Sukses

Beauty

Step by Step Menggunakan Face Oil yang Tepat, Biar Hasilnya Bikin Kulit Glowing Maksimal

Fimela.com, Jakarta Jadi salah satu skincare yang viral beberapa waktu belakangan ini, face oil jadi produk yang banyak diperbincangkan di kalangan beauty enthusiast. Manfaat utamanya tentu saja buat menjaga kelembapan kulit yang membantu membuat wajah jadi terlihat lebih glowing. Tapi sesuai dengan namanya yang menandakan produk ini merupakan oil alias minyak, banyak yang merasa ragu-ragu saat akan memasukkannya ke dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari. Terutama buat yang punya kulit berminyak.

Kalau kamu pikir face oil bisa membuat wajah terasa lengket dan berminyak, tandanya kamu belum mengenal dengan baik jenis produk yang satu ini. Pada dasarnya face oil nggak akan menyebabkan efek greasy yang mengganggu karena formulasinya bekerja untuk mengatasi masalah kulit yang lebih fokus.

Ingin mencoba memasukkan skincare yang satu ini ke dalam ritual perawatan sehari-hari? Tunggu dulu, sudah pastikan step by step menggunakan face oil yang tepat berikut ini, Sahabat Fimela?

Pilih Jenis Face Oil yang Tepat dan Jangan Lupa Patch Test

Produk face oil ternyata ada banyak macamnya, dengan berbagai varian yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit. Jadi, beda tipe kulit, beda juga produk yang digunakan. Pastikan jangan salah pilih produk demi hasil penggunaan yang maksimal.

Ahli dermatologi dari The Esthetic Clinics India, Dr. Rinky Kapoor, memberikan saran kandungan face oil yang sebaiknya digunakan pemilik kulit normal adalah jojoba oil, marula oil, squalane, dan coconut oil. Sementara itu, argan oil, almond oil, dam rosehip oil menjadi formula yang disarankan untuk pemilik kulit kering. Terakhir, formula minyak yang ringan dari tea tree, jojoba oil, hingga grapeseed oil cocok untuk pemilik kulit berminyak.

Jangan lupa lakukan dulu patch test sebelum mengaplikasikan face oil untuk seluruh wajah. Tes ini bisa dilakukan dengan mengoleskan sedikit produk di belakang telinga atau sebagian kecil kulit wajah. Perhatikan reaksi alergi yang diberikan. Hindari pemakaian jika menimbulkan reaksi kemerahan, gatal atau panas.

Cari Tahu Waktu Pemakaian yang Tepat

Penggunaan skincare apapun memang perlu mengetahui waktu yang tepat untuk mengaplikasikannya agar hasil yang didapat bisa lebih maksimal. Khusus face oil, waktu yang disarankan untuk menggunakan produk yang satu ini adalah malam hari setelah penggunaan pelembap untuk mengunci kelembapan kulit dengan maksimal.

Namun, bagi yang memiliki tipe kulit super kering, face oil juga bisa diaplikasikan pada pagi hari sebelum penggunaan sunscreen. Hal ini bisa membantu membuat wajah lebih lembap, sehingga kulit terlihat mulus dan nggak ada efek makeup crack yang mengganggu.

Seberapa Banyak yang Harus Digunakan?

Jika tidak ingin wajah jadi terlihat banjir minyak setelah penggunaan face oil, perhatikan juga seberapa banyak produk yang digunakan. Beberapa ahli dermatologi menyarankan untuk memakainya 2-3 tetes produk saja sudah cukup untuk menjaga kelembapan alami dengan maksimal.

Produk yang satu ini sendiri memiliki tingkat konsentrasi yang lebih tinggi kalau dibandingkan dengan serum atau skincare lainnya. Jadi, penggunaan yang terlalu banyak bisa membuat pori-pori tersumbat dan wajah pun jadi terlihat sangat berminyak. Bagi yang memiliki kulit berminyak pun bisa menyesuaikan sendiri sesuai dengan kondisi kulitnya masing-masing.

Tunggu Setiap Produk Meresap dengan Baik Sebelum Mengaplikasikan Face Oil

Salah satu rules penting saat layering skincare adalah menunggu 1-2 menit sebagai waktu jeda. Hal ini penting agar setiap produk yang digunakan bisa meresap dengan baik ke dalam kulit, sehingga formula setiap produk bisa benar-benar dirasakan.

Jadi, pastikan memperhatikan urutan skincare yang benar dan beri jeda 1-2 menit sebelum melakukan layering dengan skincare lainnya. Umumnya, pemakaian skincare itu dimulai dari yang memiliki tekstur cair hingga ke yang kental. Misalnya dimulai dari toner, first essence, serum, moisturizer, baru terakhir face serum. Jika langsung menggunakan semuanya sekaligus, efeknya bisa membuat produk jadi menggumpal dan susah meresap ke dalam kulit. Selama proses penggunaan, tap tap dengan lembut pada kulit untuk memastikan formula face oil benar-benar meresap dengan baik.

Itu tadi beberapa tips yang bisa digunakan saat menggunakan face oil. Yuk, terapkan dengan benar agar hasilnya glowing maksimal, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading