7 Cara Menyeimbangkan pH Kulit Wajah yang Alami

Kezia Prasetya Christvidya21 Sep 2022, 07:03 WIB
Diperbarui 21 Sep 2022, 07:03 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Berbagai masalah kulit bisa dialami seseorang yang memiliki pH kulit tidak seimbang. Potential hydrogen atau yang sering disebut dengan pH kulit adalah istilah untuk menyebutkan kadar keasaman atau basa pada kulit. Normalnya, pH kulit yang normal adalah sekitar 4,5-5,5.

Ukuran pH kulit yang terlalu asam akan menyebabkan kondisi kulit menjadi kemerahan hingga berjerawat. Sedangkan pH kulit yang basa bisa memicu kulit kering dan mengelupas. Untuk itu, Sahabat Fimela wajib menjaga keseimbangan pH kulit.

Saat pH kulit tidak seimbang, biasanya disebabkan karena faktor usia, sering terpapar sinar matahari, pola makan yang kurang sehat, atau kurang menjaga kebersihan kulit. Cara menyeimbangkan pH kulit wajah bisa dilakukan secara rutin. Berikut cara yang dapat dilakukan setiap hari dengan alami:

Cara Menyeimbangkan pH Kulit Wajah

skincare-kezo
ilustrasi Cara Menyeimbangkan pH Kulit Wajah/metamorworks/shutterstock

1. Cuci Wajah dengan Sabun yang Tepat

Cara menyeimbangkan pH kulit yang pertama yaitu dengan mencuci wajah dengan sabun yang tepat. Sahabat Fimela bisa menggunakan sabun muka dengan klaim kadar pH sekitar 4,5-7. Hindari penggunaan sabun muka yang mengandung alkohol atau parfum.

2. Gunakan Toner

Selain menyegar kulit, toner memiliki manfaat lain untuk menyeimbangkan pH kulit. Toner yang tepat untuk digunakan adalah pH balancing toner. Toner ini memiliki formula yang ringan dan dapat mengangkat komedo yang ada di dalam pori-pori. Gunakan toner ini setiap pagi dan malam.

3. Gunakan Pelembap

Setelah menggunakan toner, gunakan pelembap yang memiliki klaim noncomedogenic. Pelembap ini akan membantu menyeimbangkan pH kulit, menghidrasi kulit, dan mencerahkan wajah. Gunakan pelembap yang berbentuk lotion, gel atau krim.

Cara Menyeimbangkan pH Kulit Wajah yang Selanjutnya

skincare-kezo
ilustrasi Cara Menyeimbangkan pH Kulit Wajah/Pressmaster/shutterstock

4. Gunakan Sunscreen

Cara menyeimbangkan pH kulit yang selanjutnya adalah dengan penggunaan sunscreen secara rutin. Sunscreen atau tabir surya dapat melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Bahkan membantu mencegah penuaan dini pada kulit. Gunakan sunscreen dengan kandungan SPF 30 PA++.

5. Rutin Mengeksfoliasi Wajah

Eksfoliasi wajah dapat dilakukan seminggu 2 kali saja. Sebaiknya eksfoliasi wajah pada malam hari, agar kondisi pH kulit tetap seimbang. Eksfoliasi wajah juga bisa membantu melembutkan tekstur wajah dan meregenerasi sel kulit.

Cara Menyeimbangkan pH Kulit Wajah yang Terakhir

skincare-kezo
ilustrasi Cara Menyeimbangkan pH Kulit Wajah/siro46/shutterstock

6. Mengonsumsi Makanan Sehat

Tak hanya merawat kulit dengan skincare saja. Sahabat Fimela juga perlu mengonsumsi makanan yang bergizi, yang mengandung vitamin dan antioksidan. Contohnya mengonsumsi sayuran yang berwarna hijau, dan buah-buahan yang rendah fruktosa. Hindari mengonsumsi makanan yang berlemak, seperti gorengan atau makanan cepat saji.

7. Rajin Berolahraga

Cara yang terakhir adalah rajin berolahraga. Selain meningkatkan sistem imunitas tubuh, olahraga dapat melancarkan sirkulasi darah dan menyeimbangkan pH kulit. Lakukan olahraga setiap hari dengan intensitas sedang, seperti lari, jalan kaki atau bersepeda.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela