Sukses

Beauty

Mengenal Niacinamide dan Manfaatnya untuk Kulit Wajah

Fimela.com, Jakarta Niacinamide adalah salah satu jenis turunan vitamin B3 yang umumnya terdapat pada bahan makanan seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, telur, susu, ikan, dan daging. Niacinamide merupakan asupan nutrisi penting untuk perkembangan dan fungsi sel-sel dalam tubuh.

Selain terdapat pada bahan makanan, Niacinamide juga banyak digunakan pada produk perawatan kulit wajah dan saat ini tengah digandrungi. Banyak manfaat yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan kulit wajah. 

Berikut adalah beberapa manfaat dari niacinamide yang terkandung pada produk perawatan kulit wajah.

Mengatasi Jerawat

Untuk kamu yang punya wajah berjerawat sekarang bisa bernapas lega karena niacinamide bisa membantu mengatasi jerawat mulai dari tingkat ringan sampai sedang. Caranya adalah dengan mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah dan juga mengatasi peradangan di kulit wajah.

Melembapkan Kulit Wajah

Niacinamide juga dapat meningkatkan kelembapan kulit. Cara kerjanya dengan meningkatkan hidrasi kulit sehingga menjaga kelembapan alami kulit wajah. Selain itu, niacinamide juga membantu meningkatkan perlindungan kulit, mencegah kulit kering, dan mengurangi potensi iritasi pada kulit wajah. 

Memperlambat Tanda-Tanda Penuaan

Menurut penelitian, penggunaan produk perawatan wajah dengan kandungan niacinamide sebanyak 5% dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, termasuk garis halus dan keriput. Selain itu niacinamide juga membantu pembentukan keratin, protein alami yang berguna untuk menjaga kulit tetap kencang dan sehat.

Menyamarkan Bintik Hitam pada Wajah

Beberapa studi juga menemukan bahwa niacinamide bisa membantu menghilangkan bintik-bintik atau noda hitam di kulit karena membantu meningkatkan produksi kolagen. Dalam kadar tertentu, niacinamide mampu memblokir enzim yang bertanggung jawab untuk memproduksi pigmentasi atau melanin, dan memperbaiki warna kulit. 

Menangkal Radikal Bebas

Niacinamide mampu melindungi kulit wajah dari serangan radikal bebas seperti paparan sinar matahari, debu, polusi, dan zat berbahaya lainnya. Jika kulit wajah dibiarkan terpapar radikal bebas tanpa proteksi memadai bisa menyebabkan munculnya garis-garis halus, kerutan, serta stres oksidatif di kulit. Niacinamide dinilai ampuh memberikan perlindungan ekstra dari efek buruk sinar matahari dan dapat memperbaiki DNA yang rusak akibat radikal bebas.

Terbukti niacinamide memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Jadi tunggu apa lagi? Sahabat Fimela bisa langsung membeli produk dengan kandungan niacinamide di dalamnya untuk merasakan langsung manfaatnya. 

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading