Sukses

Beauty

Diary Fimela: Berawal dari MUA, Adhita Luncurkan Kosmetik Lokal yang Kini Disukai Make Up Artis Profesional

Fimela.com, Jakarta Berawal menjadi Makeup Artis (MUA) di tahun 2014, perempuan bernama Andhita Irianto sudah tertarik dengan kosmetik. Namun, pada saat itu brand lokal belum begitu banyak yang menarik perhatiannya, hingga akhirnya ia lebih memilih menggunakan produk import untuk merias wajah kliennya.

“Selain seorang makeup artist yang memang notabene berkaitan produk-produk kosmetik lokal maupun impor jadi suka kosmetik. Kalau makeup klien itu aku sih mix, memakai produk lokal dan impor. Tapi kebanyakan untuk pribadi aku lebih masih memilih ke merk kosmetik impor, karena pada saat itu brand lokal masih minim untuk meng-eksplor. Waktu itu aku suka banget brand YSL yang velvet lipcream stain, jadi, memang belum ada di Indonesia atau lokal produk, yang menyamai kualitas YSL,” ujar Andhita kepada Fimela.com. 

Dari pengalaman dan pemikiran tersebutnya lah, Andhita akhirnya berpikir membuat brand lokal yang bisa bersanding kualitasnya dengan brand kosmetik import. Akhirnya ia pun meluncurkan brand kosmetik yang diberi nama After Beaute. 

“Jadi, aku berpikir, gimana sih buat brand lokal yang kualitasnya sama dengan brand itu (YSL). Itulah akhirnya yang membuat aku ingin membuat brand yaitu dengan motivasi utamanya adalah ingin mengeksplor produk lokal agar bisa sebagus mungkin dan agar bisa disandingkan dengan produk luar atau produk import. Dan, aku mau ngasih tahu juga bahwa produk lokal tuh nggak kalah bagus sama import walaupun harganya termasuk murah,” paparnya.  

Awal disukai MUA Se-Indonesia

Berjalannya waktu, eksistensi After Beaute di dunia kosmetik Indonesia dimulai sejak merilis Lip Cream dengan 3 varian shades pada 31 Maret 2021 lalu, yaitu Madame, Kinda Cute, dan Velvet Waffle. Hingga disukai MUA se-Indonesia.   

Andhita menceritakan lip cream After Beaute bisa disukai MUA se-Indonesia karena 3 varian shades produknya merupakan warna-warna umum atau basic yang biasa dipakai wanita, yaitu warna nude, bold, dan soft matte. Menurut Andhita, para MUA merasa tiga varian shades tersebut bisa memenuhi kebutuhan mereka saat merias wajah klien, dimulai dari acara formal sampai kasual, seperti itu pernikahan, pesta, wisuda, photo & video shoot dan lain-lain. 

“Jadi dari 3 varian itu, ada dua yang nude (warna kulit), yaitu kinda cute yang best seller dan velvet waffle. Untuk tipe bibir hitam bisa menggunakan kinda cute, dan untuk tipe bibir yang lebih ke pink atau pucat bisa pakai velvet waffle. Sedangkan kalau madame, biasanya dipakai untuk ombre lip. Kan ombre lip lagi best of the best lip cream pada saat sekarang, karena kalau cewek itu ‘dikit-dikit ombre’ karena lagi hype ‘korea-korea-an’. Jadi, tergantung cocoknya si klien saja, apakah warna nude atau kalau mau ombre nanti tinggal ditimpa oleh madame,” terang Andhita. 

Tentu, untuk sampai disukai para MUA Se-Indonesia tidak mudah. Andhita pun mengaku bahwa di awal ia sempat bingung ingin menyasar pasar yang mana. Tapi melihat animo luar biasa muncul pada para MUA, maka ia putuskan untuk memilih pasar tersebut. 

“Kebanyakan produk lokal sekarang tujuan utamanya mungkin masyarakat luas Indonesia dan bukan fokus ke profesi MUA. Kalau aku justru sebaliknya. Yang belum diminati orang, yaitu MUA, agar (produk After Beaute) bisa dipakai MUA seluruh Indonesia. Itu karena MUA di Indonesia sudah banyak, dan tahu mana yang bagus seperti apa, keunggulan produk seperti apa, yang cocok untuk klien seperti apa,m. Dan alhamdulilah kami sudah 6-7 bulan sudah mulai kuat, di mana pasarnya banyak dipakai makeup artist di Indonesia,,” ujarnya.

Andhita mengatakan sejak awal berdiri, After Beaute ingin menjadi brand kosmetik lokal berkualitas yang bisa disandingkan dengan merek kosmetik impor. Dan menurut Andhita, produk After Beaute bisa disukai oleh MUA di seluruh Indonesia juga karena kualitasnya. Di mana ia melakukan riset dan survei terlebih dulu sebelum merilis Lip Cream After Beaute, mulai tekstur, fragrance ketahanan, kenyamanan di bibir. 

"Jadi, (After Beaute) memang bisa dilirik MUA karena kualitasnya juga. Jadi, para MUA di Indonesia selalu bilang kualitas Lip cream After Beaute itu bagus produknya: enak dipakai dibibir, tahan lama, gampang dihapus dan nggak melukai bibir. Jadi, itu juga merupakan poin terbesar dari berkembangnya After beaute saat ini, bisa cepat menemukan pasar dan menguat sekarang, " ungkapnya. 

Kini After Beaute pun telah dipakai MUA Se-Indonesia. Mulai dari MUA baru sampai yang MUA ternama, seperti Dean, Eva Twinny, nanathnadia, Bima Chang, Adi Rustana, dan Mona Markem. Kemudian tak kalah menakjubkan, produknya juga suka dipakai oleh influencer besar, seperti Anya Geraldine, Cinta Laura, Prilly Latuconsina, Rachel Vennya, Millen Cyrus, Shafa Harris, dan Jovi Adhiguna. 

Konsistensi menjaga eksklusivitas

Untuk strategi selanjutnya, Andhita mengaku ingin menjaga konsistensi branding-nya dalam menjaga eksklusivitas After Beaute. Karena itu tahapan yang sulit menurut Andhita saat ini.

Untuk menjaga eksklusivitasnya, ia mengaku akan melakukan endorsement secara berkala dan melakukan program reseller dan distributor, namun hanya reseller dan distributor tertentu saja yang dihubungi demi menjaga eksklusivitas mereknya.

“Pun dengan endorsement, aku tidak akan meng-push selebgram dengan endorsement dengan bayaran luar biasa atau brand ambassador. Jadi, saat aku melakukan endorsement ke MUA yang hype atau kelas tinggi, alhamdulillah mereka menyambut dengan baik dan di-support dengan baik. Sampai selalu dipakai, dan itu kebanggaan buat After Beaute sendiri,” kata Andhita.

Tetap optimis di masa pandemi

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by After Beaute (@after.beaute)

Ia pun berharap strategi penjualan online dan pendistribusian offline yang sedang dijalankan bisa membuat After Beaute bisa diterima masyarakat umum yang lebih luas. Sehingga After Beaute bisa dinikmati semua kalangan, yaitu remaja, dewasa sampai orang menginjak umur matang.

Bahkan meski di kondisi pandemi, Andhita pun memiliki keyakinan dan rasa optimis bahwa penjualan After Beaute bisa berjalan dengan baik. Hal itu karena produk kosmetik sudah menjadi kebutuhan utama bagi para wanita. Menurut Andhita, permintaan akan produk kosmetik tetap tinggi, hanya saja yang berubah cara bertransaksinya yang menjadi ke online.

Sehingga ia mengaku optimis After Beaute bisa jadi salah satu pilihan wanita Indonesia untuk melengkapi koleksi lip cream mereka. Bahkan dalam waktu dekat, Andhita mengaku After Beaute akan merilis produk terbaru.

 “Wanita itu cenderung memiliki keunikan itu kalau punya lipstik atau lip cream tidak bisa cukup satu walaupun lip cream yang dia beli warnanya hampir setara yang mungkin 90 %. Wanita pasti memiliki lipstik dengan berbagai macam merek dan warna.Buktinya hampir jalan 7 bulan berjalan ini, lip cream After Beaute sudah laku 10 ribu kurang lebih dan perbulan itu habis 2 ribu. Dan kami sudah balik modal, bahkan keuntungan sudah kami dapatkan hanya di 7 bulan dari After Beaute berdiri. Oleh karenanya, kami optimis,” tutup Andhita. 

Adapun After Beaute pada akhir 2021 merilis dua shades terbaru, yaitu Sunset Suit dan Dusty Blush. Hal ini dikarenakan produk perdana – lip cream dengan 3 shades – mampu diterima konsumen dengan baik. Menurut Andhita, dua shades terbaru After Beaute hadir sebagai solusi bagi wanita yang pakai shades velvet waffle tapi final look-nya kegelapan atau bagi yang pakai kinda cute tapi final look-nya agak pucat.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading