7 Cara Mengatasi Jerawat Punggung agar Tidak Muncul Kembali

Fimela Reporter06 Okt 2022, 18:15 WIB
Diperbarui 06 Okt 2022, 18:15 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Jerawat tidak timbul di wajah saja, namun juga dibagian tubuh lain termasuk punggung. Timbulnya jerawat di tubuh terkadang membuat tidak nyaman. Apalagijerawat punggung, saat bergesekan dengan pakaian rasanya nyeri dan bekas yang ditinggalkan membuat kepercayaan diri menurun.

Melansir dari Health Line, jerawat muncul ketika sebum ekstra dan sel-sel kulit mati menumpuk. Penumpukan ini memblokir pori-pori kulit dan bakteri yang menyebabkan pembengkakan atau jerawat. Selain itu jerawat juga dapat disebabkan oleh genetika, hormon, stres, keringat, dan makanan.

Bila memiliki jerawat punggung yang tak kunjung hilang, berikut ini beberapa cara untuk mengatasi jerawat punggung agar tidak kembali lagi.

1. Mandi Setelah Berolahraga

mandi
Mandi setelah berolahraga untuk menghilangkan keringat menempel/copyright shutterstock.com

Membiarkan keringat menempel di tubuh setelah berolahraga atau beraktivitas adalah pemicu paling besar timbulnya jerawat punggung. Segeralah mandi setelah berolahraga dan ganti pakaian dengan yang bersih. Untuk memaksimalkan kebersihan tubuh, gunakan handuk bersih untuk menyeka air setelah mandi.

2. Memakai Pakaian yang Longgar

Pakaian
Kenakan pakaian longgar lebih baik agar kulit bernapasCredit: pexels.com/Vion

Pakaian ketat akan menjebak kotoran dan keringat di tubuh. Apalagi bila melakukan aktivitas yang banyak bergerak, gesekan pakaian pada kulit akan menyebabkan kotoran masuk dan menyumbat pori-pori. Gunakanlah pakaian yang longgar untuk membantu kulit bernapas.

3. Eksfoliasi

Scrub
Rutin menggunakan scrub dapat mengangkat sel kulit mati (Sumber foto: Pexels.com).

Rutinlah menggunakan scrub untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati di tubuh. Hal ini dapat membantu mengatasi kotoran penyebab jerawat punggung. Scrub yang mengandung asam salisilat adalah pilihan terbaik.

4. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Mengandung Tea Tree

Tea Tree
Produk skincare berbahan tea tree baik untuk kesehatan kulit/copyright shutterstock by AmyLv

Tea tree atau teh hijau adalah salah satu bahan yang banyak digunakan dalam kandungan berbagai produk skincare. Tea tree terbukti mampu mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk menghilangkan jerawat punggung. Cobalah untuk menggunakan lotion, pembersih, atau krim tubuh yang mengandung tea tree.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan Sehat
Konsumsi makanan sehat baik untuk kesehatan dan kecantikan. (Sumber foto: Pexels.com).

Pola makan yang tidak sehat dapat mempengaruhi tubuh. Bila memiliki tipe kulit mudah berjerawat, makanan yang dikonsumsi harus lebih selektif. Penelitian menunjukkan bahwa makanan tinggi indeks glikemik (GI) menyebabkan gula darah naik dengan cepat yang dapat memperburuk jerawat. Makanan ini antara lain roti, pasta, dan nasi putih. Beralihlah pada makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh dan kulit antara lain sayur, buah-buahan, protein tanpa lemak, dan biji-bijian.

6. Jaga Kebersihan Rambut

Keramas
Rambut yang kotor dapat menyumbang bakteri penyebab jerawat punggung/Credit: pexels.com/Armin

Rambut yang kotor dapat menyumbang bakteri penyebab jerawat. Apalagi bila memiliki rambut panjang yang sering bergesekan dengan punggung. Bersihkan rambut secara teratur agar tidak berminyak. Sanggul rambut saat sedang berkeringat. Hal ini membantu kulit lebih mudah bernapas.

7. Bilas Tubuh dengan Bersih Setelah Mandi

handuk
Menyeka tubuh dengan benar agar tidak menyisakan kotoran di tubuh/Sumber: Freepik

Sisa shampoo dan conditioner pada punggung dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat. Alangkah baiknya, bilas tubuh dengan baik setelah mencuci rambut.

Tips : Lakukan rangkaian mencuci rambut sebelum menggosok tubuh dengan sabun.

Perhatikan kebersihan tubuh agar kulit bersih dan bebas dari jerawat. Bila jerawat punggung tak kunjung membaik, segeralah temui dokter.

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela