Sukses

Beauty

Trik Menyimpan Serum Vitamin C dengan Tepat, Biar Nggak Gampang Oksidasi

Fimela.com, Jakarta Serum dengan kandungan vitamin C memang menjadi salah satu produk kecantikan favorit. Formula tersebut dikenal memiliki banyak manfaat, mulai dari mencerahkan kulit hingga menyamarkan hiperpigmentasi yang dialami. Ada juga kandungan antioksidan yang bekerja untuk melindungi kulit dari radikal bebas.

Namun, salah satu dilema saat menggunakan produk tersebut adalah sifat kandungan vitamin C yang cenderung nggak stabil, sehingga dapat mengalami oksidasi. Hal ini biasanya ditandai dengan perubahan warna produk lebih kuning, oranye atau cokelat dibandingkan dengan warna aslinya.

Serum vitamin C yang sudah mengalami oksidasi sendiri disarankan untuk tidak digunakan karena sudah kehilangan manfaatnya. Untuk pemilik kulit sensitif pun bisa berisiko mengalami iritasi. Untuk mencegah serum vitamin C mengalami oksidasi, yuk simak beberapa trik penyimpanan berikut ini!

Pastikan Tutup Rapat Setelah Digunakan

Ada beberapa penyebab serum vitamin C mengalami oksidasi. Mulai dari tempat penyimpanan yang lembap hingga terpapar sinar matahari yang kemudian membuat produk mengalami perubahan warna.

Demi mencegah serum kesayangan mengalami oksidasi, pastikan tutup rapat serum seetlah digunakan. Hal ini penting untuk mencegah udara masuk ke dalamnya yang menyebabkan perubahan warna dan hilangnya kandungan vitamin C yang dibutuhkan kulit.

Selalu Simpan di Suhu Ruangan

Suhu tempat penyimpanan juga mempengaruhi kualitas produk dengan kandungan vitamin C tersebut. Jadi, idealnya simpan produk di dalam suhu ruangan untuk mencegah proses oksidasi berlangsung.

Jauhkan tempat penyimpanan serum dari jendela yang bisa memantulkan panas sinar matahari. Cari tempat di mana kamu bisa menyimpan botol-botol skincare dan aman dari pantulan sinar matahari langsung.

Simpan di Kulkas

Salah satu trik untuk membuat serum vitamin C lebih awet dan terhindar dari oksidasi adalah simpan produk di dalam kulkas. Suhu kulkas yang dingin menjadi tempat penyimpanan ideal untuk skincare dengan kandungan vitamin C dan produk perawatan kulit lainnya.

Namun, gunakan skincare fridge untuk menyimpan produk kecantikan di dalam kulkas, ya! Hal ini penting banget untuk mencegah skincare terkontaminasi bakteri lain yang ada di dalam kulkas.

Hindari Menyimpan Serum di Kamar Mandi

Menyimpan serum di kamar mandi mungkin jadi salah satu cara praktis bagi sebagian perempuan yang memudahkan dalam ritual skincare. Tapi, tahu nggak sih kalau ternyata menyimpan serum di kamar mandi ternyata bisa mempengaruhi kualitas skincare?

Suhu kamar mandi yang dikenal lembap dan dapat berubah kapan saja ternyata sangat mempengaruhi kualitas skincare yang dimiliki. Jadi, sebaiknya simpan selalu skincare di kamar saja jika memang ingin memudahkan penggunaan.

Selain beberapa hal di atas, jangan lupa juga untuk memperhatikan masa penyimpanan produk. Idealnya, serum yang memiliki kandungan vitamin C bisa digunakan dalam waktu 6 bulan – 1 tahun. Jadi, jangan simpan produk terlalu lama karena rentan mengalami oksidasi!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading