5 Penyebab Rambut Rontok Parah dan Cara Mengatasinya

Vania Al kautsar04 Jul 2022, 16:02 WIB
Diperbarui 04 Jul 2022, 16:08 WIB
Rambur Pendek - Vania

Fimela.com, Jakarta Kehilangan beberapa rambut atau rambut yang rontok merupakan masalah yang normal dan kerap terjadi. Akan tetapi, jika kita terlalu kehilangan banyak rambut terkadang akan sulit untuk mencari tahu apa saja penyebab nya. Sebagian besar, kerontokan rambut ringan yang kita alami merupakan sebuah tanda bahwa rambut akan tumbuh baru.

Ternyata kehilangan 100 helai rambut perhari merupakan hal yang sangat normal, selain itu rambut yang rontok juga dapat disebabkan oleh beberapa hal yang tidak kita Sadari seperti kunci rambut yang terlalu kencang atau tanda stres. Kerontokan rambut atau alopecia ternyata dapat mempengaruhi bagian kulit kepala bahkan seluruh tubuh.

Kerontokan rambut dapat turun Temurun seiring bertambahnya usia dan terkadang dapat menyebabkan masalah kebotakan. Tetapi meskipun bukan hal yang mengkhawatirkan kamu perlu melakukan perawatan, berikut beberapa penyebab rambut rontok yang paling parah dan cara mengatasinya yang dapat kamu lakukan:

1. Faktor Genetik

Rambut Panjang - Vania
Ilustrasi Rambut Panjang/https://unsplash.com/Suhyeon Choi

Kebotakan pada rambut biasanya terjadi pada seorang laki laki meskipun hal ini juga dapat terjadi oleh perempuan. Rambut rontok yang kita alami ternyata dapat disebabkan oleh faktor genetik, mungkin saja ibu, atau nenek kamu dahulu sering mengalami hal ini.

Rambut rontok akibat faktor genetik terkadang sulit untuk melakukan perawatan tetapi, ada baiknya jika kamu melakukan perawatan agar rambut rontok yang kamu alami tidak semakin parah.

2. Melahirkan

Hamil - Vania
Ilustrasi Hamil/https://unsplash.com/Alicia Petresc

Biasanya rambut yang tumbuh akan melewati tiga tahap kehidupan yaitu yang pertama fase pertumbuhan kemudian yang kedua fase transisi ketika pertumbuhan berhenti tetapi rambut tidak rontok, dan yang ketiga adalah fase istirahat. Saat rambut berada di fase ketiga atau istirahat ini maka rambut akan rontok.

Akan tetapi, beberapa perempuan setelah melahirkan akan mengalami pertumbuhan rambut yang cepat daripada biasanya hal inilah yang kemungkinan membuat mereka lebih sering mendapatkan rambut rontok selain itu hal ini juga berkaitan dengan hormon estrogen yang buat rambut mereka cepat tumbuh dan rontok.

3. Kekurangan Nutrisi

Makan - Vania
Ilustrasi Makan/https://unsplash.com/Helena Lopes

Memiliki rambut yang lebat dan pergi Lau tentu membutuhkan nutrisi yang cukup untuk kesehatan rambut. Ternyata kekurangan zat besi, vitamin B3, dan protein dapat membuat rambut cepat rontok hal ini juga sering berkaitan dengan masalah rambut. Untuk mengatasi hal ini mungkin kamu dapat periksa ke dokter agar mendapatkan nutrisi yang tepat untuk masalah rambut rontok yang kamu alami.

4. Obat-Obatan

Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri
Ilustrasi Obat Pereda Nyeri Credit: pexels.com/pixabay

Beberapa obat dapat menyebabkan kerontokan yang kronis, selain itu makan sup si obat obatan tertentu dapat memberikan efek samping yang berbeda. Seperti halnya beberapa obat obatan yang dikhususkan untuk tekanan darah tinggi, kanker, dan Depresi dapat menyebabkan masalah kerontokan rambut. Jika obat yang kamu konsumsi menyebabkan kerontokan rambut ada baiknya kamu untuk menanyakan ke dokter terlebih dahulu.

5. Stres

Stres
Ilustrasi Stres Credit: pexels.com/Anna

Saat ada hal atau pekerjaan yang buat kamu stress bahkan berhari-hari ternyata masalah satu ini dapat membuat penghentian sementara pertumbuhan rambut karena tubuh menggunakan sumber dayanya untuk membantu melewati masalah yang sedang kamu hadapi. Beberapa orang yang mengalami masalah rambut rontok sering disebabkan oleh stres yang mereka alami.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah

Rambut - Vania
Ilustrasi Rambut/https://unsplash.com/Element5 Digital
  • Mengkonsumsi Protein : Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan asam Amino yang tinggi ternyata dapat mengatasi kerontokan rambut yang kamu alami.
  • Mengkonsumsi Suplemen Multivitamin : Vitamin ternyata dapat membantu rambut untuk mencegah kerontokan, selain itu ada beberapa peran penting bagi vitamin dan mineral di dalam tubuh untuk mencegah masalah satu ini.
  • Diet : Mengkonsumsi beberapa makanan dan minuman serta mengatur pola makan dengan baik atau mengikuti diet ternyata dapat mengalami penurunan risiko dari alopecia atau kebotakan pada laki-laki.
  • Menggunakan Minyak Kelapa : mengoleskan minyak kelapa ke kulit dapat memperkuat rambut dan menghindari kerontokan akibat kerusakan.

Itulah beberapa penyebab kerontokan rambut yang parah dan kerap terjadi oleh banyak laki laki maupun perempuan, selain itu kamu dapat mencoba beberapa peralatan untuk mengatasi kerontokan rambut yang kamu alami.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela