Sukses

Beauty

3 Penyebab Flek Hitam Pada Wajah yang Paling Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Bintik-bintik gelap di wajah atau flek hitam ternyata disebabkan oleh hiperpigmentasi, kondisi satu ini merupakan sangat umum dan akan terjadi ketika kulit memproduksi terlalu banyak melanin. Selain itu hiperpigmentasi juga dapat disebabkan oleh banyak paparan sinar matahari maupun penuaan.

Banyak beberapa bintik hitam yang tidak berbahaya, akan tetapi kamu tak perlu khawatir karena hal ini dapat diatasi dengan melakukan beberapa perawatan. Hiperpigmentasi yang terjadi akan membentuk endapan dan menciptakan bintik-bintik yang berwarna gelap daripada kulit sekitarnya.

Tentu flek hitam pada wajah tidak membuat percaya diri, meskipun hiperpigmentasi akan mempengaruhi orang-orang dari semua warna kulit hal ini cenderung akan mempengaruhi jenis kulit orang yang lebih gelap. Berikut beberapa penyebab flek hitam pada wajah yang bikin tak percaya diri:

1. Paparan Sinar Matahari

Penyebab yang paling umum dari flek hitam pada wajah adalah paparn sinar matahari, ketika dirangsang oleh sinar UV yang berbahaya mala melanosit akan melepaskan melanin dan bertindak sebagai tabir surya alami. Melanin juga akan berguna karena menyerap energi dari sinar UV, selain itu matahari juga dapat memicu produksi melanin terlalu banyak dan menyebabkan bintik hitam dan bercak pada kulit.

2. Hormon

Ketika kadar hormon naik turun, maka efek samping dari ini adalah perubahan pigmentasi yang disebut sebagai melasma. Seringkali hal ini terlihat saat masa kehamilan, terapi hormonal atau peningkatan hormon yang dapat merangsang produksi melanin.

Paparan sinar matahari dan panas juga dapat memperburuk penampilan hiperpigmentasi yang dipicu oleh hormon satu ini. Lingkungan yang memiliki suhu tinggi juga dapat mempengaruhi hiperpigmentasi dan bintik hitam selain itu juga dapat membuat bercak hitam membesar dan menyebar.

3. Peradangan

Bintik-bintik hitam terkadang akan mengembangkan setelah wajah mengalami peradangan atau cidera pada kulit, terutama saat kamu mengalami masalah wajah seperti jerawat, eksim, reaksi alergi, atau kondisi kulit lainnya. Setelah mengalami luka pada wajah maka akan membuat kulit meradang saat sembuh dan kulit secara alami akan memproduksi melanin berlebih dan membuat kulit menjadi gelap.

Perawatan Untuk Flek Hitam Pada Wajah

  • Hidrokuinon (Hydroquinone) : Merupakan salah satu bahan dalam produk untuk hiperpigmentasi dan dapat mengurangi produksi melanin. Selain itu bahan satu ini juga dapat memberikan efek buruk pada wajah seperti iritasi kulit, terutama ketika orang menggunakan konsentrasi yang lebih tinggi.
  • Asam Kojic : Asam kojic adalah pengobatan populer untuk hiperpigmentasi akan tetapi, hal ini mungkin tidak seefektif perawatan lainnya. Asam kojic juga dapat membuat kulit wajah menjadi lebih sensitif, jadi tidak semua orang cocok menggunakannya.
  • Retinoid : Retinoid merupakan turunan dari vitamin A yang akan meningkatkan pergantian sel-sel kulit baru dan dapat memudarkan bintik-bintik gelap di wajah. Produk yang mengandung retinoid juga tidak cocok digunakan pada masa kehamilan, karena vitamin A dapat menyebabkan anomali kelahiran.

Ada banyak penyebab dari flek hitam pada wajah yang perlu kamu tahu, meskipun flek hitam pada wajah sering membuat tak percaya diri tapi beberapa diantaranya dapat kamu atasi dengan perawatan yang tepat. Penggunaan produk juga harus disesuaikan dengan jenis kulit kamu saat ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading