Sukses

Beauty

How To: 5 Langkah Mengaplikasikan Serum Wajah yang Tepat untuk Hasil Maksimal

Fimela.com, Jakarta Dasarnya inti dari skincare rutin adalah membersihkan, melembapkan, dan melindungi dari matahari. Namun, serum menjadi bagian perawatan penting untuk menjaga kesehatan kulit. Serum memiliki kandungan aktif yang memberikan perawatan efektif untuk kulit. Beberapa bahan aktif yang baik untuk perawatan kulit seperti vitamin, antioksidan, acid, peptides, hingga ekstrak botani.

Dikutip dari The Skin Career Edit, tekstur serum yang cair menjadi cara ideal penyerapan setiap manfaat yang dikandungnya. Jadi, ketika serum diaplikasikan langsung ke kulit dan menyerap ke kulit, bahan aktif akan langsung bekerja. Tidak hanya itu, ada banyak kelebihan menggunakan serum yaitu berbahan ringan, cepat menyerap, efektif dan tepat merawat permasalahan kulit.

Sekarang telah diketahui apa manfaat dari serum dan kenapa pengaplikasian serum itu penting untuk merawat kesehatan kulit wajah. Namun, satu hal yang patut diperhatikan jika itu tentang serum, yakni bagaimana cara penggunaannya. Serum dengan segala kekayaan nutrisi yang dimilikinya tidak akan bekerja maksimal jika tidak diaplikasikan dengan tepat.

Memilih serum yang tepat

Simpelnya serum wajah memberikan nutrisi dan bahan aktif yang biasanya bertujuan untuk memberikan perawatan spesifik pada kulit. Serum adalah formula konsentrat berkinerja tinggi yang dirancang untuk mengatasi masalah tertentu, dan meningkatkan kesehatan yang dibutuhkan kulit. Laman The Skin Expert mengungkapkan beberapa pilihan serum sesuai manfaatnya:

  • Hydrating serum. Serum ini memberikan kelembapan pada kulit dan cocok digunakan untuk segala jenis kulit
  • Exfoliating serum. Eksfoliasi adalah proses pengangkatan kulit mati dari permukaan kulit. Tidak hanya itu, serum eksfoliasi juga mengecilkan pori-pori, mencerahkan dan membersihkan kulit. Serum ini sangat baik untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat.
  • Brightening serum. Serum ini dirancang untuk menargetkan hiperpigmentasi, mengurangi perubahan warna dan meningkatkan kecerahan kulit. Semua jenis kulit cocok untuk menggunakan serum ini.
  • Anti-aging serum. Serum ini membantu regenerasi kulit lebih cepat sehingga mencegah penuaan dini.
  • Antioxidant serum.  Serum antioksidan melindungi kulit dari radikal bebas penyebab penuaan. Radikal bebas adalah fragmen molekul yang tidak stabil yang biasanya dihasilkan oleh polusi udara dan sinar UV,  yang menyerang sel melalui proses yang disebut oksidasi.
  • Pore-Minimizing serum. Pemilik kulit berpori besar akan sangat baik menggunakan serum ini, karena bertujuan untuk merawat pori yang besar hingga mengecil.
  • Clarifying serum. Pemilik kulit berjerawat, berminyak, dan pori-pori tersumbat, serum ini akan membantu permasalahan tersebut. Karena serum ini membantu membersihkan bekas jerawat sekaligus mengurangi minyak berlebih. 

Pengaplikasian serum wajah yang tepat pada rutinitas perawatan kulit

  1. Langkah pertama Bersihkan wajah dari kotoran, radikal bebas, maupun makeup. Pastikan kulit benar-benar bersih sehingga kandungan aktif serum mampu menyerap secara menyeluruh. Sahabat Fimela bisa memulainya dengan toner untuk memastikan semua kotoran tersapu bersih. Namun, jika berencana menggunakan produk berbahan acid pada skincare rutin, maka lebih baik gunakan toner yang bekerja sama dengan produk skincare lainnya.
  2. Langkah keduaEksfoliasi kulit sebelum mengaplikasikan bahan aktif, seperti serum ke kulit. Namun, langkah ini merupakan opsional karena eksfoliasi sebaiknya dilakukan satu hingga dua kali seminggu. Eksfoliasi rutin akan membantu penyerapan lebih maksimal.
  3. Langkah ketigaAplikasikan serum ke wajah sebanyak tiga hingga empat tetes. Aplikasikan ke seluruh wajah hingga leher, kemudian pijat lembut agar penyerapan lebih baik.
  4. Langkah keempatDiamkan selama 20 hingga 30 menit sehingga serum memiliki waktu yang cukup untuk menyerap dan bekerja di kulit.
  5. Langkah kelimaAplikasikan produk skincare selanjutnya setelah serum menyerap sempurna. Lapisi kulit dengan pelembap sehingga serum tidak cepat menguap. Sahabat Fimela bisa menggunakan face cream, face oil, atau sunscreen.

Urutan perawatan kulit yang tepat

Tidak peduli berapa lama menjalani rutinitas perawatan kulit, terkadang membingungkan mengetahui produk mana yang harus digunakan sebelum atau sesudah yang lain. Berikut urutan perawatan kulit yang tepat yang dikutip dari Faceserum.com.

  1. Cleanser
  2. Exfoliator
  3. Toner, Mist, or Facial Essence
  4. Treatment Products, contohnya produk perawatan jerawat
  5. Face Serum
  6. Eye Cream
  7. Moisturizer
  8. Facial Oil
  9. SPF
  10. Lip Balm With SPF
  11. Makeup (primer, foundation, concealer, powder, dll)

 

*Penulis: Tasya Fadila.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading