Manfaat Tranexamid Acid Pada Skincare yang Diandalkan untuk Meratakan Warna kulit

Novi Nadya03 Okt 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 10:00 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Jenis asam yang kurang dikenal ini diandalkan untuk mengobati melasma, hiperpigmentasi, dan jenis perubahan warna kulit lainnya, seperti ditulis healthline.com. Tranexamid Acid berasal dari asam amino lisi, yang sudah digunakan secara tradisional sebagai obat oral untuk pendarahan menstruasi yang hebat.

Namun, saat dioleskan, itu dapat mengubah cara sel memproduksi melanin, pigmen yang memberi warna kulit, menurut asisten profesor dermatologi di NYU Langone Health Mary Stevenson. Pada dasarnya, hal itu mengganggu jalur di kulit yang mungkin menyebabkan warna kulit tidak merata.

Lalu, apa manfaat Tranexamid Acid dalam produk perawatan kulit atau skincare? Studi menunjukkan ada beberapa manfaat asam traneksamat untuk kulit.

 

 

Membuat barrier kulit yang lebih kuat.

Barrier kulit atau lapisan terluat kulit, berfungsi sebagai perisai yang membantu menjaga kelembapan dan racun yang masuk, serta melindungi dari iritasi.

Untuk orang yang hidup dengan rosacea, penelitian tahun 2020 menunjukkan jika barrier sering rusak dan tidak berfungsi dengan baik. Menurut penelitian kecil tahun 2015 yang menerapkan perawatan asam traneksamat, kulit mereka menunjukkan tanda-tanda rosacea yang lebih sedikit daripada yang tidak menggunakan perawatan ini.

 

 

Mengurangi bintik hitam dan perubahan warna

"Tranexamid Acid untuk kulit dapat berfungsi sebagai pencerah untuk mengurangi bintik hitam dan memperbaiki hiperpigmentasi. Karena asam traneksamat mengganggu produksi melanin," ujar dokter kulit bersertifikat dan pendiri Bella Skin Institute Anna Guanche, MD.

 

Mengurangi perubahan warna setelah breakout dan kerusakan akibat sinar matahari

Terkadang, jerawat dapat menyebabkan eritema pasca-inflamasi. Ini adalah perubahan warna merah, merah muda, atau ungu yang membandel.

Sebuah studi kecil tahun 2021 menunjukkan bahwa asam traneksamat dapat membantu meningkatkan warna kulit dan mengurangi kemerahan serta bintik hitam terkait sinar matahari.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela