Sukses

Beauty

Panduan Memilih Sunscreen Terbaik untuk Tubuh, Penasaran?

Fimela.com, Jakarta Coba ngaku dulu, siapa nih yang sampai sekarang masih sering melewatkan penggunaan sunscreen? Sebagian dari perempuan mungkin masih sering menganggap sunscreen hanya perlu digunakan saat cuaca panas di siang hari saja. Padahal kenyataannya radiasi sinar matahari sudah bekerja mulai jam 10 pagi. Paparannya juga bisa mengenai kulit saat cuaca mendung sekalipun. Nggak hanya itu, radiasi UVA juga bisa menembus pakaian dan kaca saat berada di dalam ruangan, lho.

Jika sudah terkena radiasi dari sinar UVA, maka kerusakan kulit pun jadi tak bisa dihindarkan. Mulai dari kulit terbakar, munculnya tanda-tanda penuaan, hingga resiko terjadi kanker kulit. Oleh karena itu, penting sekali untuk menggunakan sunscreen agar mendapatkan perlindungan yang maksimal dari bahaya negatif sinar matahari.

Bagi yang masih dilema ingin menggunakan sunscreen jenis apa yang cocok bagi kulit, yuk baca dulu informasi di bawah ini.

1. Memilih Sunscreen dengan Tingkat Perlindungan yang Dibutuhkan

Saat berada di luar atau di dalam ruangan, penting untuk menggunakan sunscreen pada kulit tubuh. Tentunya, dalam menggunakan sunscreen ini perlu juga untuk menyesuaikan tingkat perlindungan seperti apa yang sedang dibutuhkan.  Tingkat perlindungan tersebut bisa dilihat dari seberapa tinggi kandungan SPF yang ada di dalam produk.

Sunscreen umumnya memiliki beberapa tingkatan SPF yang efektivitasnya berbeda dari satu tingkatan ke tingkatan lainnya. Pada tingkatan SPF 10 – SPF 20 PA+ hingga PA++, cocok digunakan untuk yang berada di dalam rumah atau yang ingin melakukan kegiatan luar dengan waktu yang relatif singkat. Sedangkan untuk SPF 20 – SPF 30 dengan atau tanpa PA++, sangat sesuai untuk kegiatan olahraga atau aktivitas luar lainnya yang tidak memakan waktu sepanjang hari. Terakhir, ada tingkatan SPF 30 – SPF 50+ PA++++ pada sunscreen yang berguna dan cocok untuk yang ingin melakukan kegiatan outdoor dalam selang waktu yang lama seperti pergi ke pantai atau jalan-jalan di tengah siang hari. 

2. Menggunakan Sunscreen dengan Tekstur yang Nyaman

Selain memilih berdasarkan tingkatan SPF, perlu juga memakai sunscreen yang memiliki tekstur yang nyaman pada kulit tubuh. Seperti apa sih kriteria tekstur pada sunscreen yang bagus? Tentu saja yang pertama haruslah yang terasa ringan saat dipakai. Ringan di sini berarti produk yang digunakan akan langsung menyerap dan hilang ke dalam permukaan kulit. Sehingga bisa memberikan sensasi seperti tidak memakai produk skincare pada permukaan tubuh.

Selain itu, sunscreen yang ideal adalah yang tidak lengket meski telah dipakai seharian. Jika saja ada sisa-sisa zat yang masih menempel di permukaan kulit dan menimbulkan rasa lengket, tentunya tidak akan memberikan kenyamanan bagi para penggunanya, bukan? Oleh sebab itu, bijaklah dalam memilih produk sunscreen apa yang akan digunakan. 

3. Menghindari Sunscreen yang Mengandung Bahan Berbahaya

Meskipun memakai sunscreen bagus untuk melindungi kulit dari sinar UVA/UVB, tetapi penting juga untuk memperhatikan beberapa bahan yang terkandung di dalamnya. Hal ini karena adanya bahan-bahan di dalam sunscreen yang ternyata memiliki bahaya yang terselubung hingga dapat mengganggu kesehatan pada tubuh. Misalnya saja kandungan  Oxybenzone yang mampu membuat kulit semakin kering dan mudah iritasi. 

Ada juga kandungan Paraben yang bisa mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh dan menimbulkan reaksi alergi saat digunakan. Bahan lainnya yang harus dihindari ketika hendak membeli sebuah produk sunscreen adalah Titanium Dioxide dan Zinc Oxide. Kedua zat ini diketahui dapat menimbulkan berbagai efek samping yang buruk pada kesehatan mulai dari sesak napas hingga yang terparah yaitu penyakit kanker.

Itu tadi beberapa panduan seputar pemilihan sunscreen yang baik. Penggunaan sunscreen sendiri tentunya harus dimulai dari kesadaran pribadi setiap individu, ya. Kalau sudah tahu sisi bahaya dari sinar matahari, pastinya akan lebih perhatian lagi untuk merawat kulit tubuh seperti penggunaan produk skincare ini. Untuk itu, cintailah dan rawatlah kulit tubuh agar selalu sehat dan tidak rusak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading