Cara Mengatasi Kulit Kepala Berminyak

Anisha Saktian Putri05 Agu 2022, 17:30 WIB
Diperbarui 05 Agu 2022, 17:30 WIB
Kulit Kepala Jadi Gatal

Fimela.com, Jakarta Kulit kepala memiliki minyak atau sebum uang dapat membantu melindungi dan mendukung kesehatan rambut. Namun, beberapa orang mungkin termasuk sahabat Fimela memiliki kulit berminyak berlebih atau tidak normal. 

Tentu kulit kepala berminyak berlebih akan terasa mengganggu, seperti mudahnya ketombe bersarang. Bahkan mungkin merupakan tanda dari gangguan kulit. 

Melansir healthline, sebeneranya ada beberapa faktor mengapa  kulit kepala berminyak, seperti dermatitis seboroik yang merupakan suatu kondisi yang mengiritasi dan meradang kulit.  Area kulit merah muda dan bersisik berkembang di area dengan banyak kelenjar minyak, termasuk kulit kepala.  Ini juga dikenal sebagai ketombe.

Lalu masalah kulit seperti eksim dan psoriasis dapat menyebabkan bercak merah dan bersisik muncul di kulit kepala.  Kedua kondisi ini merupakan gangguan yang berhubungan dengan disfungsi imun. Atau bisa juga karena  genetika.

Nah, untuk mengatasainya bisa dengan perawatan di rumah menggunakan bahan-bahan natural hingga menggunakan shampoo atau obat khusus. Ingatlah bahwa bukti untuk pengobatan rumahan ini sebagian besar bersifat anekdot.  Hasil mungkin berbeda.

Saran ini tidak menggantikan terapi pengobatan konvensional. Jika kulit kepala berminyak tidak kunjung mereda, baiknya berkonsulitasilah dengan dokter.

Perawatan alami

Ini Dia 5 Penyebab Kulit Kepala Gatal (Vladimir Gjorgiev/Shutterstock)
Ini Dia 5 Penyebab Kulit Kepala Gatal (Vladimir Gjorgiev/Shutterstock)

Minyak ikan

Data menunjukkan bahwa minyak ikan dapat membantu mengatasi munculnya ketombe yang dapat menyebabkan kulit kepala berminyak. Ini biasanya dijual sebagai suplemen makanan oral. Banyak orang menggunakan minyak ikan untuk potensi manfaatnya bagi sistem kekebalan dan jantung.

Lidah buaya

Lidah buaya adalah obat alami lain untuk ketombe yang didukung oleh penelitian lama. Penggunaannya mungkin berasal dari potensinya untuk mengontrol peradangan yang mengarah ke flare-up. Cobalah gel lidah buaya langsung gunakan pada kulit kepala.

Tea tree oil

Minyak pohon teh adalah antiseptik yang dapat membantu mengendalikan penumpukan bakteri dan jamur. Penumpukan ini dapat menyebabkan jerawat atau munculnya beberapa kondisi kulit kepala.

Encerkan minyak pohon teh dengan minyak pembawa, seperti kelapa atau minyak zaitun, dan taruh beberapa tetes di daerah yang terkena.

Pemilihan shampo

Pemilihan shampo
Pemilihan shampo, credit: unspplash erick

Berikut adalah beberapa bahan utama yang digunakan dalam sampo efektif untuk kulit kepala berminyak:

air (sebagai dasar untuk formula sampo), natrium lauril sulfat, benzoil peroksida, selenium sulfida, natrium sulfasetamid, ketoconazole

Kapan harus ke dokter?

Temui dokter jika telah mencoba satu atau lebih perawatan di rumah tanpa hasil, atau jika melihat gejala baru atau yang memburuk setelah memulai rencana perawatan di rumah.

Dokter mungkin meresepkan sampo atau larutan dengan kekuatan resep. Kondisi kronis mungkin memerlukan obat lain. Untuk kondisi kulit atau kelainan genetik tertentu, temui dokter kulit untuk perawatan.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela