Sukses

Beauty

5 Bahan Alami untuk Mengatasi Kaki Pecah-pecah

Fimela.com, Jakarta Kaki yang pecah-pecah merupakan permasalahan umum bagi sebagian orang, terutama pada perempuan. Biasanya ditandai dengan kondisi tumit kaki yang bersisik dan kering. Permasalahan tersebut penting untuk diatasi sedini mungkin agar tidak semakin parah.

Parahnya, kaki yang pecah-pecah bisa mengeluarkan darah dan nanah serta sakit saat ditapakkan. 

Pada dasarnya, kulit kaki berbeda dengan kulit tubuh lainnya karena tidak memiliki kelenjar keringat. Karenanya, kering dan pecah-pecah dengan mudah terjadi. Ternyata untuk mengatasinya tidak harus menggunakan obat yang mahal. Sahabat fimela juga bisa menggunakan bahan alami.

Apa saja itu? Langsung saja simak di bawah ini.

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa yang memiliki kandungan antimikroba dan antiradang dipercaya bisa menjadi obat alami kaki pecah-pecah. Caranya, rendamlah kaki ke dalam air hangat selama beberapa menit. Kemudian bisa mengoleskan minyak kelapa pada tumit kaki sambil memijatnya dengan lembut.

2. Bawang putih dan madu

Selain minyak kelapa, sahabat fimela bisa menggunakan bawang putih dan madu. Memiliki kandungan antibakteri dan antimikroba bisa membantu melembapkan kulit dan mempercepat penyembuhan kulit kaki yang kering.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, yaitu parutlah 4 siung bawang putih terlebih dahulu, campurlah dengan sedikit air bersih. Lalu, oleskan pada tumit kaki. Lakukan terapi tersebut setiap malam sebelum tidur secara rutin.

Saat bangun di pagi harinya, bersihkan tumit dengan air dingin dan oleskan madu untuk mempercepat penyembuhan kaki pecah-pecah.

3. Masker alpukat

Alpukat adalah buah yang mengandung vitamin A, vitamin E, omega, asam lemak, dan nutrisi lainnya yang mampu mempercepat proses penyembuhan kaki pecah-pecah.

Cara menggunakannya dengan mencampur buah alpukat dengan buah pisang dan madu, atau keduanya. Haluskan bahan-bahan tersebut kemudian oleskan pada bagian kaki yang pecah-pecah dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilaslah menggunakan air hangat sampai bersih.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun diklaim bisa membantu melembapkan kulit dan merangsang sirkulasi darah, sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan kaki pecah-pecah. Sama seperti saat menggunakan minyak kelapa, yaitu rendamlah kaki pada air hangat terlebih dahulu. Kemudian oleskan minyak zaitun.

5. Masker oatmeal

Selain enak dijadikan sarapan, oatmeal juga bermanfaat untuk menyembuhkan kulit iritasi dan meradang. Tentunya juga bisa membantu mengatasi kaki pecah-pecah.

Caranya, campurkan oatmeal dengan minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak sayur lainnya. perbandingannya 1:1, jadi jika 1 sendok oatmeal, maka dicampur dengan 1 sendok minyak. Oleskan pada kaki yang pecah-pecah dan diamkan selama 3o menit.

Nah, itu dia bahan alami yang bisa sahabat fimela manfaatkan untuk mengatasi kaki pecah-pecah. Semoga bermanfaat!

 

Penulis: Nur Faizah

Penyebab Kaki Pecah-Pecah

1. Memiliki Kondisi Medis Tertentu

Penyebab kaki pecah-pecah yang pertama, adalah karena seseorang memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes, hipotiroidisme dan malnutrisi. Penyakit ini bisa membuat kulit sangat kering dan kekurangan cairan, sehingga tumit kaki bisa terkena dampak dan teksturnya jadi pecah-pecah.

2. Terlalu Sempit Ukuran Sepatu

Menggunakan sepatu yang tidak sesuai ukuran adalah penyebab paling umum, bagian telapak kaki mengalami pecah-pecah. Apalagi jika bagian belakang sepatu terbuka, dan ada bagian tumit yang tidak terkena sepatu, maka telapak kaki akan mengeras, menebal dan jaringan lemak menumpuk, kemudian berubah menjadi pecah-pecah.

3. Terlalu Sering Berdiri

Penyebab kaki pecah-pecah yang terakhir, yaitu terlalu sering berdiri. Hampir sama dengan sering menggunakan sepatu hak tinggi, sering berdiri memberikan tekanan berlebih pada kaki. Jika kondisi lantai kasar dan keras, tumit kaki akan lebih mudah kasar dan pecah-pecah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading