Sukses

Beauty

Atasi Rambut Bercabang dengan 7 Bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Bagi kaum hawa, rambut merupakan mahkota yang harus dijaga. Banyak perempuan yang memimpikan memiliki rambut yang sehat dan indah. Namun sayangnya banyak perempuan yang masih mengalami berbagai permasalahan rambut. Salah satu permasalahan rambut yang umum dialami adalah rambut bercabang.

Rambut bercabang membuat tampilan rambutmu menjadi terlihat kering dan kurang sehat. Selain itu rambut bercabang membuat helai rambutmu rapuh dan mudah patah. Kondisi rambut bercabang umumnya disebabkan oleh penggunaan produk perawatan rambut yang kurang tepat atau terlalu sering menggunakan alat-alat styling rambut seperti hair dryer, catokan, dan pengeriting.

Untuk kamu yang mengalami permasalahan rambut bercabang, kamu bisa menggunakan tujuh bahan alami dibawah ini.

1. Minyak Zaitun

Bahan alami yang pertama yang bisa kamu pakai untuk mengatasi rambut bercabang adalah minyak zaitun. Minyak zaitun dapat menutrisi rambut karena mengandung vitamin E yang baik untuk rambut. Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun mampu membuat rambut tetap lembap dan kuat yang dapat membantu mengatasi rambut bercabang.

Untuk kamu yang ingin menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi rambut bercabang, kamu bisa mengaplikasikan minyak zaitun keseluruh rambut, diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

2. Minyak Kelapa

Yang kedua untuk mengatasi rambut bercabang kamu bisa menggunakan minyak kelapa. Kadungan asam lemak yang tinggi dalam minyak kelapa yang mudah menyerap dalam batang rambut dapat membuat rambut lembap sehingga mengurangi resiko rambut bercabang.

Bagi kamu yang ingin memanfaatkan minyak kelapa untuk mengatasi rambut bercabang kamu bisa menuangkan sedikit minyak kelapa ke telapak tangan lalu oleskan ke seluruh rambut dari akar sampai ke ujungnya, biarkan semalaman. Lalu paginya kamu bisa keramas untuk menghilangkan minyak berlebih.

3. Minyak Kemiri

Bahan alami yang bisa kamu coba selanjutnya adalah minyak kemiri. Kandungan asam linoleat dan linolenat dalam minyak kemiri dapat menutrisi dan melembapkan rambut sehingga dapat memperbaiki masalah rambut bercabang. 

Buat sahabat Fimela yang ingin menggunakan minyak kemiri untuk merawat rambut bercabang, kamu bisa mengoleskan minyak kemiri keseluruh helaian rambut dan kulit kepala lalu diamkan selama 1 jam atau semalaman, setelah itu kamu bisa bilas dengan shampo sampai bersih.

4. Minyak Almond

Bahan alami yang bisa merawat rambut bercabang selanjutnya adalah minyak almond. Minyak almond memiliki kandungan vitamin E yang didalamnya terdapat efek antioksidan yang berfungsi untuk melindungi rambut dari stres lingkungan sehingga rambut tampak lebih sehat dan berkilau.

Buat kamu yang memilih untuk memakai minyak almond sebagai bahan alami untuk merawat rambut bercabang kamu bisa menjadikan minyak almond sebagai masker rambut. Kamu bisa mengoleskan minyak almond pada seluruh helaian rambut sebelum tidur. Pijat selama kurang lebih 15 menit. Lalu tutup rambut dengan shower cap dan diamkan selama semalam. Keesokannya kamu bisa bilas rambutmu menggunakan shampo untuk membersihkan sisa minyak almond.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya memang dikenal sebagai salah satu bahan alami yang baik untuk merawat kesehatan kulit dan rambut. Lidah buaya mengandung antimikroba, antiinflamisi, dan pelembap yang baik untuk menutrisi rambut. Menggunakan lidah buaya secara rutin dapat membuat rambut lembap, sehat, dan bebas dari rambut bercabang

Cara menggunakan lidah buaya untuk merawat rambut bercabang adalah dengan mencampurkan 1 sdm gel lidah buaya dengan 1 sdm minyak almond. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan rambut, diamkan selama 20 sampai 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air. Lakukanlah sebanyak 2 kali dalam seminggu

6. Madu

Selain untuk dikonsumsi, madu bisa digunakan untuk merawat rambut yang bercabang. Kandungan humektan pada madu dapat mejaga kelembapan rambut sehingga dapat membantu mengatasi rambut bercabang. Selain itu madu juga mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat melindungi rambut dari radikal bebas agar rambut tetap sehat dan berkilau

Cara menggunakan madu untuk merawat rambut yang bercabang adalah dengan menjadikan madu sebagai masker rambut. Oleskan madu murni ke rambut yang bercabang, diamkan selama 30menit dan bilas sampai bersih.

7. Alpukat

Bahan alami terakhir yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi rambut bercabang adalah alpukat. Buah alpukat yang biasanya dikonsumsi untuk dijadikan berbagai olahan makanan, dapat juga kamu gunakan untuk merawat rambut yang bercabang. Buah Alpukat mengandung asam lemak dan vitamin E dapat menutrisi rambut dari akar sampai ujungnya yang membuat rambut lebih sehat.

Untuk kamu yang memilih buah alpukat untuk mengatasi rambut bercabang kamu bisa membuat masker rambut dari buah alpukat. Caranya mudah, campurkan buah alpukat yang sudah dihaluskan dengan 2 sdm minyak zaitun lalu oleskan pada batang rambut secara merata. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas rambut sampai bersih.

Nah, itulah tujuh bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi rambut bercabang. Semoga bermanfaat!

 

Penulis: Diah Ayu V.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading