5 Masker Bahan Alami untuk Perawatan Kaki Pecah-Pecah

Fimela Reporter06 Okt 2022, 20:30 WIB
Diperbarui 06 Okt 2022, 20:30 WIB
Perawatan kaki pecah-pecah

Fimela.com, Jakarta Memiliki kaki pecah-pecah memang dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri untuk melepas alas kakinya di tempat umum atau jika sedang bersama orang banyak. Terkadang kaki pecah-pecah juga menimbulkan rasa sakit yang cukup menganggu kenyamanan saat berjalan.

Ada banyak penyebab kaki pecah-pecah, di antaranya adalah obesitas, memakai alas kaki berbahan keras atau kekecilan, jarang menggunakan alas kaki ketika bepergian keluar rumah, berdiri terlalu lama, dan kurangnya menjaga kebersihan kaki.

Orang-orang pastinya sangat fokus dalam hal perawatan kulit, terutama kulit wajah. Namun karena terlalu fokus dengan kulit wajah, terkadang sampai lupa kalau kaki juga perlu perawatan agar terhindar dari kulit mati dan pecah-pecah. Tidak hanya wajah yang memerlukan masker, ternyata kaki juga memerlukan nutrisi yang terdapat dalam masker lho. Melansir dari berbagai sumber, berikut merupakan masker bahan alami untuk perawatan kaki pecah-pecah.

1. Masker Pisang

pisang
Tips perawatan kaki dengan khasiat buah pisang. (unsplash.com/Mike Dorner)

Pisang memiliki banyak kandungan nutrisi yang meliputi vitamin A, B6, dan C yang dapat menjaga elastisitas serta kelembapan kulit. Membuat masker alami untuk kaki dengan buah pisang hanya membutuhkan satu bahan, yaitu buah pisang yang sudah matang. Melansir dari netmeds.com, berikut cara membuat masker pisang untuk kaki:

1. Haluskan 2 buah pisang yang sudah matang. Pastikan buah pisang tersebut sudah benar-benar matang karena buah pisang yang masih mentah mengandung acid yang tidak baik untuk kulit.

2. Oleskan adonan pisang yang sudah dihaluskan ke seluruh bagian kaki termasuk kuku dan bagian tepi jempol kaki. 

3. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air. Lalukan kegiatan ini sebelum tidur selama paling sedikit 2 minggu untuk mendapatkan hasil yang menakjubkan.

2. Masker Madu

Madu
Khasiat madu untuk perawatan kaki. (unsplash.com/Benyamin Bohlouli)

Madu mengandung antibakteri yang dapat membantu menyembuhkan kaki pecah-pecah. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat masker madu adalah 1 gelas madu dan air hangat. Berikut cara membuat masker madu untuk kaki pecah-pecah:

1. Campurkan satu gelas madu ke dalam bak yang berisi air hangat.

2. Bersihkan kaki lalu masukkan ke dalam bak tadi dan pijat kaki dengan lembut selama 20 menit.

3. Keringkan kaki, dan oleskan moisturizer. Lakukan kegiatan ini selama beberapa minggu.

3. Masker Minyak Sayur

Minyak sayur dilengkapi dengan banyak kandungan nutrisi yang meliputi vitamin A, D, dan E yang dapat mengubah kulit dan menyembuhkan kaki pecah-pecah dengan menciptakan sel kulit baru. Berikut cara pengaplikasiannya:

1. Bersihkan kaki secara keseluruhan.

2. Oleskan minyak sayur secara tebal sampai menutupi tumit dan bagian jempol kaki.

3. Kenakan kaus kaki bersih yang nyaman dan diamkan semalaman. Lakukan hal ini setiap hari sebelum tidur agar kaki terbebas dari pecah-pecah.

4. Masker Vaseline dan Lemon

Lemon
Atasi permasalahan kulit kaki pecah-pecah dengan buah lemon. (unsplash.com/Elena Kloppenburg)

Kandungan asam yang terdapat dalam lemon dan dikombinasikan dengan efek kelembapan dari Vaseline dapat membantu untuk merawat kaki yang pecah-pecah. Melansir dari netmeds.com, berikut cara pemakaiannya:

1. Siapkan 1 sendok teh Vaseline, 4-5 tetes air perasan lemon, dan air hangat.

2. Masukkan kaki ke dalam air hangat selama 15 menit lalu bilas dan keringkan.

3. Oleskan gabungan dari 1 sendok teh Vaselin dan 4-5 tetes air perasan jeruk lemon pada seluruh bagian telapak kaki.

4. Kenakan kaus kaki bersih dan diamkan semalaman.

5. Bilas kaki di pagi hari. Lakukan ini secara rutin sebelum tidur.

5. Masker Tepung Beras, Madu, dan Cuka

Tepung beras
DIY masker alami untuk merawat kulit kaki yang pecah-pecah. (unsplash.com/Luba Ertel)

Tepung beras bekerja dengan baik sebagai eksfoliasi yang dapat menghilangkan sel kulit mati pada kaki. Madu yang bekerja sebagai antibakteri ditambah dengan cuka yang mengandung asam dapat membantu untuk melembapkan kulit kering. Berikut cara menggunakan masker tepung beras, madu, dan cuka untuk kaki pecah-pecah:

1. Siapkan 2 sendok makan tepung beras, 1 sendok teh madu, 5-6 tetes cuka. 

2. Campurkan ketiga bahan tersebut untuk membuat scrub.

3. Rendam kaki pada air hangat selama 10 menit, lalu oleskan scrub untuk menghilangkan sel kulit mati pada kaki.

4. Lakukan hal ini 2-3 kali seminggu secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Skincare Rutin untuk Kaki Pecah-Pecah

Moisturizer
Tips kecantikan perawatan kulit kaki yang pecah-pecah. (unsplash.com/Diana Polekhina)

Mengutip dari health.clevelandclinic.org, terdapat beberapa rutinitas yang harus dilakukan untuk merawat kaki agar terhindar dari kaki pecah-pecah, diantaranya:

1. Menggunakan moisturizer dua kali sehari, hal ini dapat membantu untuk menghilangkan sel kulit mati pada kaki. Ada banyak produk moisturizer yang disarankan salah satunya moisturizer yang dapat mengeksfoliasi kulit. CeraVe SA Cream for Rough & Bumpy Skin sangat cocok digunakan untuk merawat kaki pecah-pecah karena dapat membantu menjaga barrier kulit pada telapak kaki.

2. Gunakan kaus kaki saat tidur dapat membantu melindungi kaki dari bahan kain yang kasar, sehingga kelembutan kulit telapak kaki terjaga.

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓