Sukses

Beauty

Mengenal Istilah Skin Brightening vs Skin Lightening dalam Produk Kecantikan, Cek yang Paling Dibutuhkan Kulit!

Fimela.com, Jakarta Sering mendengar label skin brightening dan skin lightening dalam produk kecantikan? Sekilas mungkin terdengar sama karena sama-sama memiliki tujuan untuk mencerahkan kulit. Tapi, ternyata keduanya memiliki perbedaan, lho!

Serupa tapi tak sama, ada perbedaan cara kerja produk yang memiliki kandungan skin brightening dengan yang mengandung skin lightening. Cek dulu dan temukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit, yuk!

Skin Brightening

Skin brightening merupakan istilah yang merujuk pada proses perawatan kulit yang terlihat kusam, lelah, dan kurang bercahaya jadi lebih fresh dan glowing. Teknik yang biasa digunakan untuk skin brightening adalah eksfoliasi, yaitu dengan mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat.

Penumpukan sel kulit mati memang jadi salah satu penyebab kondisi kulit kusam. Seiring usia yang bertambah, regenerasi sel kulit yang baru akan mengalami perlambatan sehingga kamu perlu merangsangnya dengan produk perawatan kulit yang tepat. Ada beberapa produk perawatan kulit yang bisa mendukung proses skin brightening, apa saja? 

1. Scrub

Salah satu cara klasik, tapi cukup ampuh untuk mendorong proses regenerasi kulit dan skin brightening adalah eksfoliasi kulit dengan scrub. Butiran halus scrub tersebut dapat membuka pori-pori yang tersumbat sekaligus mengangkat sel kulit mati yang menempel di lapisan kulit terluar.

2. AHA dan BHA

Alpha Hydroxy Acid (AHA) merupakan produk chemical exfoliants yang lagi jadi favorit beberapa waktu belakangan ini. Kandungannya bekerja masuk lebih dalam ke lapisan kulit, sehingga memberikan hasil eksfoliasi yang lebih maksimal dibandingkan scrub. Sementara itu, Beta Hydroxy Acids (BHA) juga bekerja seperti AHA, hanya saja lebih cocok digunakan oleh pemilik kulit berminyak dan berjerawat.

3. Vitamin C

Kandungan vitamin C banyak digunakan dalam produk-produk yang memiliki klaim Skin Brightening. Formulanya memang terbilang ampuh karena mengandung antioksidan yang dapat memberikan perlindungan kulit dari polusi dan radikal bebas. Selain itu, vitamin C di dalamnya nggak hanya bisa mencerahkan kulit, tapi juga membantu mengatasi tanda penuaan dini.

4. Retinoid

Retinoid, senyawa yang mengandung vitamin A, memang dikenal dengan manfaatnya untuk meningkatkan regenerasi sel. Dengan hadirnya sel kulit yang baru, kulit bisa terlihat lebih cerah. Selain itu, kandungan ini juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang menjaga kulit tetap elastis serta elastin untuk menjaganya tetap terhidrasi dengan baik.

Skin Lightening

Biarpun terlihat sama, tapi sebenarnya cara kerja produk skin lightening cukup berbeda. Kandungan skin lightening memiliki karakter mengatasi hiperpigmentasi yang disebabkan oleh produksi melanin berlebihan, meratakan warna kulit, hingga membuat kulit terlihat lebih cerah. Jadi, apa saja bahan-bahan yang mendukung skin lightening?

1. Licorice

Untuk pemilik kulit sensitif yang ingin mencerahkan kulit, licorice adalah kandungan yang tepat. Formula tersebut menghambat proses sintesis melanin yang bekerja untuk mencerahkan kulit tanpa menyebabkan iritasi.

2. Mulberry

Kandungan ekstrak mulberry menjadi salah satu yang cukup populer beberapa waktu belakangan ini. Formulanya tergolong lembut dan tidak menyebabkan iritasi, cocok untuk pemilik kulit sensitif. Kandungan tersebut bekerja untuk mengurangi tampilan hiperpigmentasi seperti melasma, flek hitam, hingga warna kulit yang terlihat belang.

3. Azelaic Acid

Kandungan azelaic acid bekerja dengan menghambat produksi melanin dengan menargetkan langsung pada sel yang memproduksi pigmen kulit. Formula tersebut banyak digunakan dalam produk skincare kekinian yang populer di kalangan beauty enthusiast.

Jadi, sudah tahu kan bedanya skin brightening vs skin lightening? Dengan mengenali kondisi kulit, kamu bisa lebih mengetahui formula mana yang paling dibutuhkan kulit. Selamat melakukan perawatan wajah, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading