Sukses

Beauty

Jangan Asal Pakai, Pemilik Kulit Sensitif Wajib Hindari 4 Kandungan Skincare Ini

Fimela.com, Jakarta Melakukan perawatan kulit memang jadi sebuah kebutuhan untuk perempuan yang ingin menjaga penampilannya agar tetap sehat dan glowing. Banyak jenis skincare yang sedang trending dan sering bikin ingin mencoba. Tapi, bagi pemilik kulit sensitif sebaiknya hindari coba-coba skincare tanpa mengenali kandungannya dengan baik. Salah pakai skincare, bisa-bisa malah bikin iritasi atau masalah kulit lainnya.

Jadi, penting bagi pemilik kulit sensitif untuk mengenal jenis skincare apa saja yang sebaiknya dihindari demi kulit cantik dan terawat. Apa saja sih?

Benzoil Peroksida

Kandungan yang satu ini sebenarnya merupakan senyawa kimia yang punya manfaat untuk mengatasi jerawat dengan ampuh. Sayangnya, bahan tersebut nggak disarankan untuk pemilik kulit sensitif yang memiliki jerawat. Konsentrasinya yang cukup keras pada skin barrier bisa memberikan efek samping pada kondisi kulit secara menyeluruh.

Kandungan tersebut bisa membuat lapisan kulit jadi kering seluruhnya. Jika terus digunakan, hal tersebut bisa menyebabkan kondisi kulit pecah-pecah, mengelupas, hingga iritasi. Jadi, sebaiknya hindari penggunaan produk dengan kandungan Benzoil Peroksida.

Asam Glikolat

Dikenal juga dengan istilah glycolic acid, kandungan ini sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kulit. Skincare dengan bahan tersebut dapat membantu mencerahkan wajah, meratakan warna kulit, memudarkan bekas jerawat, hingga melawan tanda penuaan dini.

Sayangnya, penggunaan asam glikolat pada kulit sensitif bisa memicu masalah lain pada kulit. Gejala kemerahan, gatal, hingga iritasi bisa dialami oleh mereka yang memiliki kulit sensitif. Jadi, disarankan untuk menghindari bahan yang satu ini, kecuali sudah berkonsultasi dengan dokter.

Chemical Sunscreen

Penggunaan sunscreen memang dibutuhkan untuk memberikan perlindungan kulit dari paparan sinar UV. Ada berbagai jenis sunscreen yang beredar, salah satunya adalah chemical sunscreen atau sunscreen dengan kandungan kimia yang lebih banyak di dalamnya.

Formula tersebut sebenarnya merupakan bahan aktif yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, efek sampingnya bisa dialami oleh pemilik kulit sensitif, salah satunya iritasi. Disarankan pemilik kulit sensitif sebaiknya menggunakan jenis mineral sunscreen saja.

Sulfat

Kandungan yang satu ini sebenarnya sudah banyak digunakan pada produk sabun atau sampo, yaitu formula yang dapat menimbulkan busa dan memberikan efek membersihkan kulit secara maksimal. Sayangnya, sulfat memberikan efek yang kurang baik pada pemilik kulit sensitif.

Kandungan yang bekerja membersihkan dengan total tersebut memberikan efek kulit yang jadi gatal, mengikis kelembapan alaminya, kering, hingga iritasi. Jadi, sebaiknya hindari penggunaan produk sabun atau sampo yang mengandung sulfat.

Dengan mengenal bahan apa saja yang boleh dan apa yang tidak boleh digunakan, perawatan wajah akan semakin maksimal sehingga kesempatan mendapatkan hasil yang diharapkan akan semakin besar. Jadi, sudahkah kamu memperhatikan kandungan skincare yang digunakan, Sahabat Fimela?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading