4 Penyebab Wajah Kering Mengelupas dan Cara Perawatan yang Efektif

Vania Al kautsar29 Jun 2022, 11:32 WIB
Diperbarui 29 Jun 2022, 11:38 WIB
Ilustrasi wajah

Fimela.com, Jakarta Kulit wajah ternyata bisa mengelupas karena beberapa alasan tertentu, hal ini juga disebabkan oleh beberapa penyebab. Kulit kering sering menjadi masalah bagi setiap perempuan, apalagi bagi mereka yang selalu menggunakan berbagai macam perawatan atau bahkan tidak.

Saat melakukan perawatan kulit wajah tentu kita mengingikan hasil yang maksimal, kulit kering sendiri ternyata dapat terjadi karena reaksi terhadap produk perawatan kulit maupun kondisi kulit yang sedang kamu alami. Beberapa kondisi kulit sendiri dapat membuat seseorang memiliki kulit kering, seperti eksim atau psoriasis.

Beberapa orang lebih rentan mengalami kulit kering di wajah, beberapa dari mereka mungkin kesulitan untuk mendapatkan kulit yang lembab dan sering mengalami pengelupasan kulit. Tapi, apa saja sih penyebab wajah kering mengelupas yang sering terjadi? Berikut beberapa  penyebab yang dapat kamu tahu:

1. Sabun Keras atau Produk Perawatan Kulit

Cuci Muka
Ilustrasi Cuci Muka/https://www.shutterstock.com/kei907

Produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia keras ternyata dapat membuat kulit kering atau bersisik di bagian wajah. Hal ini juga dapat berlaku untuk beberapa jenis produk yang memiliki kandungan alkohol, seperti toner maupun astrigen agresif yang dapat menghalangi minyak di kulit. Beberapa produk wangi-wangian seperti sabun wangi, deodorant, maupun produk lainnya yang mengandung alkohol dapat membuat kulit menjadi kering.

2. Faktor Eksternal

cuaca panas
cuaca panas/pixabay

Jika terdapat bercak kulit yang terkelupas, mungkin saja kamu sedang berada di faktor lingkungan yang salah. Kekeringan yang meningkat ternyata dapat muncul di wajah setiap kali ada perubahan suhu maupun tingkat kelembaban.

Ketika kulit wajah mengalami kekurangan kelembaban maka akan mempengaruhi kulit dan membuatnya menjadi sangat kering, musim yang terlalu panas atau dingin dapat mempengaruhi kulit wajah. Selain itu, saat kamu mandi menggunakan air yang sangat panas atau mandi terlalu lama dapat menghilangkan minyak alami kulit dan membuatnya menjadi kering.

3. Kondisi Kulit

Ilustrasi wajah berminyak.
Tipsuntuk atasi kulit wajah berminyak. (Unsplash.com/Amanda Hortiz).

Kulit yang gatal dan kering merupakan sebuah masalah kulit yang umum dan sering dialami oleh seseorang yang memiliki kondisi kulit kronis, seperti eksim maupun psoriasis.

4. Obat-Obatan Tertentu

minum obat
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Have a nice day Photo

Setiap obat tentu memiliki efek samping yang berbeda-beda, ada beberapa obat yang mungkin memiliki efek penambah berat badan atau penurun berat badan. Ternyata efek samping dari obat dapat membuat kulit seseorang menjadi kering atau bahkan mengalami pengelupasan pada kulit.

Cara Perawatan Kulit Wajah Kering Mengelupas

4 Langkah Rawat Kulit Berminyak pada Malam Hari
Ilustrasi wajah berminyak (pexels.com/Ron Lach)
  • Oleskan Pelembab : Menggunakan pelembab yang tepat yaitu digunakan setelah mencuci wajah dan mengeringkannya, hal ini dapat membantu wajah mengunci kelembabpan.
  • Gunakan Pembersih yang Lembut : Mungkin kamu pernah menemukan beberapa pembersih yang memiliki tekstur lebih kasar, jauhi penggunaan pembrsih yang memiliki tekstur kasar dan gunakan yang bertekstur ringan dan bebas pewangi.
  • Keringkan Wajah dengan Lembut : Ternyata setelah mencuci wajah sangat dipelrukan untuk mengerinkan wajah dengan lembut, hal ini ternyata dapat membantu mencegah pengelupasan kulit.
  • Mandi Lebih Singkat : Mulai sekarang batasi waktu mandi, jangan lebih dari 10 menit, hal ini ternyata dapat mencegah kulit menjadi lebih kering. Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan air panas ketika mandi.
  • Perbanyak Air Putih : Minum yang cukup setiap hari ternyata dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan mencegah terjadinya pengelupasan.
  • Menggunakan Sunscreen : Apakah kamu sering menghindari step skincare satu ini? Selain penggunaan moisturizer yang penting ternyata sunscreen juga penting bagi kulit wajah karena dapat mencegah kerusakan dan pengelupasan.

Kulit wajah yang kering ternyata dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti produk perawatan, faktor genetik, obat, dan lainnya. Tetapi, kamu tak perlu khawatir meskipun hal ini membuat seseorang tidak percaya diri, perawatan kulit yang kering dapat kamu lakukan dengan mudah.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela