Sukses

Beauty

4 Penyebab Rambut Rontok dan Ketombe yang Bikin Tak Percaya Diri

Fimela.com, Jakarta Rambut ketombe ternyata tidak menyebabkan kerontokan rambut, akan tetapi mungkin keduanya dapat berkaitan. Hal ini terkadang dapat terjadi karena adanya infeksi dan kondisi medis yang membuat rambut mengalami ketombe dan kerontokan.

Ketombe dan rambut rontok tentu sering terjadi oleh setiap perempuan, hal ini sering menjadi permasalah umum banyak perempuan. Tentu rambut ketombe dan rontok dapat membuat tidak nyaman dan tidak percaya diri.

Seseorang dengan rambut ketombe mungkin akan kehilangan rambut, terutama jika ketombenya bertambah parah. Ketombe yang parah ternyata dapat menyebabkan kerusakan dan membuat rambut rontok, berikut beberapa penyebab rambut rontok dan ketombe yang sering mengganggu:

1. Infeksi Jamur

Tinea capitis atau kurap ternyata dapat menyebabkan rasa gatal yang bikin tak nyaman di area kulit, selain itu beberapa orang terkadang akan merasakan adanya serpihan atau lepuh kering yang membuat rambut rontok dan gumpalan seperti ketombe. Beberapa infeksi jamur lainnya juga dapat menyebabkan gejala ketombe dan menyebabkan rambut rontok.

2. Psoriasis Kulit Kepala

Psoriasis merupakan salah satu kondisi autoimun yang dapat mempengaruhi kulit kepala dan menyebabkan adanya bercak gatal serta bersisik dan berkembang. Seseorang yang mengalami psoriasis kulit kepala biasanya akan meningkatkan ketombe dan mengalami beberapa masalah rambut lainnya.

3. Folliculitis Decalvans

Kondisi satu ini merupakan sebuah peradangan yang dapat menghancurkan folikel rambut serta menyebabkan adanya bercak merah dan gatal yang mengembang di area kulit kepala. Seseorang yang memiliki ketombe terkadang akan merasakan gatal di area tertentu.

4. Dermatitis Serboik

Dermatitis serboik sendiri dapat mempengaruhi bagian tubuh manapun dan terkadang dapat mempengaruhi kulit kepala. Seseorang yang memiliki dermatitis serboik terkadang akan merasakan ruam bersisik atau merah yang gatal. Jika tidak segera diobati ternyata dapat merusak folikel rambut.

Cara Mencegah Rambut Rontok Akibat Ketombe

Mencegah kerontokan rambut akibat ketombe tidaklah susah, kamu perlu menghilangkan rasa gatal karena ketombe. Berikut beberapa cara untuk mencegah rambut rontok akibat ketombe yang mungkin kamu alami:

  • Gunakan sahampo yang tepat.
  • Gunakan conditioner sebagai pelembab rambut.
  • Hindari produk yang mengiritasi.
  • Mengelola stress.

Memiliki ketombe tidak selalu membuat rambut rontok akan tetapi, jika kamu terus menerus menggaruk kulit kepala dapat merusak bagian folikel rambut dan enyebabkan kerontokan rambut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading