Sukses

Beauty

Mengetahui Penyebab Jerawat Berdasarkan Letaknya di Wajah, Kira-Kira Kenapa Ya?

Fimela.com, Jakarta Munculnya jerawat memang bisa terasa menyebalkan. Awalnya mungkin hanya berbentuk benjolan kecil yang nggak terlalu kelihatan. Tapi, jika kondisinya meradang hingga memerah jelas jadi hal yang bisa mengganggu penampilan. Bagi pemilik tipe acne prone skin, menggunakan skincare khusus bisa jadi salah satu cara untuk mengatasi masalah yang satu ini.

Namun, tahu nggak sih kalau ternyata kamu bisa menemukan penyebab jerawat yang muncul dilihat dari posisinya pada wajah? Cari tahu kenapa kamu bisa berjerawat dengan menggalinya lebih jauh, Sahabat Fimela!

Jerawat Muncul di Dahi: Masalah Pencernaan dan Stress

Sering menemukan jerawat yang muncul di sekitar dahi? Ternyata salah satu penyebabnya adalah masalah kesehatan pencernaan, lho. Yup, jerawat di bagian wajah tersebut bisa dikaitkan dengan konsumsi makanan yang kurang asupan nutrisi untuk tubuh sehingga menyebabkan masalah pencernaan. Selain itu, stres juga bisa menjadi penyebab munculnya masalah tersebut.

Nah, jerawat di dahi bisa diminimalisir dengan memulai kebiasaan diet sehat. Misalnya saja konsumsi makanan yang rendah kandungan gula, mengurangi konsumsi makanan olahan dan perbanyak minum air putih. Jangan lupa untuk dapatkan waktu istirahat yang cukup untuk mengurangi stres.

Jerawat di Garis Rambut: Penumpukan Produk Kecantikan

Sering mengalami jerawat yang muncul di sekitar area garis rambut? Kalau masalah yang satu ini biasanya terjadi karena penumpukan produk kecantikan yang digunakan sehari-hari. Misalnya saja penggunaan sampo yang dibilas kurang bersih atau sisa makeup yang nggak dibersihkan secara menyeluruh sehingga menyebabkan penumpukan di area tersebut.

Untuk mencegahnya, mulai perhatikan cara membersihkan wajah dan penggunaan produk kecantikan lainnya. Lakukan double cleanse untuk memastikan kebersihan wajah dan mengangkat residu produk yang tertinggal.

Pipi: Sarung Bantal yang Kotor dan Penggunaan Smartphone

Sering mengalami jerawat yang muncul di area pipi? Kalau masalah yang satu ini biasanya jadi tanda kalau sarung bantal yang digunakan sudah waktunya diganti. Benda yang satu ini memang bisa menjadi sumber kuman dan bakteri jika tidak sering diganti. Saat pipi menempel di bantal ketika tidur, bakteri dan kuman pun akan transfer ke kulit sehingga menyebabkan jerawat.

Hal yang sama terjadi jika kamu terlalu sering menelepon dengan menempelkan smartphone. Smartphone juga dikenal sebagai benda yang mengandung banyak kuman dan bakteri, sehingga menempelkannya pada wajah bisa menyebabkan perpindahan bakteri dan menyebabkan jerawat. Untuk mengatasinya, sebaiknya gunakan headset saat ingin berbicara lewat telepon.

Dagu dan Rahang: Hormon

Tiba-tiba menemukan jerawat di dagu atau rahang? Well, penyebabnya ternyata bisa jadi karena hormon. Disebut juga sebagai jerawat hormonal, biasanya muncul menjelang menstruasi atau pada masa kehamilan karena meningkatnya level androgen dalam tubuh.

Kadar androgen yang meningkat menyebabkan peradangan pada wajah, produksi minyak berlebih, hingga pori-pori tersumbat. Kalau biasanya muncul di area T Zone saat remaja, jerawat hormonal akan lebih banyak muncul di dagu dan rahang pada orang dewasa. Untuk meminimalisir masalah ini, disarankan untuk mengurangi asupan produk olahan susu dan menambahkan probiotik dalam diet sehat sehari-hari.

Sudah tahu kan penyebab jerawat dari posisi yang biasa kamu alami? Kalau begitu, sekarang waktunya mengubah kebiasaan sehari-hari untuk mencegah pertumbuhan jerawat yang makin banyak!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading