujarnya.

Sedangkan jika menggunakan sunscreen berbentuk stick gunakan 4 kali garisan di setiap satu area wajah. Jika spary semprotakan pada wajah hingga terlihat kulit wajah bercahaya karena spray partikelnya rentan terbawa angin.

3. Re-apply

Re-apply menggunakan sunscreen perlu dilakukan dan disesuikan dengan aktivitas seseorang. Meski di indoor, keringat dan produksi minyak dapat mengurangi proteksi sunscreen.

Untuk itu, dr. Claudia menyarankan re-apply setiap jam 12:00 siang, apalagi ketika mudah berkeringan. Namun, ketika aktivitas basah-basahan atau berkeringat lebih banyak baiknya re-appy sesering mungkin.

Meski sunscreen tersebut memiliki kandungan water resistant, namun re-apply masih harus dilakukan agar lebih optimal. "Biasanya water resistant hanya 40-80 menit saja, menit berikutnya tidak optimal lagi. Jadi, harus dire-apply lagi," paparnya.

Ketika menggunakan makeup tak perlu khawatir, bisa menggunakan sunsscreen cushion yang hanya ditepuk-tepuk di wajah dan membuat makeup stay. Atau bisa juga menggunakan sunscreen spray.

4. Disesuaikan dengan kondisi kulit

Sunburn/sunscreen
Ilustrasi sunburn/sunscreen. (Foto: shutterstock.com)

Saat memilih sunscreen bisa disesuikan dengan kondisi kulit, seperti kulit berminyak mencari sunscreen yang bisa digunakan untuk kulit kering agar tidak menyumbat pori-pori. Jangan malas untuk membaca riview sebelum membeli.

dr. Claudia menyarankan untuk kulit berminyak bisa menggunakan teksture gel yang cepat menyerap di kulit wajah. Awal digunakan memang berminyak namun saat menggunakan pertama kali gunakan perlahan tak harus dua ruas jari, lama-kelamaan bisa ditingkatkan hingga dilihat pori-pori tersumbat.

5. Ibu hamil

Memang untuk ibu hamil menurut dr. Claudia mengatakan memang agak sulit karena ada kandungan yang bisa masuk pembuluh darah dan memengaruhi janin. Namun, ibu hamil bisa memilih sunscreen mineral sunscreen.

6. Beda atau tidak produk sunscreen lokal dan luar negeri?

Menurut dr. Claudia, ia mengatakan jika sunscreen fungsinya sama untuk melindungi dari sinar matahari. Hanya ada sedikit perbedaan produk luar negeri dan lokal, yaitu pada teksturenya.

"Indonesia hanya punya dua musim, sedangkan ada negara dengan empat musim. Misalnya saja negara empat musim punya sunscreen untuk musim dingin yang sangat melembapkan. Jadi keunggulan produk lokal dari teksture yang menyesuikan cuaca Indonesia," tutupnya.

#women for women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela