Sukses

Beauty

7 Penyebab Wajah Berminyak dan Kusam yang Sering Menjadi Masalah Banyak Perempuan

Fimela.com, Jakarta Pernah memperhatikan apa jenis kulit yang kamu miliki? Setiap orang tentu memiliki jenis kulit yang berbeda dan beberapa masalah pada kulit wajah mereka. Mungkin wajah yang berminyak dan kulit kusam menjadi paket lengkap suatu masalah pada kulit wajah yang mereka miliki.

Minyak pada kulit wajah merupakan hal normal, ini terjadi pada setiap pori-pori adalah kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak alami dan disebut sebagai sebum. Tentu minyak ini dapat menjaga kulit terhidrasi dan sehat, tetapi beberapa orang ada yang sering mengalami minyak berlebih pada wajah dan menghasilakan wajah yang berminyak.

Selanjutnya wajah yang berminyak terkadang menampakkan bagian lainnya yang kurang bercahaya atau mungkin membuat kamu terlihat kusam. Beberapa masalah pada kulit wajah memang sangat normal terjadi pada banyak perempuan, berikut beberapa penyebab kulit berminyak dan kusam yang sering terjadi:

1. Usia

Meskipun kamu memiliki masalah kulit berminyak sejak muda tetapi, seiring bertambahnya usia kulit akan menghasilkan sedikit sebum. Kulit yang menua akan kehilangan protein seperti kolagen dan kelejar sebaceous yang melambat.

Hal inilah mengapa banyak orang yang memiliki kulit yang menua juga memiliki masalah pada kulit yang kering, selain itu seseorang yang berumur akan memiliki garis-garis halus serta kerutan yang terlihat karena kekurangan kolagen dan sebum.

Hal inilah mengapa sangat dibutuhkan wajah yang menghasilkan minyak, tetapi beberapa orang lain terkadang tetap akan memiliki masalah kulit berminyak meskipun seiring bertambahnya usia.

2. Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Salah

Kulit berminyak dan kusam juga dapat disebabkan oleh beberapa produk jenis perawatan yang kurang tepat untuk jenis kulit yang kita miliki. Beberapa orang yang memiliki masalah kulit berminyak terkadang dapat terjadi karena mereka terlalu banyak mengoleskan krim atau mencampurkan beberapa produk secara bersamaan.

Sebelum memilih dan menggunakan produk perawatan kulit, ada baiknya untuk mengetahui jenis kulit yang kamu miliki dan masalah yang sedang kamu hadapi pada kulit agar penggunaan produk perawatan dapat bekerja dengan baik.

3. Melakukan Rutinitas Perawatan Kulit Secara Berlebihan

Tak hanya penggunaan produk perawatan wajah yang dapat memperburuk keadaan dan masalah pada kulit, melakukan beberapa rutinitas perawatan kulit secara berlebihan terkadang dapat memperburuk keadaan kulit.

Seperti saat kamu terlalu sering mencuci muka atau melakukan eksfoliasi juga bisa membuat kulit berminyak atau justru kusam, kamu hanya perlu mencuci wajah dua kali sehari untuk mencegah minyak berlebih.

4. Dehidrasi

Jika kamu tidak cukup air, maka kemungkinan akan merasakan beberapa permasalah pada kulit wajah. Ternyata minum cukup air dapat memberikan pengaruh yang baik untuk kesehatan kulit yang kita miliki, selain itu minum banyak air dapat membantu meningkatkan hidrasi dari bawah permukaan kulit.

5. Melewatkan Moisturizer

Apakah kamu jarang melakukan perawatan menggunakan produk moisturizer? Mungkin kamu pernah mendengar bahwa moisturizer dapat membuat kulit wajah menjadi berminyak. Padahal kulit wajah membutuhkan kelembaban agar tehindar dari kulit kering, daripada kamu tidak menggunakan pelembab sama sekali ada baiknya untuk menemukan jenis pelembab yang tepat.

6. Penumpukan Sel Kulit Mati

Kulit tentu akan melepaskan sel-sel mati secara teratur untuk memberi jalan bagi sel-sel baru, terkadang beberapa sel yang mati tidak terlepas sebagaimana mestinya. Justru mereka akan membangun permukaan kulit, dan menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, berisik, atau terkadang tidak merata.

7. Faktor Lingkungan

Kulit yang kering juga dapat terlihat kusam dan tidak bercahaya, hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor terutama faktor lingkungan. Saat kita berada atau tinggal di tempat yang dingin dan kering serta memiliki kelembapan yang rendah, maka dapat membuat wajah menjadi kusam.

Cara Mengatasi Kulit Berminyak dan Kusam

Kulit yang berminyak dan kusam terkadang dapat terjadi dan sangat kompleks, meskipun hal ini membuat banyak orang tidak percaya diri tetapi kamu tak perlu khawatir karena dapat mengatasi hal ini dengan beberapa cara seperti di bawah ini:

  • Menggunakan serum wajah yang tepat.
  • Apply sunscreen setiap 3 jam sekali.
  • Menggunakan moisturizer dengan kandungan yang ringan dan cocok di kulit.
  • Cukup minum air putih.
  • Gunakan facemask yang tepat, terutama sebelum tidur.

Kulit yang berminyak dan kusam tentu membuat banyak orang tidak percaya diri, meskipun mereka menutupinya menggunakan make up terkadang justru dapat membuat riasan make up memiliki hasil yang crake. Untuk itu kamu dapat mengubah gaya hidup atau pola makan yang teratur, selain itu jangan lupakan untuk rutinitas perawatan kulit wajah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading