Fimela Awards Local Beauty & Personal Care Product of The Year: Popularitas Somethinc Berawal dari Tiga Kali Gagal

Vinsensia Dianawanti04 Okt 2022, 20:30 WIB
Diperbarui 04 Okt 2022, 20:30 WIB
Brand Kecantikan Lokal Somethinc Cetak Rekor MURI, Buat Menara Serum Pertama di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Bagi pecinta skincare lokal, siapa yang tidak mengenal Somethinc? Merek yang satu ini sukses merebut hati pecinta skincare tanah air dengan deretan produk yang dirilisnya.

Namun siapa sangka jika kesuksesan Somethinc justru berawal dari kegagalan Irene Ursula selaku founder. Menuturkan kepada Fimela.com, Irene Ursula sudah pernah mencoba bisnis skincare sebanyak tiga kali, jauh sebelum hadirnya Somethinc pada 2019. Sayangnya, usahanya tersebut gagal.

Meski demikian, Irene terus belajar soal kandungan, bahan baku, dan teknologi. Irene juga harus berusaha bagaimana caranya mendapatkan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap produk lokal. Perlahan tapi pasti, Somethinc menunjukkan kualitasnya sebagai skincare lokal yang bisa diterima masyarakat Indonesia.

Di awal kehadirannya, Somethinc sangat terkenal dengan produk pembersih wajah dan serumnya. Padahal sebenarnya melansir beberapa produk sekaligus, di antaranya eye cream, chemical exfoliant, essence, toner, hingga pelembab.

 

Rambah lini makeup

120 Set Makeup Rilisan Merek Lokal yang Cocok untuk Semua Warna Kulit
Somethinc baru saja merilis 120 set makeup yang cocok untuk semua warna kulit (Somethinc)

Seiring dengan berkembangnya inovasi, Somethinc memberikan diri untuk merambah ke lini makeup dengan menghadirkan Copy Paste Cushion. Cushion ini mendapat penerimaan positif dari masyarakat hingga viral. Berikutnya, Somethinc melengkapi koleksi makeupnya dengan eyeliner, eyeshadow palette, hingga produk lipstik.

Untuk bisa berada di posisi sekarang, Irene menyebut Somethinc sudah melalui berbagai fase. Dimulai dari membangu konsep, riset produk, pemilihan bahan, dan masih banyak lagi. Selain itu, Irene menyebut dirinya mengandalkan intuisi dalam menjalankan bisnis.

 

Berpegang pada intuisi

"Aku sih anaknya lebih ke feeling anaknya. Saat itu juga belum ada marketplace kan, terus pas aku menerka kayaknya bisa deh aku jualan di sini dan ternyata, it works," tuturnya.

Menurut Irene, Somethinc memiliki keunggulan tersendiri. Di mana Somethinc selalu mengajak penggemar setianya bahwa setiap orang bisa menjadi sesuatu. Terlebih setiap orang memiliki kulit yang unik dan berbeda-beda.

Untuk semakin menarik minat masyarakat lokal, Somethinc banyak berkolaborasi dengan artis Korea, seperti Han So Hee dan NCT 127. Prestasi terbaru, Somethinc memecahkan rekor MURI dengan membuat menara serum pertama di Indonesia.

Cerita inspirasi Somethinc membuat Fimela memilihnya sebagai salah satu nominasi di Fimela Awards 2022 untuk kategori Local Beauty & Personal Care Products of The Year. Yuk dukung Somethinc sebagai Local Beauty & Personal Care Products of The Year pilihan Sahabat Fimela. Klik di sini, untuk berikan suara dan dukunganmu.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela