Sukses

Beauty

Apa Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan dan Kesehatan? Cek Di Sini!

Fimela.com, Jakarta Mungkin kamu sudah tak asing lagi dengan minyak zaitun, salah satu minyak alami yang telah diekstraksi dari buah zaitun asli. Minyak zaitun atau dikenal sebagai olive oil satu ini sering dimanfaatkan berbagai hal, mulai dari kecantikan hingga kesehatan.

Tak jarang banyak orang yang menggunakan minyak zaitun untuk berbagai manfaat, minyak zaitun sendiri sering dimanfaatkan untuk kecantikan kulit karena dapat mencegah penuaan maupun mencerahka wajah. Tentu setiap penggunaan minyak zaitun memiliki efek samping yang berbeda.

Banyaknya minyak zaitun yang dijual di pasaran tentu membuat kita berhati-hati dalam memiliki yang asli dan palsu, berikut beberapa manfaat dari minyak zaitun yang baik untuk kecantikan maupun kesehatan:

1. Mengandung Antioksidan

Minyak zaitun ternyata mengandung banyak antioksidan, selain itu minyak satu ini mengandung sejumlah vitamin E dan K. Antioksidan pada minyak zaitun sendiri dapat mengurangi risiko penyakit kronis serta dapat melawan peradangan dan membantu melindungi kolesterol darah dari oksidasi yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Membantu Mencegah Stroke

Stroke yang disebabkan oleh gangguan aliran darah ke otak terkadang dapat disebabkan oleh bekuan darah atau peradangan. Selain itu stroke merupakan salah satu penyebab kematian kedua yang paling umum, manfaat dari minyak zaitun yaitu dapat menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung karena terdapat lemak tak jenuh tunggal.

3. Mencegah Diabetes

Lemak sehat merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam memanfaatkan diet pada seseorang, mengkonsumsi minyak zaitun sendiri ternyata dapat menurunkan 16% risiko terkena diabetes. Semua lemak dapat membantu memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah dan dapat menjaga gula darah tetap stabil.

4. Melembabkan Kulit

Kandungan lemaknya yang banyak pada minyak zaitun, ternyata dapat menunjukkan bahwa minyak zaitun memiliki sifat pelembab dapat menjaga kulit agar tetap lembut, halus, dan terhidrasi. Hal ini dapat dengan mudah bahwa minyak zaitun dapat menembus kulit dan menghasilkan kealamian yang tahan lama.

5. Melawan Tanda Penuaan

Tanda-tanda penuaan biasanya akan muncul sekitar umur 25 tahu, selain itu hal ini dapat disebabkan oleh stress kronis atau dapat menyebabkan penuaan dengan membuat beberapa kerusakan oksidatif dan meningkatkan aktivitas enzim pendegradasi protein serta dapat menyebabkan hilangnya bagian dalam kulit dan kolagen.

Tanda dari kulit yang mengalami penuaan dapat terlihat warna kulit yang menjadi kendur dan muncul beberapa tanda penuaan lainnya, menggunakan minyak zaitun ternyata dapat mengurangi atau melawan tanda-tanda penuaan.

6. Memperbaiki Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Sunburn biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari ketika paparan tersebut sering terkena dan jarang menggunakan tabor surya. Radiasi UV ternyata dapat menyebabkan peradangan dan terlihat jelas warna kemerahan pada kulit. Polifenol pada minyak zaitun ternyata dapat mengurangi peradangan karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

7. Melindungi dari Kerusakan UV

Sinar matahati yang mengandung sinar UV tentu dangat mudah diserap dalam kulit dan kemudian dapat melepaskan molekul oksigen yang tidak stabil atau disebut sebagari radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas inilah yang dapat menyerang sel-sel kulit sehat dan dapat merusak atau memicu penuaan kulit dini untuk beberapa bentuk masalah pada kulit lainnya.

8. Memperbaiki Masalah Rambut

Pernah mencoba minyak zaitun saat memiliki masalah rambut? Banyak keluahan atau masalah umum pada rambut yang dapat diatasi dengan mudah menggunakan minyak zaitun. Selain itu minyak zaitun memiliki manfaat sebagai mengobati kerontokan rambut.  

9. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Bibir yang pecah-pecah ternyata menjadi salah satu masalah umum yang kerap terjadi saat perubahan cuaca, kondisi satu ini biasanya sering ditandai dengan adanya pengelupasan kulit bibir atau bibir kering terus menerus. Minyak zaitun sendiri memiliki perbaikan penghalang kulit dan dapat melembabkan bibir yang pecah-pecah.

Banyak dari manfaat minyak zaitun yang mungkin sudah kamu tahu, tak hanya dapat menjadi manfaat untuk kecantikan yang pertama ternyata minyak zaitun memiiki manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh dan mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading