Sukses

Beauty

Kenali Stres yang Bisa Menyebabkan Rambut Rontok

Fimela.com, Jakarta Apa kamu sedang menyadari bahwa ada bagian-bagian di rambut yang mengalami penipisan atau rontok berlebihan? Ada banyak hal yang bisa menyebabkan rambut rontok, mulai dari genetika hingga kebiasaanmu menata rambut.

Namun, dari semua jenis rambut rontok, yang terkait stres memang agak unik. Tidak seperti jenis rambut rontok lainnya, yang terkait dengan stres sifatnya sementara.

Rambut rontok terkait stres secara teknis disebut telogen effluvium. Pada waktu tertentu, semua rambut di tubuh berada dalam salah satu dari tiga fase, yaitu anagen atau pertumbuhan, catagen atau transisi, dan telogen atau istirahat, seperti dilansir dari byrdie.com.

Simak di sini kaitan antara stres dan rambut rontok

Selama fase telogen, rambut lama didorong keluar untuk memberi ruang bagi rambut baru, ini adalah jenis rambut rontok yang normal. Telogen effluvium terjadi saat trauma fisik atau emosional pada tubuh memaksa sejumlah besar rambut yang tidak normal ke dalam fase telogen atau istirahat.

Biasanya, hanya sekitar 10% rambut yang berada dalam fase istirahat, tapi telogen effluvium bisa memaksa hingga sepertiga dari semua rambut ke dalam fase ini, yang mengakibatkan rambut rontok secara besar-besaran. Telogen effluvium selalu terjadi 90 sampai 120 hari setelah peristiwa yang membuat stres.

Saat tiba-tiba rambut rontok tanpa alasan, pikirkan kembali apa yang terjadi dalam hidupmu tiga sampai empat bulan yang lalu. Jika ada beberapa insiden besar, kamu mungkin mengalami telogen efflivium, karena biasanya rambut rontok terjadi secara tiba-tiba, cepat, dan intens.

Simak di sini kaitan antara stres dan rambut rontok

Kita semua akan kehilangan 100 sampai 150 rambut per hari dan sebagian besar waktu, rambut rontok ini tidak terlihat. Kabar baiknya, selama bukan karena faktor hormonal, genetik, atau nutrisi yang berperan, siklus pertumbuhan rambut akan kembali normal.

Rambut biasanya akan tumbuh kembali dengan sendirinya, walaupun ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membantu mempercepat prosesnya. Steroid topikal atau perawatan LED bisa membantu memperlambat kerontokan rambut.

Pastikan kamu tidak kekurangan vitamin D3 dan feritin, yang bisa membantu meminimalisir kemungkinan terjadi telogen effluvium. Apakah kamu juga memiliki pengalaman rambut rontok karena stres?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading