Sukses

Beauty

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah Hanya dengan Tisu, Mudah dan Praktis!

Fimela.com, Jakarta Apabila kamu seorang pecinta skincare, mungkin kamu sudah sering mencoba berbagai jenis produk. Terkadang, kamu juga bisa mengeluarkan uang secara berlebihan karena mencoba berbagai jenis produk yang belum tentu cocok dengan jenis kulit kamu.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui jenis kulit wajahmu agar bisa menentukan produk apa yang cocok sesuai tipe kulit. Dengan begitu, kamu bisa menghemat pengeluaran dan kulit wajah pun berangsur membaik. 

Nah, ada berbagai cara mengetahui jenis kulit wajah. Salah satu metode yang cukup praktis dan relatif mudah untuk mengidentifikasi jenis kulit ialah menggunakan tisu. Penasaran bagaimana caranya? Simak langkah-langkah berikut dikutip dari essence.com!

Cara mengetahui jenis kulit menggunakan tisu

Secara garis besar, jenis kulit wajah sendiri dibedakan menjadi kulit kering, berminyak, dan kombinasi. Kulit kering dan kulit berminyak tergolong mudah untuk diidentifikasi, sementara kulit kombinasi sedikit lebih sulit.

Menurut Dr. Tess Mauricio, dokter kulit dan CEO M. Beauty Clinic, kamu dapat menggunakan tes blotting melalui tiga langkah di bawah ini untuk menentukan jenis kulit kamu. Berikut langkah-langkahnya:

1. Cuci wajah kamu menggunakan pembersih yang lembut dan basuhlah dengan air. Gunakan tangan untuk membersihkan wajah dan hindari menggosok wajah terlalu keras.

2. Keringkan wajah kamu dengan handuk dan diamkan kulit selama satu jam tanpa mengoleskan produk atau menyentuhnya.

3. Setelah satu jam, tempelkan tisu di wajah. Apabila wajah kamu terasa kencang, kamu memiliki kulit kering. Sementara itu, apabila terlihat minyak pada tisu di t-zone (dahi, hidung, dan dagu), tetapi tidak pada pipi, kamu memiliki kulit kombinasi. 

Jika kamu melihat di tisu ada kilau berminyak pada bagian t-zone dan pipi, kamu memiliki kulit berminyak. Selanjutnya, jika setelah melakukan tes tersebut wajah nampak bernoda, kemerahan, serta terasa geli, kamu memiliki kulit sensitif.

Berguna sebagai panduan memilih skincare

Menggunakan tisu sebagai metode mengetahui jenis kulit merupakan salah satu terobosan yang menarik. Bagaimana tidak? Hanya dengan menggunakan satu bahan yang berada di sekitarmu itu, kamu bisa tahu lebih dalam tentang kulitmu.

Sekarang setelah kamu mengetahui jenis kulitmu, kamu dapat memilih produk terbaik yang akan menghasilkan kulit sehat dan bercahaya. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan kandungan bahan di setiap produk yang akan kamu gunakan.

Fungsinya, ketika sudah mengetahui jenis kulit, bahan yang tepat mampu mendorong khisiat yang lebih maksimal. Bagaimana? Apakah kamu tertarik mencoba cara di atas setelah membaca artikel ini?

Penulis: Ersya Fadhila Damayanti

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading