Sukses

Beauty

5 Hal yang Harus Dilakukan jika Muncul Stretch Mark

Fimela.com, Jakarta Stretch mark adalah kondisi pada kulit di mana kulit memiliki guratan atau garis berwarna putih, merah muda, merah atau bahkan ungu. Stretch mark biasanya muncul di bagian tubuh yang memiliki konsentrasi lemak lebih tinggi, seperti perut, lengan atas, paha, dan pantat. Ketika kulit mengalami peregangan dan tubuh berkembang lebih cepat dari pertumbuhan kulit, akan sangat wajar jika muncul stretch mark.

Stretch mark paling sering muncul pada perempuan hamil karena pada saat hamil, bagian tubuh, seperti perut, lengan atas, paha, pinggul, punggung, pantat, dan payudara akan meregang seiring dengan membesarnya tubuh dan bertambahnya berat badan. Namun, stretch mark juga bisa muncul pada remaja yang sedang mengalami pubertas yang berakibat pada kenaikan berat badan dan penimbunan lemak di bagian tubuh tertentu.

Stretch mark tidak hanya muncul pada perempuan saja, pertumbuhan yang pesat saat mengalami pubertas dan saat melakukan latihan angkat beban untuk pembentukan badan bisa menyebabkan pria mengalami stretch mark. Selain itu, penurunan berat badan juga bisa memunculkan stretch mark karena terjadi penurunan lemak secara drastis. Jika muncul stretch mark di bagian tubuhmu, jangan khawatir, berikut ini tips yang bisa dilakukan.

1. Gel Lidah Buaya

Produk kosmetik yang memiliki kandungan lidah buaya marak ditemui karena memiliki berbagai manfaat. Selain mendinginkan dan melembabkan kulit, lidah buaya juga membuat kulit tetap kenyal dan elastis, sehingga bisa membantu mengatasi stretch mark secara perlahan. Oleskan gel lidah buaya secara merata ke kulit yang muncul stretch mark, diamkan dan tunggu hingga meresap.

2. Campuran Minyak Zaitun dan Madu

Minyak zaitun efektif untuk menjaga kandungan air pada kulit sehingga kulit terasa lembab. Minyak zaitun juga berkhasiat untuk membantu regenerasi kulit yang rusak. Untuk memudarkan stretch mark, campurkan minyak zaitun dengan madu, lalu oleskan pada kulit yang muncul stretch mark. Tunggu hingga meresap, lalu bilas dengan air.

3. Madu

Madu bersifat antiseptik yang bisa meredakan gatal pada stretch mark. Madu juga bisa meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru yang bisa membantu mengurangi stretch mark. Cukup oleskan madu, tunggu hingga beberapa saat, kemudian bilas dengan air. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai scrub tubuh. Caranya, campurkan madu dengan gula atau garam dan gliserin, oleskan secara merata ke kulit, diamkan sebentar, gosok perlahan, lalu bilas dengan air. 

4. Putih Telur

Putih telur bisa membantu mengatasi stretch mark karena mengandung protein yang bisa meregenerasi sel-sel kulit baru dan meremajakan kulit. Cara mengaplikasikannya mudah, pisahkan putih telur dari kuningnya. Jika sudah, kocok putih telur. Oleskan pada kulit yang muncul stretch mark, tunggu hingga kering, kemudian bilas dengan air.

5. Lotion dan Body Butter

Lotion dan body butter ampuh untuk melembabkan dan mengencangkan kulit, serta membuat kulit kenyal. Mengoleskannya secara rutin bisa membantu mengatasi stretch mark. Caranya, oleskan lotion dan body butter, pijat perlahan, dan biarkan hingga meresap. Sebaiknya, oleskan lotion dan body butter setiap hari sehabis mandi dan sebelum tidur.

Sekian tips dari Fimela untuk mengatasi stretch mark. Jika muncul stretch mark pada bagian tubuhmu, jangan khawatir karena hal itu wajar terjadi. Lakukan tips di atas dan rawat tubuhmu dengan rajin mengoleskan pelembap dan minum banyak air putih.

Ditulis oleh: Aulia Oktafia Mahmudah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading