Sukses

Beauty

6 Hal Penting yang Harus Diperhatikan sebelum Kamu Menggunakan Suatu Produk Sunscreen

Fimela.com, Jakarta Sebelum serum, face oil, dan produk skincare apapun yang mengklaim bisa menunda penuaan pada kulit, ada sunscreen. Sunscreen merupakan satu-satunya produk yang telah terbukti sangat bermanfaat melindungi kulit.

Namun, jangan sembarangan dalam memilih dan mengaplikasikan sebuah produk sunscreen. Dilansir dari byrdie.com, berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum menggunakan sebuah produk sunscreen.

1. Gunakan produk dengan SPF di atas 30

Secara umum, sebagian besar warna kulit harus menggunakan produk sunscreen dengan SPF di atas 30 dan memiliki klaim "spektrum luas" pada botolnya, yang berarti efektif menghalangi sinar UVA dan UVB.

2. Formulanya tepat untuk jenis kulitmu

Tidak selalu satu jenis formula lebih baik dari yang lain, ini sepenuhnya tergantung pada preferensimu. Para pakar cenderung merekomendasikan sunblock daripada sunscreen.

Sunblock akan memblokir sinar UV, sedangkan sunscreen akan menyerapnya. Atau paling mudah melihat daftar bahannya, ada titanium dioksida dan seng oksida.

Secara teknis, sunblock diformulasikan sebagai tabir surya fisik, sedangkan formula dengan bahan yang menyerap disebut tabir surya kimia. Pada akhirnya, sunscreen terbaik adalah yang benar-benar kamu pakai.

3. Aplikasikan secara perlahan dan gunakan lebih dari yang kamu pikir butuhkan

Pedomannya adalah untuk mengaplikasikan sekitar 1 ons ke seluruh tubuh, terutama area yang terbuka. Atau jika kamu menggunakan sunscreen semprotan, aplikasikan sampai kilaunya merata di kulit dan gosok.

Perlindungan tambahan juga sangat penting, seperti kacamata hitam, topi, dan baju lengan panjang. Ingatlah bahwa jam puncak paparan sinar matahari adalah jam 10 pagi sampai 4 sore.

 

4. Aplikasikan ulang

Tidak ada sunscreen yang tahan keringat atau tahan air. Sebaliknya, label sebuah produk akan mengatakan tahan air untuk beberapa menit saja, biasanya antara 40 sampai 80 menit, jadi pastikan untuk mengaplikasikan ulang sunscreen, terutama jika kamu beraktivitas di luar ruangan atau di dalam air.

5. Tidak berada di bawah sinar matahari juga perlu pengaplikasian sunscreen

Sangat penting untuk mengaplikasikan sunscreen di bagian tubuh manapun yang terbuka, terlepas dari cuaca atau iklim. Paparan insidental bertambah dengan cepat dan UVA bisa menembus tutupan awan.

6. Perbedaan produk untuk tubuh dan wajah

Kecuali kulit wajahmu rentan terhadap jerawat, tidak masalah menggunakan produk sunscreen yang sama untuk tubuh dan wajah sekaligus. Jangan lewatkan area garis rambut, rambut, leher, dan telinga.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading