5 Tips Memperbarui Rutinitas Perawatan Kulit saat Cuaca Panas

Annissa Wulan15 Agu 2022, 10:30 WIB
Diperbarui 15 Agu 2022, 10:30 WIB
5 Tips Memperbarui Rutinitas Perawatan Kulit saat Cuaca Panas

Fimela.com, Jakarta Cuaca panas memberi banyak tekanan pada kulit, mulai dari panas, kelembapan yang tinggi, dan keringat. Kamu mungkin mendapati kulit menjadi lebih berminyak, karena kelembapan yang tinggi menyebabkan tubuh memproduksi keringat agar tetap dingin.

Atau karena penumpukan keringat, sunscreen, kotoran, dan residu lingkungan yang lebih banyak, jerawat jadi lebih banyak muncul. Tapi penyebab terburuknya ada pada matahari.

Melanosit di dalam sel kulit diaktifkan oleh sinar UV dan membuat bintik-bintik hitam. Dilansir dari huffpost.com, berikut ini adalah beberapa tips memperbarui rutinitas perawatan kulit saat cuaca sedang panas.

1. Jangan pernah melewatkan sunscreen

Hal terpenting yang harus dilakukan untuk kulit saat cuaca panas adalah menggunakan sunscreen dengan SPF yang tinggi. Aplikasikan setiap dua jam sekali saat sinar UVB memiliki intensitas yang lebih tinggi di cuaca yang panas.

 

2. Mengatasi jerawat yang muncul karena cuaca panas

5 Tips Memperbarui Rutinitas Perawatan Kulit saat Cuaca Panas
Simak di sini beberapa cara memperbarui rutinitas perawatan kulit saat cuaca panas.

Panas dan kelembapan yang tinggi bisa memicu kelenjar sebaceous untuk mengeluarkan minyak. Kulit berminyak dan berkeringat bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Gunakan pembersih dengan exfoliator kimia seperti BHA persentase rendah atau AHA untuk mencegah jerawat, tanpa mengelupas kulit.

3. Mengganti rutinitas perawatan kulit di malam hari

Retinol pada dasarnya adalah standar emas dalam produk perawatan kulit anti penuaan dan walaupun bagus untuk pengelupasan dan memperbaiki tekstur kulit, ini membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Gunakan retinol hanya di malam hari untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Atau masukkan peptida untuk membantu mendukung produksi kolagen. Sinar UV bertanggung jawab atas 90% photoaging, yang menyebabkan kerusakan kolagen yang mengakibatkan garis-garis halus dan kerutan.

 

4. Menggunakan spray mist

5 Tips Memperbarui Rutinitas Perawatan Kulit saat Cuaca Panas
Simak di sini beberapa cara memperbarui rutinitas perawatan kulit saat cuaca panas.

Spray mist bisa berfungsi ganda sebagai hydrating toner dan mist yang mendinginkan, menyegarkan, dan melembapkan wajah secara instan saat cuaca sedang panas.

5. Gunakan pelembap dengan kandungan asam hialuronat

Cari produk pelembap yang berbasis air, atau mengandung asam hialuronat, karena ini sangat bagus di cuaca panas.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela