Sukses

Beauty

5 Cara Menggunakan Sunscreen yang Tepat, Simak Langkahnya Berikut Ini

Fimela.com, Jakarta Seberapa banyak harus mengaplikasikan sunscreen yang tepat, dan bagaimana cara yang benar? Simak caranya berikut ini. Tak hanya harus dirawat, namun kulit juga harus dilindungi. Cara utama dan tak boleh terlewatkan dalam melindungi kulit adalah dengan selalu menggunakan sunscreen di siang hari agar kulit terproteksi dari bahayanya paparan sinar UV yang dapat merusak kulit. 

Meskipun terdengar sederhana, namun penggunaan sunscreen tidak boleh disepelekan. Bahkan,  pengaplikasiannya juga tidak sembarangan, ada cara tertentu yang harus dipahami untuk menggunakan sunscreen yang benar, agar formulanya bisa memproteksi secara optimal. Simak selengkapnya berikut ini. 

1. Formula sunscreen minimal SPF 3O

Pastikan kamu memakai sunscreen sesuai jenis kulit. Untuk kadar SPF yang dipakai dianjurkan minimal 30. SPF 30 bisa memberi perlindungan 97 persen akibat UVB. Begitu juga dengan kadar SPF yang lebih tinggi tingkatannya seperti SPF 50, berarti dapat memproteksi hingga 98 persen. Semakin tinggi level SPF yang digunakan maka semakin tinggi efektivitasnya.

 

2. Gunakan sebelum beraktivitas

Menurut American Academy of Dermatology, sunscreen membutuhkan waktu cukup lama untuk menyerap ke dalam lapisan kulit. Oleh sebab itu, usahakan untuk memakai sunscreen setidaknya 1- 30 menit sebelum beraktivitas. 

3. Digunakan setelah moisturizer

Cara lain yang harus diketahui untuk menggunakan sunscreen adalah harus dipakai setelah moisturizer.Sunscreen diaplikasikan pada lapisan teratas kulit yang lebih mudah terpapar sinar matahari.

 

4. Ulangi penggunaan sunscreen

Penggunaan susncreen juga sebaiknya diulang. Re-apply sunscreen dilakukan setiap dua jam sekali. Saat memakai makeup, kamu juga bisa mengaplikasikan kembali sunscren di atas makeup, sehingga kulit terlindungi sepanjang hari. 

5. Pakai secukupnya

Gunakan sunscreen secukupnya untuk melindungi kulit. Jumlah yang disarankan untuk melindungi kulit adalah dua ruas jari. Jangan lupa untuk pilih sunscreen yang sesuai jenis kulit, sehingga mampu memproteksi kulit dengan baik. 

 

 

 

Cara Memilih Sunscreen

1. Gunakan Sunscreen dengan Label Broad Spectrum

Untuk mencegah kulit iritasi, terasa gatal, terbakar dan kulit mengelupas, Sahabat Fimela harus memilih produk sunscreen yang tepat. Sebaiknya gunakan sunscreen yang memiliki label broad spectrum. Sunscreen ini berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB, agar skin barrier pada kulit kering tidak rusak.

2. Bertekstur Ringan dan Mudah Meresap

Sunscreen yang baik digunakan untuk kulit kering, adalah sunscreen yang memiliki tekstur lotion atau krim. Sunscreen ini formulanya ringan dan mudah meresap masuk ke dalam kulit. Sehingga dapat memperbaiki kulit kering dengan cepat.

3. Memiliki Kandungan yang Melembapkan

Cara memilih sunscreen yang selanjutnya adalah sunscreen yang memiliki kandungan bahan aktif. Bahan aktif yang cocok untuk kering yaitu memiliki fungsi untuk melembapkan kulit. Kandungan yang tepat adalah centella asiatica, aloe vera, glycerin dan hyaluronic acid.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading