Sukses

Beauty

5 Manfaat Teh Hijau untuk Merawat Kesehatan Kulit Wajah

Fimela.com, Jakarta Teh hijau adalah jenis teh yang popular di Asia khususnya di daratan Tiongkok, Jepang, Hongkong, Timur Tengah, dan Asia Tenggara. Teh hijau berasal dari daun Camellia sinensis. Sejak ribuan tahun lamanya, teh hijau sudah dijadikan sebagai minuman obat dalam pengobatan Jepang dan China. Dilansir dari laman Healthline the hijau yang mengandung banyak antioksidan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan diantaranya meningkatkan fungsi otak, mengurangi kadar lemak dalam tubuh, menurunkan resiko penyakit kanker, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain dikenal sebagai minuman obat yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, teh hijau juga memiliki banyak manfaat untuk merawat kecantikan kulit wajah. Antioksidan yang terkandung dalam teh hijau selain memiliki segudang manfaat untuk tubuh juga memiliki banyak manfaat untuk merawat kesehatan kulit. Dilansir dari laman Healthline antioksidan yang terkandung dalam teh hijau memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas yang buruk untuk kulit.

Selain dapat melawan dampak buruk radikal bebas yang mampu merusak kulit, teh hijau juga memiliki lima manfaat lain untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Apa sajakah itu? Simak jawabannya dibawah ini ya sahabat Fimela

1. Membantu Melawan Tanda-Tanda Penuaan Dini

Dilansir dari laman Healthline sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2003 menunjukkan bahwa antioksidan EGCG, yang terkandung dalam teh hijau, memiliki kemampuan untuk mmelindungi dan meremajakan sel-sel kulitmu. Dengan melindungi dan memperbaiki sel-sel kulitmu, antioksidan yang terkandung dalam the hijau ini dapat memerangi tanda-tanda penuaan dini serta dapat membuat kulit kusam terlihat tampak lebih sehat.

Selain mengandung antioksidan yang melimpah, teh hijau juga mengandung vitamin B-2 yang dapat membuat kulitmu terlihat lebih awet muda. Vitamin B-2 memiliki kemampuan untuk mempertahankan kadar kolagen dalam kulit yang dapat meningkatkan kekencangan kulit.

2. Melindungi Kulit dari Kanker

Seperti yang sudah dijelaskan, teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Salah satu bahaya dari paparan radikal bebas adalah meningkatnya resiko kanker kulit.

Teh hijau adalah sumber antioksidan super dan memiliki banyak senyawa yang bekerja melawan radikal bebas yang dapat memicu kanker kulit. Epigallocatechin gallate (EGCG) dan epicatechin gallate (ECG) adalah dua katekin yang kuat dan berpotensi tinggi yang melindungi dari radikal bebas.

3. Teh Hijau dapat Membantu Mengurangi Kemerahan dan Iritasi

Salah satu manfaat teh hijau lainnya untuk merawat kesehatan kulit wajah adalah membantu mengurangi kemerahan dan iritasi. Dilansir dari laman Helathline kandungan polifenol yang tinggi dalam teh hijau membuat teh hijau memiliki sifat anti inflamasi untuk membantu meredakan kemerahan, iritasi pada kulit, pembekakan, dan menenagkan luka bakar ringan.

4. Mengurangi Jerawat

Manfaat lain teh hijau untuk kulit wajah adalah membantu mengurangi jerawat. Selain mengandung anti-oksidan dan anti-inflamasi teh hijau juga mengandung anti-mikroba yang dapat membantu melawat jerawat. Disamping itu, teh hijau juga mengandung polifenol yang dapat mengurangi produksi minyak sebum berlebih yang merupakan salah satu alasan munculnya jerawat.

Dilansir dari laman Healthline polifenol dalam teh hijau juga memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dengan merusak membran bakteri. Artinya, teh hijau bisa menjadi alat yang berguna untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

5. Membantu Melembabkan Kulit

Teh hijau juga dapat membantu melembabkan kulit. Dilansir dari laman Healthline teh hijau mengandung beberapa vitamin, termasuk vitamin E, yang dikenal karena kemampuannya untuk menutrisi dan menghidrasi kulit. Dalam sebuah studi, para partisipan menerapkan formulasi eksperimental ekstrak teh hijau ke lengan mereka selama 15 dan 30 hari. Hasil akhir dari penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa para partisipan mengalami peningkatan kelembapan kulit dan pengurangan kekasaran kulit.

Cara Memanfaatkan Teh Hijau untuk Merawat Kesehatan Kulit Wajah

Ada beberapa cara memanfaatkan teh hijau untuk merawat kesehatan kulit wajah. Kamu bisa membeli produk skincare seperti toner maupun serum yang mengandung teh hijau. Namun untuk kamu yang ingin berhemat, kamu juga bisa membuat masker teh hijau di rumah. Kamu bisa mencampurkan ampas daun teh hijau dengan bahan-bahan lain yang bagus untuk kulit seperti madu, alpukat, atau yogurt. Setelah itu kamu bisa mengoleskan masker teh hijau pada kulit wajah selama 15-20 menit.

Itulah 5 kegunaan teh hijau untuk kesehatan kulit wajah. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untukmu ya sahabat Fimela

 

Penulis: Diah Ayu V.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading