Selain Eksfoliasi, Ini Cara Menghilangkan Jerawat Punggung

Fimela Reporter07 Jul 2022, 10:45 WIB
Diperbarui 07 Jul 2022, 10:45 WIB
Masalah terbesar wanita yaitu ketika jerawat mulai muncul. 

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah kondisi pada kulit di mana terjadi benjolan kecil berwarna agak kemerahan yang biasanya muncul pada area wajah. Jerawat juga bisa muncul pada area leher, dada, perut, dan punggung. Jerawat berisi sebum atau minyak dan kulit mati. Tetapi jika jerawat sudah meradang akan berisi nanah berampur bakteri.

Memakai pakaian ketat, sehingga keringatnya membasahi punggung bisa sebabkan jerawat punggung. Selain itu, tidak langsung mengganti baju setelah olahraga dan kurang menjaga kebersihan tempat tidur juga bisa memunculkan jerawat punggung.

Sama seperti jerawat wajah, jerawat punggung akan menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyaman yang sama. Jerawat pada punggung juga bisa menyebabkan kepercayaan diri menurun karena tidak bisa memakai pakaian tertentu. Mau tahu cara menghilangkan jerawat punggung? Berikut tips menghilangkan jerawat punggung yang bisa diikuti.

1. Jaga Kebersihan Tubuh

perempuan mandi
Mandi dua kali sehari untuk menjaga kebersihan tubuh/Shutterstock.com/Mix and Match Studio

Menjaga kebersihan tubuh penting dilakukan baik saat muncul jerawat maupun tidak. Menjaga kebersihan tubuh bisa dilakukan dengan mandi setidaknya dua kali sehari agar minyak dan keringat yang menempel pada kulit bisa dibersihkan. Jika tidak dibersihkan, akan terjadi penumpukan kotoran dan penyumbatan pori-pori yang bisa merangsang pertumbuhan jerawat di punggung.

2.Eksfoliasi Tubuh

menjaga kebersihan diri
Eksfoliasi tubuh dengan scrub lembut/copyright by eggeegg (Shutterstock)

Jika jerawat sudah muncul di punggung, apalagi membandel, menjaga kebersihan tubuh dengan mandi saja tidak cukup. Kotoran yang menumpuk tidak bisa langsung hilang hanya dengan mandi pakai sabun. Perlu melakukan eksfoliasi dua sampai tiga kali seminggu. Jangan lebih dari itu karena kulit bisa memerah dan iritasi. Pastikan juga untuk memilih scrub yang lembut dan jangan menggosok tubuh terlalu keras. Dengan melakukan eksfoliasi, jerawat di punggung dan bekasnya pelan-pelan akan hilang.

3. Kenakan Pakaian Longgar

perempuan baju merah
Pakaian longgar dan nyaman/copyright by Look Studio (Shutterstock)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pakaian ketat akan membuat keringat menempel ke tubuh, sehingga jerawat mudah terbentuk. Selain lebih nyaman ketika dikenakan, pakaian yang longgar akan membuat kulit bisa bernapas dengan baik, pori-pori tidak tersumbat, dan jerawat pun tidak terbentuk.

4. Kompres Air Hangat

Gambar Ilustrasi Wanita Menepuk Wajahnya Dengan Handuk Setelah Mencuci Muka
Mengompres dengan air hangat menggunakan handuk/Sumber: Freepik

Mengompres punggung dengan air hangat bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat punggung. Hal ini karena suhu air hangat bisa membuka pori-pori kulit dan memudahkan jerawat keluar. Caranya, basahi kain atau handuk dengan air hangat, letakkan pada punggung selama 15-20 menit sampai jerawat punggung keluar dengan sendirinya. Ulangi cara ini sampai jerawat punggung menghilang.

5. Ikat Rambut

5.       High Bun
Mengikat rambut dengan tatanan rambut cepol (Instagram/naura.ayu).

Cara ini mungkin tidak terpikirkan bagi kebanyakan orang. Rambut panjang yang menutupi punggung bisa memunculkan jerawat dan bahkan bisa semakin memperparah jerawat yang sudah ada. Hal ini karena rambut mengandung minyak, ditambah debu dan kotoran yang menempel di rambut, apabila terurai di punggung bisa dengan mudah memicu jerawat.

Itulah beberapa tips menghilangkan jerawat punggung yang bisa diikuti, semoga membantu.

Ditulis oleh: Aulia Oktafia

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela