Sukses

Beauty

Sering Menggunakan Makeup Bikin Wajah Berkomedo, Gimana Mengatasinya Ya?

Fimela.com, Jakarta Makeup memang sering jadi andalan buat sebagian perempuan untuk menunjang penampilan sehari-hari. Terlebih bagi yang harus berhadapan dengan jadwal padat di luar rumah dan harus bertemu banyak orang. Penampilan yang maksimal sangat penting untuk menunjang profesionalitas.

Tapi, menggunakan makeup setiap hari kok malah bikin wajah jadi berkomedo ya? Biarpun bisa disamarkan, tapi komedo yang muncul di permukaan kulit jelas cukup mengganggu dan membuat tampilan wajah jadi nggak mulus lagi. Supaya nggak menimbulkan dilema, yuk!

Aplikasikan Makeup di Wajah yang Bersih

Coba diingat-ingat lagi, gimana kebiasaan kamu saat menggunakan makeup? Pastikan untuk selalu mengaplikasikan makeup di wajah yang bersih. Jadi, penting untuk membersihkan wajah terlebih dulu sebelum menggunakan produk skincare dan makeup apapun.

Hal ini perlu dilakukan agar wajah benar-benar bersih ketika mengaplikasikan produk apapun. Jadi, minyak alami, keringat, dan kotoran nggak membuat pori-pori tersumbat yang memicu munculnya komedo.

Pilih Makeup yang Memiliki Formula Non Comedogenic

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah memilih produk makeup yang tepat. Untuk mencegah komedo bermunculan di wajah, sebaiknya pilih produk yang memiliki tekstur ringan dan memiliki label formula non comedogenic.

Produk makeup non comedogenic biasanya lebih bersahabat saat digunakan pemilik kulit berminyak yang rentan mengalami masalah komedo. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko wajah yang jadi terlihat kurang mulus karena munculnya komedo hitam atau putih yang mengganggu.

Jangan Malas Membersihkan Makeup

Ini dia salah satu kunci penting yang perlu diperhatikan jika ingin wajah bebas komedo saat sering menggunakan makeup. Jangan malas membersihkan wajah usai melakukan aktivitas sehari-hari, bahkan dalam kondisi paling lelah sekalipun.

Tidur dengan makeup masih menempel bisa menyumbat pori-pori yang memicu berbagai masalah kulit. Nggak hanya komedo, bahkan jerawat hingga kulit kusam juga bisa terjadi jika nggak disiplin membersihkan wajah.

Eksfoliasi Rutin Juga Penting

Last but not least, perawatan wajah dengan eksfoliasi rutin juga penting untuk mencegah komedo muncul. Ritual kecantikan yang satu ini berperan untuk mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori yang menjadi salah satu penyebab munculnya komedo. Nggak hanya itu saja, eksfoliasi juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan wajah jadi kusam.  

Namun, pastikan untuk memilih produk eksfoliasi wajah yang memiliki butiran lembut, sehingga tidak menyebabkan kulit mengalami iritasi. Perhatikan juga aturan eksfoliasi yang baik dan benar, yaitu lakukan maksimal 2x untuk mencegah efek samping seperti iritasi atau kemerahan.

Sering menggunakan makeup memang bisa membuat wajah jadi berkomedo. Namun, beberapa tips perawatan kulit di atas bisa membantu untuk meminimalisir hal tersebut. Coba terapkan yuk, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading