Sukses

Beauty

Fimela Awards Makeup Artist of The Year: Archangela Chelsea Rutin Diterbangkan Seleb Hollywood ke Amerika dari Indonesia

Fimela.com, Jakarta Archangela Chelsea merupakan seorang makeup artist yang memiliki kiprah dan reputasi internasional. Alih-alih menetap di luar negeri, Chelsea, sapaan akrabnya justru memilih untuk tetap tinggal di Indonesia.

Chelsea lebih memilih untuk bolak-balik Amerika Serikat-Indonesia, yang terus dilakukannya sampai sekarang. Begitu juga saat Fimela mewawancarai via email, Chelsea sedang mempersiapkan penerbangannya ke Los Angeles.

Seperti yang kita tahu, sejak usia 16 tahun, Archangela Chelsea bersekolah sambil berkarier menjadi full time makeup artist di Los Angeles selama enam tahun. Lalu, ia memutuskan kembali ke tanah air namun tetap menjalani karier mancanegaranya.

"Sejak pulang pertama kali dari Amerika ke Indonesia, sampai saat ini enggak pernah setop tawaran kerjaan luar negeri yang datang dari network sampai artisnya sendiri. Kayaknya lebih seru banget, kalau aku diterbangin sama artis luar (luar negeri-red) untuk makeup-in mereka. Ada kebanggaan sendiri untukku sebagai orang Indonesia," ujar Chelsea menjawab pertanyaan kenapa tetap memilih tinggal di Indonesia.

Satu-satunya MUA Perempuan Indonesia

Chelsea sendiri bernaung di sebuah agensi untuk makeup artist di Amerika yang selama ini mengatur pekerjaan untuknya. Chelsea pun mengatakan jika ia menjadi satu-satunya perempuan Indonsia yang punya agen di Amerika.

"Di mana sangatlah susah, sungguh sangat susah, sungguh-sunggu susah. Karena agen untuk MUA enggak sebanyak aktor, aktris, atau penyanyi dan sangat kompetitif sekali," lanjut Chelsea.

Chelsea juga menceritakan jika setiap minggunya ia mendapatkan tawaran merias dari Netflix, ABC, Warner Brothers, dan jaringan besar lainnya. Termasuk dari klien personalnya seperti salah seorang cast di serial Bling Empire Kelly Mi Li, Olivia Munn, Elizabeth Olsen, termasuk penyanyi asal Korea CL. 

"CL kalau lagi di Los Angeles carinya aku juga. It's very interesting and honor bisa dipercaya artis mancanegara, tapi aku tetap tinggal di Indonesia," sambung Chelsea.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by archangelachelsea (@archangelachelsea)

Nominasi Makeup Artist of The Year Fimela Awards 2022

"Thank you so much to fimela.com, di mana aku bisa dapat nominasi dalam kategori MUA of the Year. It's such an honor for me, bersyukur karier aku ada nominasinya, biasanya kan, actor of the year, singer of the year, atau song of the year, jarang banget ada MUA of the year," ujar Chelsea saat diberi tahu menjadi salah satu nominasi dalam kategori MUA dalam ajang Fimela Awards 2022.

Chelsea menambahkan, jika berkarier sebagai makeup perempuan artist itu tak mudah di tengah dominasi MUA pria dalam industri tersebut. Nominasi ini, membuatnya merasa dihargai dalam perjuangan kariernya pulang pergi Amerika-Jakarta, Jakarta-Amerika untuk merias orang-orang luar negeri.

"Mungkin orang mikirnya kayak makeup artist itu cewek, tapi jujur, it's actually a male dominated industry juga, jadi berkarier sebagai MUA perempuan tidak mudah. Dan semoga perjuangan karier aku di luar negeri bisa membuat harum nama Indonesia dan semakin banyak profesi di balik layar yang diapresiasi," beber Chelsea.

Hal itu sekaligus menjadi harapan Chelsea bagi profesi MUA di Indonesia yang kerap dipandang sebelah mata. Ia berharap profesi MUA bisa diakui dan diapresiasi masyarakat seperti aktor, aktris, penyanyi, di mana MUA memiliki peran besar di baliknya. 

"Aku sendiri akan tetap terus menjadi MUA seglobal mungkin, dan terus berjuang karena masih banyak banget orang yang lebih hebat daripada aku. Dan semoga aku bisa jadi salah satu orang yang influential enough di dunia per-makeup-an di dunia," tutup Chelsea.

Yuk, dukung Archangela Chelsea sebagai Makeup Artist of The Year pilihan Sahabat FIMELA, klik di sini, untuk berikan suaramu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading