Sukses

Beauty

How To: Menghilangkan Bekas Jerawat Menghitam di Pipi dalam 3 Langkah

Fimela.com, Jakarta Jika kamu memiliki masalah untuk menghilangkan bekas jerawat membandel atau menghitam di wajah, kamu tidak sendiri. Bekas jerawat bisa sangat sulit dihilangkan, kamu harus meluangkan waktu, konsisten, dan melakukan perawatan yang tepat.

Menghilangkan bekas jerawat harus diawali dengan memahami jenis lukanya. Kedua, penting untuk memahami bahwa ada jenis yang berbeda, tergantung pada ukuran, bentuk, dan konturnya.

Jerawat, tergantung tingkat keparahannya, bisa memengaruhi tidak hanya lapisan atas kulit, tapi juga lapisan yang lebih dalam. Saat peradangan mereda dan kulit mencoba untuk sembuh, jaringan parut bisa terjadi, karena faktor eksternal apapun saat jerawat meradang bisa menyebabkan jeringan parut, seperti dilansir dari vogue.com.

Bekas jerawat hrus dibedakan dari bekas jerawat yang dangkal, seperti bintik-bintik cokelat atau merah. Yang harus diingat, bekas jerawat bersifat permanen jika tidak dirawat, ditandai dengan adanya lekukan atau depresi di kulit.

Di sisi lain, bekas jerawat yang akhirnya sembuh akan ditandai dengan bintik hitam datar atau halus (hiperpigmentasi) atau bintik merah persisten (eritema) di lokasi lesi jerawat. Cobalah tutup matamu, gerakkan jari ke wajah atau area yang memiliki jerawat, jika ada perubahan tekstur, kemungkinan besar itu adalah bekas jerawat.

 

 

Cara menghilangkan bekas jerawat menghitam di pipi

1. Mulailah dengan pencegahan

Mulailah dengan mengontrol dan mengobati jerawat terlebih dahulu. Beberapa perawatan akan membantu memperbaiki tampilan bekas jerawat.

Setelah jerawat terkendali dan tidak ada banyak pembentukan jerawat baru, maka akan tepat untuk menjalani perawatan bekas jerawat tambahan, jika diperlukan untuk mengobati bekas yang masih ada. Untuk mengatasi jerawat sedang hingga parah, ikut rejimen jerawat yang diresepkan oleh dokter kulit.

Atau untuk produk yang dijual bebas, cobalah lihat rekomendasi FIMELA di sini.

2. Atasi perubahan warna kulit

Jerawat memiliki efek berbeda pada warna kulit berbeda, jadi penting untuk mengidentifikasi dan mengatasi bekas jerawat. Warna kulit lebih terang atau kulit yang lebih mudah terbakar sinar matahari akan sering menghasilkan tanda merah setelah jerawat.

Sedangkan warna kulit lebih gelap atau kulit yang lebih mudah kecokelatan sering menghasilkan tanda kecokelatan setelah jerawat. Salah satu perawatan topikal paling kuat untuk memudarkan perubahan warna kulit adalah serum vitamin C, yang dikemas dengan antioksidan dan melindungi kulit dari radikal bebas berbahaya, yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, sekaligus mencerahkan.

Selain itu, retinol juga bisa membantu meningkatkan pergantian sel dan merangsang produksi kolagen, membantu mengatasi perubahan warna kulit. Hal yang bisa kamu lakukan di rumah adalah pengelupasan ringan biasa menggunakan asam laktat, glikolat, dan trikloroasetat.

Cobalah lihat rekomendasi FIMELA di sini.

 

3. Coba perawatan dokter

Perawatan profesional dengan laser akan menawarkan hasil maksimal dalam meningkatkan penampilan. Laser bisa sangat efektif dalam membantu menghilangkan bekas jerawat.

Atau kamu bisa mencoba pengelupasan kimia tingkat medis dan microneedling, yang bisa membantu mengurangi bekas jerawat. Cobalah lihat rekomendasi FIMELA di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading