Sukses

Beauty

3 Tips Menjaga Kesehatan Rambut dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Memiliki rambut yang sehat adalah impian semua orang, apalagi para perempuan. Selain tampak indah, rambut yang sehat juga meminimalisir penyakit kulit kepala, seperti ketombe.

Selain karena gen, diet, cuaca, hingga polusi yang memengaruhi kondisi rambut, yang terpenting adalah mengetahui cara perawatan rambut agar tetap sehat. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan rambut yang baik? Simak artikel ini sampai akhir ya.

1. Gunakan sampo dan kondisioner

Saat keramas tentunya harus menggunakan sampo agar rambut terawat maksimal. Memilih sampo dan kondisioner pun harus sesuai dengan jenis rambut. Contohnya, perawatan untuk rambut keriting atau lurus memiliki kriteria tersendiri.

Selain itu, terdapat banyak macam sampo dengan kandungan tertentu. Ada yang khusus rambut rontok, rambut berketombe, dan kering mudah kusut.

Selanjutnya, kondisioner juga tak kalah penting untuk digunakan karena kondisioner sendiri mengandung bahan seperti silikon serta pelembab. Bahan tersebut berfungsi untuk melapisi helai rambut dan mengisi bagian rambut yang rusak.

Dikutip dari healthline, juga dianjurkan untuk menghindari sampo dengan bahan-bahan yang keras, seperti amonium lauril atau natrium lauril sulfat.

2. Perhatikan aturan saat mencuci rambut

Para ahli menyarankan bahwa perhatikan seberapa sering saat mencuci rambut, adapun aturan standarnya adalah:

  • Jangan mencuci rambut lebih dari sekali sehari
  • Hindari menggunakan air yang sangat panas atau sangat dingin.
  • Rawatlah rambut dengan lembut saat basah.
  • Menggosok rambut basah berlebihan saat menggunakan handuk rentan membuat rambut patah.
  • Gunakan sisir bergigi lebar untuk mencegah kusut.

Selain itu, terdapat sisir dengan kriteria tersendiri untuk jenis rambut. Pasalnya, penggunaan sisir yang salah juga bisa mengundang masalah pada kulit kepala. Karenanya penting memilih sesuai jenis rambut.

Sebagai contoh, sisir bristle brush cocok bagi pemilik rambut panjang, mudah kusut, dan susah diatur. Sisir round brush cocok untuk seseorang yang ingin tampilan rambut lebih bervolume. Selanjutnya, sisir wide-tooth comb cocok untuk pemilik rambut ikal.

3. Rutin potong ujung rambut

Cara menjaga kesehatan rambut selanjutnya adalah biasakan memotong ujung rambut. Hal itu berguna untuk mencegah rambut bercabang dan mengalami kerusakan. Jika membiarkan rambut bercabang tersebut tetap tumbuh, maka kerusakan pada rambut tidak dapat dihindari.

Caranya sangat mudah, cukup potong ujung rambut setiap 10-12 minggu sekali. Apabila sering menggunakan catok, maka sebaiknya lakukan setiap 6-8 minggu sekali. Sedangkan setiap 3 bulan sekali bisa memperbaikinya di salon.

Nah, itu dia tips menjaga kesehatan rambut dengan mudah. Semoga bermanfaat!

 

Penulis: Nur Faizah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading