Sukses

Beauty

7 Perawatan Wajah Mulai Menua agar Tetap Sehat dan Glowing

Fimela.com, Jakarta Bertambahnya usia, wajah pun semakin menua dengan tanda-tanda seperti garis halus, kusam, hingga keriput. Apalagi saat ini, tanda penuaan tersebut bisa dialami di usia muda sekitar usia 30an.

Kita memang tidak bisa menghentikan waktu, tetapi wajah menua tetap bisa sehat dan glowing dengan beberapa perawatan wajah. Mulai dari pergi ke klinik kecantikan hingga penggunaan skincare.

Nah yang paling mudah menggunakan beberapa langkah skincare. Melansir Healthline, berikut adalah beberapa tips penting untuk mendapatkan rutinitas perawatan kulit yang dibutuhkan.

1. Rajin mencuci wajah dengan pembersih yang lembut

Pembersihan wajah penting untuk menghilangkan semua produk perawatan kulit atau riasan yang telah seharian digunakan, serta menghalau minyak di wajah, polutan, dan bakteri yang terakumulasi. 

Berarti produk perawatan kulit akan dapat masuk ke kulit dan bekerja lebih efektif. Jika ingin menggunakan pembersih lembut untuk menjaga penghalang kulit dan membuatnya tahan terhadap dehidrasi dan kerusakan gunakan pembersihkan wajah dengan pH rendah.

Bahan lain yang harus dihindari adalah sodium lauryl sulfate, karena sangat keras. Juga tidak perlu membeli pembersih dengan bahan aktif yang mewah.  Pembersih tidak ada di kulit untuk waktu yang lama.  Bahan-bahan aktif tersebut jauh lebih berguna pada langkah-langkah selanjutnya, seperti saat mengaplikasikan serum.

Apakah membutuhkan toner?

Toner dikembangkan di masa lalu untuk mengembalikan pH kulit yang rendah setelah dicuci dengan pembersih pH tinggi.  Jika menggunakan pembersih dengan pH rendah, maka toner tidak diperlukan. 

2. Gunakan exfoliant fisik atau kimia

Seiring bertambahnya usia, proses kulit melambat dengan sendirinya.  Sel-sel kulit mati tidak segera digantikan oleh sel-sel baru, yang berarti kulit mulai terlihat kusam dan tidak rata, dan bahkan mungkin pecah-pecah. 

Exfoliant adalah cara yang bagus untuk membantu mengangkat sel-sel mati dari kulit. Ada dua kategori utama exfoliant: fisik dan kimia.  Sebaiknya hindari eksfoliasi fisik yang keras, seperti scrub gula karena membuat kulit lebih rentan kendur. 

Sebagai gantinya, pilihlah waslap atau spons lembut.Pengelupasan kimia secara bertahap melarutkan ikatan antara sel-sel kulit dan membiarkannya terlepas. Juga cocok untuk kulit dari segala usia! 

Pengelupasan kulit terbaik untuk kulit yang matang adalah asam alfa-hidroksi (AHA) Sumber Tepercaya seperti asam glikolat dan asam laktat. Juga dapat menemukan asam ini dalam toner dan serum.

3. Serum anti-penuaan

Secara umum, serum mengandung konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi daripada pelembap.

Bahan anti-penuaan terbaik yang harus diwaspadai adalah turunan vitamin A yang dikenal sebagai retinoid (retinol, tretinoin, dan tazarotene) dan vitamin C (asam L-askorbat dan magnesium ascorbyl phosphate).

Selain meningkatkan kolagen di kulit, mereka juga bertindak sebagai antioksidan untuk menyerap stres oksidatif biologis dan lingkungan yang menumpuk hingga menyebabkan penuaan.

4. Moisturizer

Seiring bertambahnya usia, sebum juga berkurang. Meskipun ini berarti lebih sedikit kemungkinan timbulnya jerawat, itu juga berarti kulit akan lebih mudah kering.

Salah satu alasan utama munculnya garis-garis halus adalah hidrasi kulit yang tidak memadai, tetapi untungnya hal ini dapat diatasi dengan mudah dengan pelembab yang baik!

Carilah pelembab yang mengandung humektan yang mengikat air seperti gliserin dan asam hialuronat.

5. Selalu gunakan tabir surya

Perlindungan matahari adalah salah satu cara jitu untuk menjaga kulit terlihat semuda mungkin. Matahari bertanggung jawab atas begitu banyak tanda penuaan yang terlihat pada kulit sehingga kerusakan akibat sinar matahari mendapat kategori khusus dalam dermatologi: photoaging. Sinar UV matahari dapat menyebabkan penuaan dengan:  memecah kolagen dan menyebabkan kelainan pada elastin, yang menyebabkan kulit lebih tipis dan keriput,  menyebabkan tambalan berpigmen yang tidak merata untuk berkembang  Jadi gunakan tabir surya, dan bukan hanya untuk ke pantai — gunakan setiap hari. 

Aplikasi harian tabir surya SPF 30 spektrum luas dapat memudarkan bintik-bintik penuaan, memperbaiki tekstur kulit, dan meratakan kerutan hingga 20 persen hanya dalam tiga bulan, menurut sebuah studi baru-baru ini.  Para peneliti menyarankan bahwa itu karena tabir surya memungkinkan kulit beristirahat dari terus-menerus dipukuli oleh sinar UV, sehingga kemampuan regeneratifnya yang kuat memiliki kesempatan untuk bekerja.

Sahabat Fimela dapat melindungi kulit dari sinar matahari dengan cara lain juga.  Mengenakan pakaian pelindung matahari seperti kemeja lengan panjang, topi, dan kacamata hitam, dan menghindari sinar matahari di tengah hari, akan mengurangi paparan Anda terhadap penuaan dan sinar UV karsinogenik.

6. Kurangi gesekan pada wajah

Salah satu alasan utama munculnya kerutan adalah karena kerusakan pada kulit, dan karena kulit yang lebih tua lebih rapuh, trauma dapat memiliki efek yang lebih besar. Meskipun tidak banyak bukti tentang dampak dari bagaimana menerapkan produk perawatan kulit, penelitian telah menemukan bahwa menekan wajah ke bantal saat tidur dapat menyebabkan "kerutan tidur" permanen.

Jadi masuk akal untuk berhati-hati dan menghindari gerakan menggosok dan menarik yang kuat saat mencuci muka dan menerapkan produk perawatan kulitmu.

7. Jaga juga bagian tubuhmu yang lain

Selain wajah, area utama yang memperlihatkan usia Anda adalah leher, dada, dan tangan. Pastikan tidak mengabaikan area tersebut! Jaga agar tetap tertutup tabir surya, dan tidak ada yang akan tahu usia yang sebenarnya.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading