Sukses

Beauty

How To: Perawatan Rutin Menyehatkan dan Menebalkan Alis dengan Minyak Kemiri

Fimela.com, Jakarta Salah satu cara untuk menjaga kesehatan alis meskipun dihadapkan pada banyak proses sehingga tetap sehat dan tebal, yaitu menggunakan minyak kemiri. Minyak kemiri telah dikenal memiliki banyak khasiat untuk bidang kecantikan, termasuk dalam perawatan alis, membuatnya tetap terhidrasi, dan tebal.

Memiliki alis rapi, simetris, dan penuh menjadi idaman banyak perempuan. Namun, tidak semua orang bisa memperoleh privilege alis seperti ini secara natural. Mengutip dari Femina.in, fokus akan pentingnya alis dalam menunjang tampilan membuat pasar banjiri produk baru dan inovatif yang membantu alis terlihat lebih menarik.

Banyak cara dilakukan demi keindahan alis, mulai dari menggambar alis, mencukur, hingga treatment yang membuat alis lebih penuh dan terlihat alami. namun, cara-cara ini tidak jarang membuat rambut alis rontok dan menipis. Karena itu, minyak kemiri bisa menjadi alternatif rumahan untuk menjaga kesehatan rambut alis dan membuat alis lebih tebal.

Apa itu minyak kemiri?

Kemiri (Aleurites moluccanus), atau kukui seperti yang disebut di Hawaii, adalah spesies kacang pohon yang berasal dari wilayah Indo-Malaysia. Tumbuh baik di daerah tropis yang hangat dan banyak digunakan dalam masakan Indonesia dan Malaysia.

“Minyak kacang Kukui telah dikenal di budaya Hawaii dan Polinesia karena efeknya yang menguntungkan pada rambut. Ini adalah pokok dalam rutinitas perawatan rambut untuk pria dan wanita di pulau-pulau,” ujar Ahli kosmetologi Ghanima Abdullah, dikutip dari Stylecraze.com.

Kemiri sendiri memiliki banyak manfaat, salah satunya yang telah diakui selama berabad-abad memberikan manfaat pada kecantikan kulit dan rambut sehat dan berkilau. kandungan dalam kemiri yakni, vitamin C dan D yang membuat rambut lebih indah dan lebat.

Manfaat minyak kemiri untuk rambut alis

Minyak kemiri memiliki banyak kandungan yang bermanfaat menjaga keindahan dan kesehatan alis. Berikut manfaat dari minyak kemiri untuk alis:

  1. Meningkatkan kesehatan rambut alis dan kulitnya. Minyak kemiri mengandung asam amino dan asam lemak esensial yang membantu rambut mendapatkan kilau luar, dan menjaga kesehatan jangka panjang.
  2. Melembapkan rambut alis dan kulit. Asam oleat dan linoleat dalam minyak kemiri mengunci kelembapan untuk mengembalikan minyak alami kulit yang pada akhirnya membantu rambut terlihat terbaik.
  3. Menenangkan kekeringan. Seperti essenial oil lainnya, minyak kemiri memiliki vitamin dan antioksidan yang membantu menenangkan kulit kering, yang bisa menjadi penyebab ketombe.
  4. Mencegah kerontokan alis. Antioksidan dari minyak kemiri juga membantu mengurangi kerontokan serta menebalkan alis.

Perawatan rutin alis rambut dengan minyak kemiri

Penggunaan minyak kemiri sebagai bagian perawatan alis sangat simpel dan ekonomis. Berikut cara menggunakan minyak kemiri pada alis untuk alis yang sehat dan tebal:

  1. Disarankan menggunakan minyak kemiri yang diolah langsung dari perasan bijinya langsung
  2. Hati-hati pada kemungkinan alergi, karena itu lakukan percobaan terlebih dahulu pada bagian kulit lain sebelum mengoleskannya ke alis, dan diamkan selama sehari. Jika menimbulkan reaksi seperti gatal atau kemerahan, sebaiknya hentikan penggunaannya.
  3. Pastikan bagian mata dan alis dalam keadaan yang bersih, bebas kotoran, dan kering sehingga minyak kemiri menyerap baik ke alis dan kulitnya.
  4. Tuangkan minyak kemiri secukupnya pada jari dan usapkan ke alis sembari dipijit lembut. Perhatikan untuk tidak menggunakan minyak terlalu banyak karena apabila terkena mata bisa menyebabkan iritasi.

Pengolesan minyak kemiri pada alis disarankan dilakukan pada malam hari untuk penyerapan nutrisi yang maksimal. Cuci sisa minyak di alis dengan cleanser di pagi hari dan jangan lupa untuk menyisir alis secara rutin setiap hari, karena menyisir bisa menstimulasi pertumbuhan rambut alis dan membuatnya terlihat rapi.

 *Penulis Tasya Fadila

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading