3 Cara Bleaching Highlight Rambut Anti Gagal

Kezia Prasetya Christvidya20 Agu 2022, 07:40 WIB
Diperbarui 20 Agu 2022, 07:40 WIB
cat rambut

Fimela.com, Jakarta Zaman sekarang memiliki rambut yang warna warni ala Korea adalah hal yang sangat populer. Tren mewarnai rambut bisa membuat seseorang tampil lebih percaya diri, tampak menawan dan terlihat awet muda. Gaya mewarnai rambut yang populer adalah bleaching highlight.

Bleaching highlight rambut bisa dilakukan untuk membuat warna rambut lebih terang daripada warna asli. Teknik bleaching highlight dapat dilakukan pada seluruh rambut maupun hanya sebagian saja. Ada beberapa macam teknik highlight rambut yang bisa dilakukan, seperti balayage, foilyage, teasylights, babylights, peek-a-boo dan lain sebagainya.

Saat melakukan bleaching highlight pada rambut, pastikan jangan sampai gagal melakukannya. Karena bisa membuat tekstur rambut menjadi rusak. Berikut cara bleaching highlight rambut anti gagal:

Tips Pilih Warna Cat Rambut Sesuai Tone Kulit

cat rambut
ilustrasi Tips Pilih Warna Cat Rambut/Parilov/shutterstock

1. Warm Skin Tone

Untuk jenis kulit yang hangat atau warm skin tone, akan cocok menggunakan cat rambut dengan warna yang hangat atau warna bumi. Sahabat Fimela bisa memilih warna kastanye atau coklat muda. Warna ini akan membuat kulit tampak lebih bersih dan rambut menjadi terlihat sehat berkilau.

2. Pink Skin Tone

Jika memiliki warna kulit yang cenderung merah muda atau pink skin tone, sangat cocok menggunakan cat rambut yang sedikit gelap. Highlight rambut bisa dilakukan pada sebagian rambut saja. Sehingga rambut asli yang berwarna hitam tetap ada dan disisakan, agar rona kulit akan tampak lebih cantik menggunakan warna-warna gelap.

3. Cool Skin Tone

Pemilik cool skin tone bisa memilih cat rambut yang warnanya terang. Cool skin tone juga bisa memadukan warna pastel dan gelap untuk rambut. Warna kulit ini butuh cat rambut yang bisa membuat undertone terlihat lebih hangat.

Cara Bleaching Highlight Rambut

cat rambut
ilustrasi Cara Bleaching Highlight Rambut/hedgehog94/shutterstock

1. Gunakan Topi Khusus

Cara bleaching highlight rambut yang pertama adalah menggunakan topi khusus. Topi khusus atau highlight cap ini memiliki bentuk bulat dan ada lubang kecil-kecil untuk mengeluarkan rambut. Topi ini bisa membantumu mewarnai rambut dengan sangat mudah dengan warna kesukaan. Pastikan rambut sudah dicuci dan dikeringkan terlebih dahulu.

2. Aplikasikan Cat Rambut

Setelah menggunakan topi khusus untuk highlight rambut, campurkan cat rambut dan aplikasikan pada rambut. Pastikan sudah melakukan tes alergi terlebih dahulu, sebelum mengaplikasikan cat rambut ini. Lalu, diamkan cat rambut sekitar 30 menit hingga 1 jam.

3. Bilas Hingga Bersih

Jika warna rambut sudah terlihat menempel dan diaplikasikan secara rapi, bilas rambut sampai bersih dengan sampo khusus. Sebaiknya menggunakan silver shampoo atau sampo ungu setelah melakukan bleaching highlight. Jangan lupa untuk menggunakan kondisioner setelah keramas, agar rambut tetap sehat dan lembap.

Cara Merawat Rambut Setelah Bleaching Highlight

rambut-kezo
ilustrasi Cara Merawat Rambut Setelah Bleaching Highlight/Nik Merkulov/shutterstock

Agar setelah melakukan bleaching highlight rambut tidak mudah kusut dan tampak kering, sebaiknya lakukan perawatan rambut secara rutin. Sahabat Fimela bisa mencuci rambut dengan sampo khusus untuk rambut diwarnai, yang digunakan setiap dua hari sekali. Karena kalau terlalu sering mencuci rambut, akan membuat rambut sangat kering.

Jangan lupa untuk menggunakan kondisioner khusus, setelah menggunakan sampo saat mencuci rambut. Selain itu, gunakan masker rambut seminggu sekali. Perawatan rambut secara rutin membuat rambut tetap kuat, tidak bercabang dan warnanya tidak kusam.

Usahakan untuk mencuci rambut yang diwarnai dengan air dingin. Karena air hangat bisa membuat rambut kering dan terlihat kusam. Kamu juga bisa menggunakan minyak rambut untuk menjaga kelembapan.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela